Kombinasi Strategi Bernyanyi dan Bermain: Upaya dalam Menumbuhkan Motivasi Mahasiswa Tadris Biologi (TGB) dalam Pembelajaran Bahasa Arab

Mubarak, Mahfuz Rizqi and Ahmadi, Ahmadi and Audina, Noor Amalina (2020) Kombinasi Strategi Bernyanyi dan Bermain: Upaya dalam Menumbuhkan Motivasi Mahasiswa Tadris Biologi (TGB) dalam Pembelajaran Bahasa Arab. ALSUNIYAT: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Budaya Arab, 3 (1). pp. 15-31. ISSN 2615-7241 | E-ISSN: 2721-480X

[img] Text
KOMBINASI STRATEGI AHMADI.pdf

Download (1MB)

Abstract

This study aims to explore the process of lecturing Arabic by implementing a combination of singing and playing strategies. As for the main problems in this study are: (1) what is the process of implementing a combination of singing and playing strategies in Arabic lectures for Tadris Biology Study Program students? (2 how do their perceptions of the results of Arabic lectures by combining the two strategies?. This research uses a descriptive qualitative approach with triangulation techniques. The results of this study indicate that the implementation of a combination of singing and playing strategies uses the following steps: (1) The lecturer started the Arabic lecture by singing Arabic songs that the Lecturer got while still teaching Arabic at the Al-Azhar Pare Institute, Kediri, East Java, (2) The lecturer explained the theme of the material and the purpose of the lecture to be held, (3) The lecturer implemented the "Memory Game" which was adopted from the book "99 Games in Arabic Language Learning. Researchers also found that 80.6% (29 students) and 19.4% (7 students) of the 36 TBG study program students who participated in lectures gave very positive responses.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi proses perkuliahan bahasa Arab dengan mengimplementasikan kombinasi strategi bernyanyi dan bermain. Adapun yang pokok permasalahan pada penelitian ini adalah: (1) bagaimana proses implementasi kombinasi strategi bernyanyi dan bermain dalam perkuliahan bahasa Arab mahasiswa Program Studi Tadris Biologi? (2) bagaimana persepsi mereka terhadap hasil perkuliahan bahasa Arab dengan mengkombinasikan kedua strategi tersebut?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualititif deskriptif dengan teknik triangulasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa impelementasi dari kombinasi strategi bernyanyi dan bermain menggunakan beberapa langkah berikut: (1) Dosen mengawali perkuliahan bahasa Arab dengan menyanyikan lagu-lagu bahasa Arab yang Dosen dapatkan ketika masih mengajar bahasa Arab di Lembaga Al-Azhar Pare, Kediri, Jawa Timur, (2) Dosen menjelaskan tema materi dan tujuan dari perkuliahan yang akan diselenggarakan, (3) Dosen mengimplementasikan “Permainan Ingatan” yang diadopsi dari buku “99 Permainan dalam Pembelajaran Bahasa Arab”. Peneliti juga menemukan bahwa 80.6% (29 mahasiswa) dan 19.4% (7 mahasiswa) dari 36 mahasiswa prodi TBG yang berpartisipasi pada perkuliahan memberikan tanggapan yang sangat positif.

Item Type: Journal Article
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran bahasa Arab
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2004 Linguistics > 200409 Arabic Linguistics > 20040999 Arabic Linguistics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah > Jurusan Adab > Program Studi Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 19 Oct 2020 05:29
Last Modified: 19 Oct 2020 05:29
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/2612

Actions (login required)

View Item View Item