Tingkat motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ski di MA Raudhatul Jannah Palangka Raya

Noorhalisa, Melinda (2020) Tingkat motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ski di MA Raudhatul Jannah Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Skripsi Melinda Noorhalisa - 1601112136.pdf

Download (988kB)

Abstract

Motivasi adalah kekuatan baik dari dalam maupun dari luar yang mendorong seseorang untuk mencapai tujuan tertentu. Motivasi akan menyebabkan terjadinya suatu perubahan energi yang ada pada diri manusia, sehingga akan berpengaruh dengan persoalan perasaan dan emosi untuk kemudian bertindak dan melakukan sesuatu, semua itu didorong karena adanya tujuan, kebutuhan dan keinginan. Dengan demikian pentingnya menanamkan Motivasi belajar pada siswa dapat mempermudah siswa dalam memahami pelajaran yang diajarkan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Tingkat motivasi belajar siswa di MA Raudhatul Jannah pada mata Pelajaran Sejarah Kabudayaan Islam, 2) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat terhadap motivasi belajar siswa.

Penelitian ini merupakan jenis penelitianmixed methods yang dilaksanakan di MA Raudhatul Janaah Palangka Raya, sedangkan penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus-oktober 2020 dengan subjek berjumlah 68 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara dan observasi, serta analisis data menggunakan rumus skala likert dan teknik trianggulasi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Tingkat motivasi belajar siswa di MA Raudhatul Jannah Palangka Raya pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dari hasil data yang ditemukan bahwa keseluruhan siswa MA Raudhatul Jannah berjumlah 68 orang, yang memiliki motivasi sangat tinggi (4%), yang memiliki motivasi tinggi (20%), dan siswa yang memiliki motivasi sedang (76%). Berdasarkan analisis diatas dapat dilihat bahwa sebagian besar motivasi belajar siswa di MA Raudhatul Jannah dalam kategori sedang sebesar (76%), 2) Untuk faktor pendukung meliputi guru-guru yang menggunakan metode yang bervariasi, siswa yang rajin masuk kelas dan lingkungan yang nyaman menjadikan kegiatan belajar berjalan dengan lancar, sedangkan faktor penghambat meliputi guru tidak menggunakan metode yang bervariasi, siswa yang tidak rajin masuk kelas dan lingkungan kurang kondusif menjadikan kegiatan belajar kurang lancar.

ABSTRACT

Motivation is a force both from within and from outside that drives a person to achieve certain goals. Motivation will cause a change in the energy that is in humans, so that it will affect the problem of feelings and emotions to then act and do something, all of which is driven because of goals, needs and desires. Thus the importance of instilling learning motivation in students can make it easier for students to understand the lessons taught by the teacher. This study aims to determine: 1) The level of student motivation at MA Raudhatul Jannah in the History of Islamic Culture, 2) Knowing the supporting and inhibiting factors of student learning motivation.

This research is a mixed method research conducted at MA Raudhatul Janaah Palangka Raya, while this research was conducted in August-October 2020 with 68 students as the subject. Data collection techniques used questionnaires, interviews and observations, and data analysis using Likert scale formulas and triangulation techniques.

The results of this study indicate that: 1) The level of student motivation at MA Raudhatul Jannah Palangka Raya in the subject of Islamic Cultural History from the results of the data found that the total number of MA Raudhatul Jannah students is 68 people, who have very high motivation (4%) of students, students who have high motivation (20%), and students who have moderate motivation (76%) students. Based on the analysis above, it can be seen that most of the student learning motivation at MA Raudhatul Jannah is in the medium category (76%), 2) For supporting factors include teachers who use various methods, students who diligently enter class and a comfortable environment makes activities learning runs smoothly, while the inhibiting factors include teachers not using varied methods, students who are not diligent in going to class and the environment is less conducive to making learning activities less smooth.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Motivasi belajar siswa
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: puttry puttry
Date Deposited: 21 Jan 2021 00:41
Last Modified: 21 Jan 2021 00:41
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/2704

Actions (login required)

View Item View Item