Pembinaan kedisiplinan siswa dalam mengikuti pelajaran di SDN-2 Marga Mulya Kecamatan Pangkalan Banteng Kotawaringin Barat

Hartini, Sri (2010) Pembinaan kedisiplinan siswa dalam mengikuti pelajaran di SDN-2 Marga Mulya Kecamatan Pangkalan Banteng Kotawaringin Barat. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Skripsi Sri Hartini - 0821111044.pdf

Download (694kB)

Abstract

Kedisiplinan yang harus dimiliki oleh seorang siswa haruslah ditinjau dari seluruh aspek, seperti disiplin waktu dengan cara tidak terlambat datang ke sekolah, disiplin peraturan, dengan cara tidak melakukan tindakan yang melanggar aturan yang berlaku, dan disiplin dalam belajar seperti membaca bahan pelajaran sebelum belajar, mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh guru dan lain sebagainya. Pembinaan yang dilakukan terhadap peserta didik baik putra maupun putri yang kurang disiplin pada awal pelajaran, seperti bagi peserta didik yang terlambat kemudian dikumpulkan, dicatat nama, kelas, dan penyebab terlambat, kemudian diberikan arahan dan nasehat.
Permasalahan yang diangkat pada penelitian ini adalah bagaimana gambaran pembinaan kedisiplinan siswa dalam mengikuti pelajaran, bagaimana permasalahan pembinaan kedisiplinan siswa dalam mengikuti pelajaran, bagaimana pelaksanaan pembinaan kedisiplinan siswa dalam mengikuti pelajaran, dan bagaimana hasil pembinaan kedisiplinan siswa dalam mengikuti pelajaran di SDN-2 Marga Mulya.
Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian 6 orang guru. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi, kemudian untuk keabsahan data penulis menggunakan triangulasi yakni membandingkan sumber data reduction, display dan conclusion sehingga mencapai tujuan yang diharapkan.
Hasil penelitian : (1). Gambaran pembinaan kedisiplinan siswa dalam mengikuti pelajaran di SDN-2 Marga Mulya yaitu dengan melalui penerapan program pembinaan itu sendiri di antaranya adalah pembinaan individual yaitu yang merupakan teknik pemberian bantuan secara individual yang dilakukan atau dilaksanakan oleh guru atau pembimbing dengan di antara siswa yang bermasalah. (2) Permasalahan pembinaan kedisiplinan siswa dalam mengikuti pelajaran adalah para siswa-nya yang kurang disiplin, dan belum dapat tepat waktu datang pada awal pelajaran pertama. Solusinya adalah dengan memberikan bimbingan secara pelan-pelan dan kontinyu agar dapat membina dirinya sendiri selaku anak didik di sekolah tersebut. (3) Pelaksanaan pembinaan kedisiplinan siswa dalam mengikuti pelajaran di SDN-2 Marga Mulya adalah di dalam pelaksanaan tersebut guru berfokus pada individu yang dibina dengan tujuan dan harapan siswa bisa memperbaiki dan mengarahkan dirinya dalam menghadapi kesulitan yang dihadapinya sendiri. (4) Hasil pembinaan kedisiplinan siswa dalam mengikuti pelajaran di SDN-2 Marga Mulya diketahui dan ditelaah hasil dari layanan pembinaan yang pernah dilakukan atau dilaksanakan oleh seluruh komponen yang ada di sekolah kepada para siswa yang bermasalah yang kurang disiplin, sehingga dengan diadakannya tindak lanjut ini dari pihak sekolah pada umumnya dan pembinaan kedisiplinan khususnya akan dapat memperoleh umpan balik atau fed back. Atau pun masukan-masukan dari berbagai komponen yang tentunya bermanfaat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: puttry puttry
Date Deposited: 25 Aug 2020 03:35
Last Modified: 25 Aug 2020 03:35
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/2529

Actions (login required)

View Item View Item