Pengembangan media audio visual pada pembelajaran tematik di kelas V SDN 1 SEMBULUH I

Santika, Iis Mira (2020) Pengembangan media audio visual pada pembelajaran tematik di kelas V SDN 1 SEMBULUH I. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Iis Mira Santika - 1601170058.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya penggunaan media dalam pembelajaran di kelas V terutama siswa kelas V dalam pembelajaran tematik guru hanya menggunakan gambar monoton dalam pembelajaran. Hal ini mengakibatkan karena berbagai kendala seperti, kemampuan guru dalam membuat, biaya, dan waktu, sehingga siswa kurang aktif dalam mengikuti proses belajar mengajar. Melihat dari permasalahan tersebut, maka perlu adanya tambahan media yang sesuai dengan materi Tujuan Penelitian ini (1) Untuk mendeskripsikan pengembangan media audio vsiaul pada pembelajaran tematik kelas V SDN 1 Sembuluh I.(2) I Untuk mendeskripsikan kelayakan media audio vsiaul pada pembelajaran tematik kelas V SDN 1 Sembuluh I.

Tahap penelitian menggunakan model ADDIE, yaitu: analysis, design, development, implementation dan evaluation. Analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, dokumentasi dan angket ahli materi, ahli media, uji coba perorangan dan kelompok kecil. Data dari hasil observasi dan dokumentasi dianalisis secara deskriptif kualitatif, sedangkan data yang diperoleh dari angket dianalisis secara deskriptif kuantitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dikembangkan telah memenuhi syarat digunakan sebagai media pembelajaran audio visual. Media pembelajaran yang dikembangkan, divalidasi oleh ahli media, ahli materi uji coba perorangan dan kelompok kecil dengan Instrumen berupa angket dengan skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan: 1) produk media audio visual berdurasi 10 menit dalam bentuk video MP4 untuk pembelajaran tematik. Produk disertai dengan petunjuk penggunaan media.2) Kualitas media pembelajaran yang dihasilkan termasuk dalam kategori Sangat Layak‟ dibuktikan dengan: a) hasil penilaian ahli media jumlah skor hasil penilaian yang diperoleh 90,91 % Kriteria ” Sangat Layak” ,ahli materi jumlah skor hasil penilaian yang diperoleh 87,5 % Kriteria ” Sangat Layak dan uji coba perorangan jumlah skor hasil penilaian yang diperoleh 90,67% kriteria Sangat layak dan kelompok kecil jumlah skor hasil penilaian yang diperoleh 94% kriteri Sangat Layak‟,. Dapat disimpulkan bahwa, media audio Visual layak dan dapat diterima sebagai salah satu media pembelajaran tematik di kelas V SDN 1 Sembuluh I.

Abstract

This research is motivated by the lack of use of media in learning in class V, especially grade V students in thematic learning, the teacher only uses monotonous images in learning. This results in various constraints such as the ability of teachers to make, cost, and time, so that students are less active in participating in the teaching and learning process. Judging from these problems, it is necessary to have additional media in accordance with the material of this research objective (1) To describe the development of audio vsiaul media in class V thematic learning SDN 1 Sembuluh I. (2) I To describe the feasibility of vsiaul audio media in classroom thematic learning V SDN 1 Sembuluh I.

The research stage uses the ADDIE model, namely: analysis, design, development, implementation and evaluation. The analysis in this study uses qualitative and quantitative analysis. The instruments used in this study were observation, documentation and questionnaires material experts, media experts, individual and small group trials. Data from the results of observation and documentation were analyzed descriptively qualitatively, while the data obtained from the questionnaire were analyzed descriptively quantitatively.

The results showed that the media developed met the requirements to be used as an audio visual learning media. The learning media developed were validated by media experts, individual trial material experts and small groups with instruments in the form of a Likert scale questionnaire. The results showed: 1) audio-visual media products with a duration of 10 minutes in the form of MP4 videos for thematic learning. The product is accompanied by instructions for using the media. 2) The quality of the resulting learning media is in the Very Appropriate category 'as evidenced by: a) the results of the media expert's assessment, the total score of the assessment results obtained is 90.91%. The assessment obtained was 87.5%. Criteria "Very feasible and individual trials, the number of scores obtained by the assessment results obtained is 90.67%. The criteria are Very feasible and in small groups the number of scores obtained is 94% very feasible criteria". It can be concluded that the audio-visual media is feasible and acceptable as a thematic learning medium in class V SDN 1 Sembuluh I.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Audio Visual;Media Pembelajaran
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING > 1902 Film, Television and Digital Media > 190205 Interactive Media
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (MI)
Depositing User: Unnamed user with email daniaty_marina@yahoo.com
Date Deposited: 02 Feb 2021 14:34
Last Modified: 03 Feb 2021 12:14
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/2741

Actions (login required)

View Item View Item