Strategi pembelajaran pendidikan agama islam pada jam pelajaran terakhir di SMPN-2 Palangka Raya

Riduan, Muhamad (2012) Strategi pembelajaran pendidikan agama islam pada jam pelajaran terakhir di SMPN-2 Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Skripsi Muhamad Riduan.pdf

Download (941kB)

Abstract

Keberhasilan sebuah proses pembelajaran salah satunya ditentukan strategi yang diterapkan guru dalam proses pembelajaran. SMPN-2 Palangka Raya merupakan salah satu Sekolah umum yang menempatkan mata pelajaran PAI di jam pelajaran terakhir yang pada saat itu semangat dan konsentrasi peserta didik dalam mengikuti pelajaransudah mulai menurun. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor diantanya mengantuk, lelah, cuaca panas pada siang hari dan peserta didik yang bermain bola di halaman sekolah yang menimbulkan kegaduhan pada saat proses pembelajaran .

Rumusan masalah penelitian; 1) Bagaimana strategi guru dalam melakukan kegiatan pendahuluan pada saat mengajar PAI pada jam pelajaran terakhir di SMPN-2 Palangka Raya? 2) Bagaimana strategi guru dalam menyampaikan informasi/isi materi PAI pada jam pelajaran terakhir di SMPN-2 Palangka Raya? 3) Bagaimana straregi guru dalam mengajak peserta didik untuk berparsitipasi dalam pembelajaran PAI pada jam pelajaran terakhir di SMPN-2 Palangka Raya? 4) Bagaimana strategi guru dalam melakukan tes/evaluasi pembelajaran PAI pada jam pelajaran terakhir di SMPN-2 Palangka Raya?.

Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian; 2 orang guru PAI yang mengajar di SMPN-2 Palangka Raya. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi. Analisis data dilakukan sejak pengumpulan data yang terdiri dari 3 tahap, yaitu: 1) Pengurangan Data (Data Reduction). 2) Penyajian data (Data Display). 3) Penarikan Kesimpulan dan Verifikasi (Conclusion Drawing/Verifying).

Hasil penelitian menjelaskan bahwa: 1) Pada kegiatan pendahuluan RS hanya melakukan apersepsi sedangkan HL melakukan apersepsi dan menghubungkan materi yang terdahulu dengan materi yang akan dipelajari 2) Pada penyampaian isi RS hanya mengunakan metode ceramah yang diselang-seling dengan tanya jawab sedangkan HL menggunakan metode ceramah, tanya jawab dan diskusi 3) Upaya yang lakukan dalam mengajak peserta didik untuk berpartisipasi dalam pembelajaran RS lebih banyak melakukan tanya jawab langsung dengan peserta didik dan memberikan penugasan sedangkan HL melakukan tanya jawab langsung dengan peserta didik dalam proses pembelajaran di samping itu juga menerapkan metode drill, demontrasi, membikin kelompok diskusi dan memberikan penugasan. 4)Tes/Evaluasi yang digunakan untuk mengetahui tingkat pemahaman dan pengetahuan peserta didik terhadap materi pelajaran yang sudah diberikan, di dalam proses pembelajaran RS melakukan tanya jawab langsung dengan peserta didik dan memberikan ulangan harian setelah satu pokok bahasan selesai diajarkan bentuk soalnya pilihan ganda baik berupa latihan, pekerjaan rumah (PR) maupun ulangan tegah semester. Sedangkan HL di dalam proses pembelajaran melakukan tanya jawab langsung dengan peserta didik dan memberikan

ABSTRACT

The PAI lesson at SMPN-2 Palangka Raya is placed at the last period. This makes the students less motivation and concentration. This is caused several things: sleepy, tired, hot weather, noisy atmosphere resulted from the students’ playing football in the school yard.

The problems of the study are: 1) how is the teacher’s strategy in pre-teaching activity during learning PAI on the last period lesson at SMPN-2 Palangka Raya? 2) How is the teacher’s strategy in explaining the material during learning PAI on the last period lesson at SMPN-2 Palangka Raya? 3) How is the teacher’s strategy in inviting the student to participate in learning PAI on the last period lesson at SMPN-2 Palangka Raya? 4) How is the teacher’s strategy in doing test/evaluation in learning PAI on the last period lesson at SMPN-2 Palangka Raya?

The study belonged to descriptive qualitative research. The subjects of the study are 2 PAI teachers of SMPN-2 Palangka Raya. The data collection was done using observation, interview, and documentation techniques. The data validation was done through triangulation. The data analysis is done during the data collection consisting of: 1) data collection, 2) data reduction, 3) data display, and 4) drawing conclusion and verification.

The result of the study explained that: 1) in pre-teaching activity, RS only did apperception. Meanwhile, HL did apperception and association. 2) In explaining the material, RS applied lecturing method and question answer conversely. Meanwhile, HL applied lecturing, question answer and discussion methods. 3) In terms of the efforts to be done in inviting the students to participate in learning, RS did question answer directly to the students and gave assignment. Meanwhile, HL did question answer directly to the students during learning process and implementing drill method, demonstration, making group discussion, and giving assignment. 4) Test/evaluation were done in order to know the students’ level in understanding on the material given in learning process. In this sense, RS did question answer directly to the students and gave quiz after the topic explained. The forms of test were multiple choice test in exercise, take home assignment, or midterm test. Meanwhile, HL did question answer directly to the students during learning process and giving quiz after the topic explained. The forms of test were multiple choice test for exercise take home assignment. In addition, in midterm test, the form of evaluation was essay test.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi pembelajaran
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: puttry puttry
Date Deposited: 16 Jul 2020 00:53
Last Modified: 16 Jul 2020 00:53
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/2506

Actions (login required)

View Item View Item