Strategi pembelajaran qira’ah pada mata pelajaran Bahasa arab kelas viii di MTS Al-Khairiyah Desa Talio Hulu Kecamatan Pandih Batu Kabupaten Pulang Pisau

Suparhardiyanto, Nurrohmad (2012) Strategi pembelajaran qira’ah pada mata pelajaran Bahasa arab kelas viii di MTS Al-Khairiyah Desa Talio Hulu Kecamatan Pandih Batu Kabupaten Pulang Pisau. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Skripsi Nurrohmad Suparhardiyanto - 0401110647.pdf

Download (1MB)

Abstract

Berdasarkan kenyataan pada umumnya kesuksesan guru dalam mengajar adalah tergantung dari guru itu sendiri dalam mengajarkan sebuah pelajaran. Tentu juga didukung adanya fasilitas mengajar yang memadai sehingga guru juga akan mudah mengajar dengan adanya fasilitas yang lengkap.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah yang terdiri dari dua poin yang pertama yaitu strategi membaca dengan jelas atau disebut dengan Jahriyah dan poin yang ke dua strategi membaca dalam hati atau juga yang disebut dengan Shamitah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana dua strategi ini diterapkan oleh seorang guru kerika ia mengajar dan apakah dengan dua strategi tersebut siswa bisa mengalami perkembangan tentang pemahaman bahasa Arab atau tidak.

Untuk dapat memahami strategi yang diterapkan guru diruangan, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah satu orang guru bahasa Arab MTs Al-Khairiyah serta 9 (sembilan) Informan yang terdiri dari Kepala Madrasah MTs Al-Khairiyah, guru mata pelajaran Qur’an Hadist, guru mata pelajaran Fiqh serta 6 (enam) orang siswa. Sementara dalam pengumpulan data peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk mendapatkan data yang absah peneliti menggunakan teknik trianggulasi sumber dan untuk menganalisis data peneliti menggunakan analisis data Milles dan Huberman serta dianalis dengan tahapan reduction, display dan conclusion drawing.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi jahriyah yang digunakan guru dalam mengajar yaitu dengan cara membacakan terlebih dahulu teks bacaan dan kemudian para siswa mengikiti, kemudian guru juga membagi beberapa kelompok, dan setiap kelompok disuruh untuk membacakan terlebih dahulu kemudian mengerjakan sesuai dengan apa yang diperintahkan oleh guru. Dan dalam strategi shamitah juga guru menyuruh siswa untuk mengulang-ulang bacaan dengan cara memahami teks bacaan yang telah dibacakan tadi sehingga siswa benar-benar faham akan makna serta isi teks tersebut. Kemudian guru juga sering menyuruh salah satu siswa untuk maju kedepan membacakan teks bacaan seperti yang dibacakan guru pada sebelumnya supaya guru mengetahui tingkat kelancaran membaca dan agar siswa yang lainnya juga siap apabila guru menyuruh salah satu siswa dari mereka juga. Adapun permasalahan yang ditemukan dilapangan yaitu minimnya akan bahasa Arab yang dihadapi siswa dan kurangnya perhatian sekolah akan permasalahan yang dihadapi siswa dan pastinya juga faktor keluarga juga yang menentukan berhasil atau tidaknya dalam belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: puttry puttry
Date Deposited: 24 Aug 2020 02:24
Last Modified: 24 Aug 2020 02:24
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/2526

Actions (login required)

View Item View Item