Penerapan metode pembelajaran tajwid pada anak kelas iii dan iv di Madrasah Diniyah Awaliyah Hidayatul Muhajirin Palangka Raya

Syahbana, Syahbana (2012) Penerapan metode pembelajaran tajwid pada anak kelas iii dan iv di Madrasah Diniyah Awaliyah Hidayatul Muhajirin Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Syahbana-0801111222.pdf

Download (716kB)

Abstract

Metode adalah bagian yang sangat integral dalam suatu sistem pengajaran baik di madrasah, masyarakat dan keluarga. Metode yang tidak tepat akan menjadi penghalang proses pembelajaran. Dengan metode yang tepat diharapkan akan memunculkan bakat siswa terhadap materi yang pernah dipelajarinya, khususnya dalam pembelajaran tajwid siswa diharapkan mampu membaca Al – Qur’an dengan baik dan benar.

Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: Bagaimana perencanaan dalam pembelajaran tajwid? Apa jenis metode yang digunakan guru dalam pembelajaran tajwid? Bagaiamana langkah – langkah penerapan metode dalam pembelajaran tajwid? Apa faktor pendukung dan penghambat penerapan metode dalam pembelajaran tajwid? Dengan demikian tujuan penelitian ini adalah (a) Untuk mendeskripsikan perencanaan dalam pembelajaran tajwid (b) Untuk mendeskripsikan metode yang digunakan dalam pembelajaran tajwid (c) Untuk mendeskripsikan langkah – langkah penerapan metode dalam pembelajaran tajwid (d) Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat penerapan metode dalam pembelajaran tajwid.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Diniyah Awaliyah Hidayatul Muhajirin Palangka Raya. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru kelas III dan 1 orang guru kelas IV, dan informannya adalah kepala sekolah, 2 orang siswa kelas III dan 2 orang siswa kelas IV. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pengabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi. Teknik analisis data meliputi : pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagai berikut: 1) Perencanaan pembelajaran tajwid tidak dalam bentuk tertulis melainkan berdasarkan ingatan guru. 2) Jenis metode yang digunakan guru adalah metode ceramah, tanya jawab, drill dan demonstrasi. 3) Langkah-langkah penerapkan metode ini antara lain : a. metode ceramah, (1) guru menyiapkan kelas, (2) menjelaskan materi, (3) menyimpulkan materi. b. metode tanya jawab, (1) guru memberikan siswa pertanyaan, (2) guru menunjuk siswa menjawab pertanyaan, (3) guru memperjelas jawaban siswa. c. metode drill, (1) guru mencontohkan bunyi huruf dan tempat keluarnya huruf, (2) guru memerintahkan siswa untuk mengulanginya beberapa kali sampai siswa mampu melafalkannya. d. metode demonstrasi, (1) guru melafalkan ayat Al – Qur’an, (2) siswa menirukan bacaan guru. 4) Faktor pendukungnya adalah adanya kemauan keras guru untuk menerapkan 4 metode dalam pembelajaran tajwid dan adanya minat dari siswa. Faktor penghambatnya: a. metode ceramah, perbedaan kemampuan siswa dalam memahami materi. b. metode tanya jawab, siswa terkadang tidak mau bertanya. c. metode drill, perbedaan kemampuan siswa dalam melafalkan huruf. d. metode demonstrasi, ada diantara siswa yang masih belum lancar membaca Al – Qur’an.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran Tajdwid
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: puttry puttry
Date Deposited: 21 Jul 2020 04:03
Last Modified: 21 Jul 2020 04:03
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/2512

Actions (login required)

View Item View Item