Pengaruh hasil pembelajaran psikomotorik materi pai terhadap pengamalan ibadah siswa SDN DT-2 Kec.Seruyan Tengah Kab. Seruyan (studi terhadap 30 siswa dari kelas 2-4)

Muliani, Titi (2010) Pengaruh hasil pembelajaran psikomotorik materi pai terhadap pengamalan ibadah siswa SDN DT-2 Kec.Seruyan Tengah Kab. Seruyan (studi terhadap 30 siswa dari kelas 2-4). Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Skripsi Titi Muliani -0821111126.pdf

Download (674kB)

Abstract

Siswa adalah bagian dari keluarga di mana siswa yang pertama kali memperoleh pendidikan, dalam hal ini termasuk kedalam pelajaran praktek ibadah yaitu ibadah shalat dan praktek wudhu. Oleh karena itu seorang siswa dituntut untuk mampu mempraktekan ibadah tersebut didalam kehidupannya secara baik dan benar sesuai dengan tuntunan yang ada.
Pokok masalah yang di angkat dalam penulisan skripsi ini adalah tentang pengaruh pembelajaran psikomotorik terhadap pengamalan ibadah siswa SDN DT-2 Sukamandang kecamatan Seruyan Tengah.

Penelitian ini menggunakan penelitian bivariate correlation dengan tujuan untuk menghubungkan dua variabel yaitu variabel pengaruh hasil pembelajaran psikomotorik dengan variabel pengamalan ibadah.

Sedangkan Tehnik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes, angket, wawancara dan dokumentasi sebagai pendukung. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah siswa yang beragama Islam, dengan populasi sebanyak 60 siswa kemudian ditetapkan sampel sebanyak 50% dengan rincian 18 laki-laki dan 12 orang perempuan dengan menggunakan tehnik porposeve sampling.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa;
1. Perolehan skor rata-rata variable X pengaruh hasil pembelajaran psikomotorik adalah 2,475 yang berada pada interval 2,33-3,00. Jadi dapat disimpulkan pengaruh hasil pembelajaran psikomotorik berada pada kategori sempurna.
2. perolehan skor rata-rata variable Y pengamalan ibadah siswa SDN DT-2 adalah 1.900 yang berada pada interval 1,65-2,32 jadi dapat disimpulkan pengamalan ibadah siswa berada pada katagori kurang sempurna.
3. Ada kolerasi (positif) yang sedang atau cukup. Antara variabel X pengaruh hasil pembelajaran psikomotorik dengan variabel Y pengamalan ibadah siswa. Hal ini dibuktikan dengan diterima Ha dan ditolaknya Ho dimana t hitung lebih besar dari r tabel.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: puttry puttry
Date Deposited: 25 Aug 2020 03:26
Last Modified: 25 Aug 2020 03:26
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/2528

Actions (login required)

View Item View Item