Penerapan metode pembelajaran aspek psikomotorik dalam pendidikan agama islam di SMP Guppi Palangka Raya Kelas Vii Dan Viii

Hidayah, Noor (2012) Penerapan metode pembelajaran aspek psikomotorik dalam pendidikan agama islam di SMP Guppi Palangka Raya Kelas Vii Dan Viii. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Skripsi Noor Hidayah - 0801111197.pdf

Download (832kB)

Abstract

Metode pembelajaran adalah cara-cara atau teknik penyajian bahan pelajaran yang akan digunakan oleh guru pada saat menyajikan bahan pelajaran, baik secara individual atau secara kelompok. Agar tercapainya tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan, seorang guru harus mengetahui berbagai metode pembelajaran. Aspek psikomotirik adalah suatu ranah yang menekankan dan lebih mengarah kepada keterampilan-keterampilan siswa. Fungsi dari metode yang mengarah kepada aspek psikomotorik adalah untuk memperjelas atau memperlihatkan bagaimana melakukan dan jalannya sesutau proses pembuatan tertentu, dengan cara memperkernalkan atau mencontohkan secara langsung.

Berdasarkan observasi Awal penulis, SMP GUPPI merupakan salah satu sekolah yang berupaya keras untuk meningkatkan wawasan siswa tentang keagamaan, salah satnya dengan diadakannya Baca Tulis Al-Quran (BTQ), kegiatan ekstrakurikuler baik yang bersifat keagamaan maupun tidak, serta suatu sekolah yang berupaya menekankan nilai-nilai islami pada sekolah tersebut, sehingga diharapkan siswanya dapat memiliki kemampuan yang lebih berupa keterampilan.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Materi apa saja yang mengandung aspek psikomotorik. 2) Metode apa saja yang diterapkan guru PAI dalam menunjang aspek psikomotor peserta didik di SMP GUPPI Palangka Raya. 3) Bagaimana cara meningkatkan perkembangan psikomotorik pada pembelajaran PAI di SMP GUPPI Palangka Raya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian: dengan subjek 2 orang guru PAI SMP GUPPI Palangka Raya, sedangkan informen penelitian ini adalah: 2 orang siswa, dan 1 kepala sekolah. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi. Analisis data dilakukan sejak pengumpulan data yang terdiri dari 4 tahap, yaitu: 1) pengumpulan data (Collection Data). 2) pengurangan data( Data Reduction). 3) penyajian data (Data Display). 4) penarikan kesimpulan (Conclusion Drawing).

Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa: 1) materi yang banyak mengandung aspek psikomotorik adalah mata pelajaran fiqih dan Al-Quran Hadist, adapun beberapa contohnya alif lam syamsiyah dan Qamariyah, Qalqalah dan Ra, taharah (bersuci), dan Sholat sunnat rawatib, dikatakan demikian karena materi ini banyak sekali menerapkan metode-metode yang mengarah kepda psikomotorik atauketerampilan siswa. 2) metode pembelajaran yang mengarah kepada aspek psikomotorik yang sering dipakai guru PAI dalam menyampaikan materi adalah, ceramah, Tanya jawab, driil atau latihan, demonstrasi dan diskusi. Metode ini sering digunakan karena metode ini mudah untuk diterapkan dan membantu siswa dalam memahami, menghayati. Selain itu siswa juga dapat trampil dan cakap dalam mempraktekan kegiatan-kegiatan ibadah dalam kehidupan sehari-hari dan menjadi kegiatan rutinitas sebagai kewajiban seorang muslim. 3) Dalam Meningkatkan perkembangan psikomotorik pada siswa, sekolah SMP GUPPI Palangka Raya, mengadakan pelajaran moluk yang berisikan Baca Tulis Alquran (BTQ), fiqih dan aqidah gunanya untuk menambah wawasan siswa baik dari segi kognitif, afektif dan psikomotorik, sehingga mereka dapat mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari, kemudian pemilihan metode pembelajaran yang tepat dan bervariasi, tersedianya sarana/ media dalam penerapan metode pembelajaran, serta meningkatkan kesadaran siswa untuk belajar agama, dengan menggunakan pendekatan terhadap siswa, sehingga terjalin suatu hubungan yang harmonis antara guru dan siswa, dengan begitu dapat membangkitkan atau mengarahkan perhatian siswa atau anak didiknya untuk belajar dan memahami materi yang sudah diajarkan.

ABSTACT

Based on temporary observation conducted at Madrasah Aliyah Darul Ulum Palangka Raya, it was found that the students are obligated to perform shalat zuhur together before they go home. Shalat is leaded by the teacher who teacher at Madrasah Aliyah Darul Ulum Palangka Raya. However, the question arises: how is the ability of the students in performing shalat? This becomes the reason why the researcher is interested in conducted the study.

The problems of the study are: (1) how is the ability of the students in pronouncing shalat recitation? (2) how is the ability of the students in performing shalat? (3) how is the ability of the students in harmonizing between pronouncing shalat recitation and performing shalat?

The objectives of the study are: (1) to know the ability of the students in pronouncing shalat recitation, (2) to know the ability of the students in performing shalat, (3) to know the ability of the students in harmonizing pronouncing shalat recitation between and performing shalat. The study uses descriptive quantitative research. They subjects of the study are six students. to answer the problems, the data are taken through: 1) observation, 2) test, 3) interview, 4) documentation. The data are analyzed through 1) editing, 2) coding, 3) tabulating, 4) analyzing.

The results of the study indicate that: 1) the ability of the students in pronouncing shalat recitation from niat to salam is classified as”able” category. They obtain the score between 66.67 and 100. 2) the ability of the students in performing shalat from opening blaudation of prayer tirual to salam. They achieve the score between 66.67 and 100. This is classified as”able” category. 3) the ability of the students in harmonizing between pronouncing shalat recitation and performing shalat is classified as”able”. They achieve the score 100.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: puttry puttry
Date Deposited: 16 Jul 2020 01:00
Last Modified: 16 Jul 2020 01:01
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/2507

Actions (login required)

View Item View Item