Pengaruh promosi melalui komunikasi persuasif terhadap volume penjualan pada produk Herbal Penawar Alwahida Indonesia (HPAI) di Kota Palangka Raya

Norpiyanti, Norpiyanti (2019) Pengaruh promosi melalui komunikasi persuasif terhadap volume penjualan pada produk Herbal Penawar Alwahida Indonesia (HPAI) di Kota Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Norpiyanti-1504120401.pdf

Download (2MB)

Abstract

Keberhasilan suatu perusahaan dalam mencapai tujuan itu sangat dipengaruhi oleh kemampuan perusahaan dalam memasarkan produknya, Agar produk yang dipasarkan dapat berhasil, maka perusahaan harus menggunakan konsep pemasaran yang meliputi manfaat, mutu atau kualitas dan kepuasan antara kebutuhan dengan keinginan, sehingga perusahaan akan memperoleh target penjualan yang diinginkan. Promosi merupakan kegiatan yang penting untuk dilaksanakan dalam memasarkan produk maupun jasa yang ditawarkan perusahaan. Promosi sendiri dipandang sebagai arus informasi atau persuasif satu arah yang dibuat untuk mengendalikan seseorang atau organisasi kepada tindakan yang menciptakan pertukaran dalam pemasaran. Untuk itu penelitian ini akan difokuskan pada pengaruh promosi melalui komunikasi persuasive terhadap volume penjualan produk Herbal Penawar Alwahida Indonesia (HPAI) di Kota Palangka Raya bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi melalui komunikasi persuasif terhadap volume penjualan dengan teknik analisis regresi sederhana dengan menggunakan program SPSS 18.0.

Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Penelitian ini adalah penelitian desktiptif kuantitatif dengan jenis penelitian survei, dan melakukan analisis data dengan uji regresi sederhana dan product Moment atau korelasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh agen-agen dan mitra-mitra Herbal Penawar Alwahida Indonesia (HPAI) di kota Palangka Raya. Sedangkan sampel penelitian ini berjumlah 40 Responden seluruh agen-agen dan mitra-mitra Herbal Penawar Alwahida Indonesia (HPAI) di kota Palangka Raya. dan dari jumlah responden tersebut diberikan angket untuk dijawab. Metode pengumpulan data penulis menggunakan angket kuesioner, dan teknik sampling dalam penelitian ini adalah metode sampling jenuh.

Hasil Analisis yang menggunakan teknik regresi sederhana dengan output menunjukan uji signifikan dengan nilai Sig. adalah sebesar 0,001<0,05 dan nilai thitung 3,725 > ttabel 1,687. Artinya ada pengaruh secara signifikan antara penetapan harga terhadap permintaan produk. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa nilai R Square sebesar 0,267 yang dapat diartikan bahwa variabel promosi melalui komunikasi persuaisf mempunyai pengaruh sebesar 26,7% terhadap variabel volume penjualan, sedangkan 72,3% lainnya dipengaruhi oleh faktor-faktor diluar dari variabel promosi melalui komunikasi persuasif.

ABSTRACT

The success of a company in achieving that goal is very influenced by the company's ability to market its products, so that products marketed to succeed, the company must use a marketing concept which includes benefits, the quality and satisfaction of the needs with the desire, so the company will have sales targets desired. Promotion is an important activity to be undertaken in marketing products and services offered by the company. Promotion itself is seen as a flow of information or persuasive one direction are made to control the person or organization to act that created the exchange in marketing. Therefore this research focused on the effects of promotion through persuasive communication to the volume of sales of products Herbal Penawar Alwahida Indonesia (HPAI) in the city of Palangka Raya aims to determine the effect of the promotion of persuasive communication (X) on sales volume (Y) with a simple regression analysis technique that is used SPSS 18.0
program.

This research is quantitative research. This research is a field research or can be referred to field research using survey research methods, and perform data analysis with simple regression test and poment product or correlation. The population of this research are allagents and partners of Herbal Penawar Alwahida Indonesia (HPAI) in the city of Palangka Raya. While the sample of this research are 40 respondents ie all agents and partners Herbal Penawar Alwahida Indonesia (HPAI) in the city of Palangka Raya. Of the total respondents were given questionnaires to be answered. Methods of data collection using questionnaires. And the sampling technique in this research is saturated sampling technique with analysis techniques SPSS 18.0 program.

Regression techniques with output showed a significant test with Sig. amounted to 0.001 <0.05 and tcount 3.725> t table 1.687. This means that there is a significant influence between promotion through persuasive communication to sales volume. The results also showed that the R Square value of 0.267 could be interpreted that the promotion variable through persuasive communication had an effect of 26.7% on the sales volume variable, while the other 72.3% was influenced by factors outside the promotion variable through persuasive communication.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Promosi;Volume Penjualan
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: Unnamed user with email daniaty_marina@yahoo.com
Date Deposited: 01 Sep 2020 04:38
Last Modified: 01 Sep 2020 04:38
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/2542

Actions (login required)

View Item View Item