Minat beli konsumen pada produk milagros di Kota Palangka Raya

Fitria, Alivia Kurotul (2020) Minat beli konsumen pada produk milagros di Kota Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Alivia Kurotul Fitria- 1604120559.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pada saat ini banyak produk yang muncul di pasaran seperti air minum beralkali yang dapat dipercaya sebagai penyembuhan suatu penyakit. Seperti merek Kangen Water, iZaura, Milagros, dan lain-lain. Akan tetapi, yang sering didengar oleh konsumen adalah merek Milagros. Konsumen memilih merek Milagros dengan harga yang lebih mahal dibandingkan merek yang lainnya, yang masih dibawah harga Milagros. Selain itu, meskipun Milagros bukan merek air kesehatan yang pertama beredar di pasaran, namun konsumennya cukup banyak. Milagros juga dipasarkan sampai ke supermarket besar di Palangka Raya. Berangkat dari hal tersebut, maka penelitian ini akan membahas tentang minat beli konsumen pada produk Milagros di Kota Palangka Raya. Dengan rumusan masalah: 1) Bagaimana minat beli konsumen pada produk Milagros di Kota Palangka Raya 2) Apa faktor-faktor yang mempengaruhi minat beli konsumen terhadap produk Milagros di Kota Palangka Raya.

Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah konsumen yang mengkonsumsi produk Milagros di Kota Palangka Raya, yang berjumlah 6 orang konsumen dan 3 informan stokis (penjual) Milagros Kota Palangka Raya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan teknik data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengabsahan data yang digunakan dengan triangulasi data sumber. Analisis data dengan pengumpula data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.

Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa minat konsumen pada produk Milagros di Palangka Raya merupakan kecendrungan konsumen untuk membeli produk tersebut. Hal ini dikarenakan citra merek yang dimiliki produk Milagros tersebut. Ingatan dibenak konsumen tentang merek Milagros tersebut seperti desain kemasan, manfaat yang dimiliki Milagros, keyakinan konsumen mengenai kandungan yang ada pada Milagros, serta persepsi konsumen mengenai nilai yang dirasakan setelah mengkonsumsinya. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi minat beli konsumen pada produk Milagros di Kota Palangka Raya adalah faktor pribadi (seperti kebutuhan yaitu proses penyembuhan penyakit dan menjaga kesehatan), kemudian faktor sosial seperti (pengaruh keluarga, teman, dan masyarakat sekitarnya), dan selanjutnya adalah faktor situasi (seperti yang dinamakan dengan situasi komunikasi non pribadi yaitu konsumen mendapatkan informasi mengenai produk yang dibutuhkan melalui internet, iklan TV, majalah, koran, dan lain sebagainya).

Abstract

At this time many products appear on the market such as drinking water which can be trusted as a cure for a disease. Like Kangen Water, iZaura, Milagros, and others. Like Kangen Water, iZaura, Milagros, and others. However, what consumers often hear about is the Milagros brand. Consumers choose the Milagros brand with a higher price than other brands, which are still below the price of Milagros. In addition, even though Milagros is not the first health water brand on the market, it has quite a number of consumers.

Milagros are also marketed to major supermarkets in Palangka Raya. Departing from this, this study will discuss consumer buying interest in Milagros products in Palangka Raya City. With the formulation of the problem: 1) How is the consumer's buying interest in Milagros products in Palangka Raya City 2) What are the factors that influence consumer buying interest for Milagros products in Palangka Raya City.

This research is a field research using a descriptive qualitative research approach. The subjects in this study were consumers who consumed Milagros products in Palangka Raya City, amounting to 6 consumers and 3 Milagros stockist informants in Palangka Raya City. Data collection techniques in research using observation data techniques, interviews, and documentation. Data validation used by triangulation of source data. Data analysis using data collection, data reduction, data presentation, and conclusions.

The results of the study indicate that consumer interest in Milagros products in Palangka Raya is the tendency of consumers to buy these products.
This is due to the brand image of the Milagros product. The memories in the minds of consumers about the brand such as packaging design, the benefits of Milagros, consumer beliefs about the ingredients in the brand, as well as consumer perceptions of the perceived value after consuming them. The factors that influence consumer buying interest in Milagros products in Palangka Raya City are personal factors (such as needs, namely the process of healing disease and maintaining health), then social factors such as (the influence of family, friends, and the surrounding community), and the next is the situation factor (such as the so-called non-personal communication situation, where consumers get information about the products they need through the internet, TV advertisements, magazines, newspapers, etc.).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Minat Beli; Konsumen
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150507 Pricing (incl. Consumer Value Estimation)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: Unnamed user with email daniaty_marina@yahoo.com
Date Deposited: 18 Jan 2021 07:44
Last Modified: 05 Jan 2023 01:14
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/2698

Actions (login required)

View Item View Item