Problematika guru berlatar belakang non keguruan dalam proses pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Darul Mukmin Kuala Pembuang Kabupaten Seruyan

Saidah, Saidah (2010) Problematika guru berlatar belakang non keguruan dalam proses pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Darul Mukmin Kuala Pembuang Kabupaten Seruyan. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Skripsi Saidah-0821111119.pdf

Download (618kB)

Abstract

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dalam proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.

Penelitian ini dilandasi pemikiran bahwa di Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Darul Mukmin Kuala Pembuang Kabupaten Seruyan cukup banyak ditemukan guru yang pendidikannya berlatar belakang non keguruan. Oleh karena itu maka penulis merasa tertarik untuk mengadakan penelitian.
Berdasarkan observasi penulis, di Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Darul Mukmin Kuala Pembuang Kabupaten Seruyan ditemukan para gurunya masih banyak kesulitan, kurangnya kesadaran membuat dan kurang mampunya membuat perencanaan pembelajaran.

Masalah yang diteliti dalam penelitian ini meliputi : 1) Bagaimana guru berlatar belakang non keguruan dalam membuat perencanaan di MIS Darul Mukmin Kuala Pembuang, 2) Bagaimana guru berlatar belakang non keguruan melaksanakan proses pembelajaran di MIS Darul Mukmin Kuala Pembuang, 3) Bagaimana guru berlatar belakang non keguruan melaksanakan penilaian pembelajaran di MIS Darul Mukmin Kuala Pembuang.

Subjek penelitian ini adalah 4 orang guru yang disiplin ilmunya berlatar belakang non keguruan yang mengajar di Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Darul Mukmin Kuala Pembuang Kabupaten Seruyan. Sedangkan objek penelitian adalah Problematika yang dialami guru berlatar belakang non keguruan dalam proses pembelajaran Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Darul Mukmin Kuala Pembuang Kabupaten Seruyan.

Lokasi penelitian ini di Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Darul Mukmin Kuala Pembuang Kabupaten Seruyan Jalan Pelita Kuala Pembuang 2 Kecamatan Seruyan Hilir dengan subjek penelitian 4 orang guru dari 8 guru yang disiplin ilmunya berlatar belakang non keguruan. Dari jumlah yang ada ditarik sample dengan teknik Porpusive Sampling yaitu 4 orang guru.

Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui Guru berlatar belakang non keguruan dalam membuat perencanaan di MIS Darul Mukmin Kuala Pembuang, 2) Untuk mengetahui Guru berlatar belakang non keguruan melaksanakan proses pembelajaran di MIS Darul Mukmin Kuala Pembuang, 3) Untuk mengetahui Guru berlatar belakang non keguruan melaksanakan penilaian pembelajaran di MIS Darul Mukmin Kuala Pembuang.

Untuk menjawab permasalahan sekaligus untuk memenuhi tujuan yang akan dicapai maka dikumpulkan data, baik melalui bahan tertulis ataupun bahan yang tidak tertulis yang berhubungan dengan permasalahan tersebut dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah 4 (empat) orang guru yang bertugas di Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Darul Mukmin Kuala Pembuang Kabupaten Seruyan. Pendekatan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif. Pengabsahan data yang digunakan adalah teknik triangulasi dengan sumber. Analisis data yang digunakan adalah data reduction (pengurangan data), data display (penampilan data), data conclusion (penarikan kesimpulan).

Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan perencanaan pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Darul Mukmin Kuala Pembuang Kabupaten Seruyan terhadap para guru sudah dapat dikatakan belum mampu, hal ini terbukti bahwa sebanyak 4 orang guru belum dapat dikatakan mampu secara tepat menjawab pertanyaan tentang perencanaan pembelajaran. Kesadaran para guru di Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Darul Mukmin Kuala Pembuang Kabupaten Seruyan dalam membuat perencanaan pembelajaran bisa dikatakan kurang. Hal ini di karenakan faktor kesibukan masing-masing guru sehari-hari, sehingga dalam membuat perencanaan pembelajaran terkadang terabaikan.

Tingkat pendidikan guru di Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Darul Mukmin Kuala Pembuang Kabupaten Seruyan juga mempengaruhi berjalannya penerapan perencanaan pembelajaran, karena rata-rata gurunya masih berpendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA). Seperti yang diketahui untuk meningkatkan mutu pendidikan, para guru dituntut berpendidikan minimal Strata Satu (S-1). Kelengkapan fasilitas di Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Darul Mukmin Kuala Pembuang Kabupaten Seruyan masih dalam keadaan belum mencukupi atau belum lengkap, sehingga proses penerapan perencanaan pembelajaran sering terkendala peralatan, pendukung pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Problematika Guru; Peran Guru
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: puttry puttry
Date Deposited: 21 Jul 2020 03:46
Last Modified: 21 Jul 2020 03:46
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/2510

Actions (login required)

View Item View Item