Evaluasi pelaksanaan program wajib belajar pendidikan dasar 9 tahun (Studi Kasus di Kelurahan Pahandut Kecamatan Pahandut Kota Palangka Raya)

Ilmi, Fajrul (2012) Evaluasi pelaksanaan program wajib belajar pendidikan dasar 9 tahun (Studi Kasus di Kelurahan Pahandut Kecamatan Pahandut Kota Palangka Raya). Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Skripsi Fajrul Ilmi - 0931111315.pdf

Download (846kB)

Abstract

Pendidikan merupakan prioritas utama dari program pemerintah Kota Palangka Raya. Wujud dari cita-cita pemerintah Kota Palangka Raya melaksanakan program wajib belajar pendidikan dasar 9 tahun. Program wajib belajar pendidikan dasar 9 tahun telah dinyatakan sudah mencapai target dengan pencapaian APK yang cukup tinggi. Berdasarkan hal tersebut maka penulis melakukan penelitian tentang evaluasi pelaksanaan program wajib belajar pendidikan dasar 9 tahun (Studi Kasus di Kelurahan Pahandut Kecamatan Pahandut Kota Palangka Raya).

Rumusan masalah penelitian; 1) Apakah semua anak usia 7-12 tahun sedang menempuh pendidikan SD/MI. 2) Apakah semua anak berusia 13-15 tahun sedang menempuh pendidikan SMP/MTs. 3) Bagaimana angka partisipasi kasar dan murni sesuai dengan jumlah anak usia 7-12 tahun. 4) Bagaimana angka partisipasi kasa r dan murni sesuai dengan jumlah anak usia 13-15 tahun. 5) Bagaimana kendala-kendala yang dihadapi pemerintah dalam melaksanakan program wajib belajar pendidikan dasar 9 tahun di Kelurahan Pahandut.

Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian; aparat Kelurahan Pahandut, ketua RW/RT Kelurahan Pahandut, peserta didik, Kementerian Agama Kota Palangka Raya, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Palangka Raya, dan masyarakat. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi. Analisis data dilakukan sejak pengumpulan data yang terdiri dari 3 tahap, yaitu: 1) Pengurangan Data (Data Reduction). 2) Penyajian data (Data Display). 3) Penarikan Kesimpulan dan Verifikasi (Conclusion Drawing/Verifying).

Hasil penelitian menjelaskan bahwa: 1) Anak usia sekolah 7-12 tahun yang bersekolah sebanyak 4308 siswa melebihi jumlah penduduk usia 7-12 tahun yang berjumlah 2603 atau 165,50% yang mengikuti pendidikan, tetapi masih ada 56 orang yang putus sekolah. 2) Anak usia sekolah 13-15 tahun yang sekolah berjumlah 1053 lebih sedikit daripada penduduk usia 13-15 tahun yang berjumlah 1480 atau 71,14% yang mengikuti pendidikan dan 26 orang putus sekolah. 3) APK dan APM SD/MI yang dicapai 165,50% dan 145,06% tinggi melebihi jumlah penduduk usia SD/MI. 4) APK dan APM SMP/Mts yang dicapai hanya 71,14% dan 62,97% lebih sedikit dari jumlah penduduk usia SMP/Mts. 5) Kendala yang dihadapi, yaitu Kurang dana dan sering terlambat, guru yang berpendidikan SMA/sederajat dan mengajar tidak sesuai dengan keahliannya, banyak pendatang usia sekolah pendidikan dasar yang tidak sekolah, dan kurang baiknya kerja-sama antara kepala sekolah dengan pengawas. upaya untuk mengatasi kendala, yaitu pengadaan kuliah percepatan dan memberikan bantuan dana untuk melanjutkan pendidikan, Memperbaiki kerja sama antara pihak sekolah dengan pegawas, membuka paket A dan B untuk memberi kesempatan kepada anak yang putus sekolah.

ABSTRACT

Education is the main priority of Palangka Raya government’s program. The implementation of the visions of Palangka Raya government is to implement the nine years basic education learning obligated program. The program has achieved the target of quite high APK achievement. Based on the case, the writer is interested in conducting the study about the evaluation of nine years basic education learning obligated program implementation (Case Study at Pahandut Sub District of Pahandut District of Palangka Raya.

The formulations of the problem are 1) Do all the children of 7-12 years old study at SD/MI? 2) Do all children of 13-15 years old study at SMP/MTs? 3) Is the number of rough and pure participation suitable with the number of 7-12 years old children? 4) is the number of rough and pure participation suitable with the number of 13-15 years old children? 5) What are the barriers faced by the government in implementing the program?

The study is descriptive study with qualitative approach. The subjects of the study are the officials of Pahandut Sub District, the head of RW/RT of Pahandut Sub District, the students, the Ministry of Religious Affairs of Palangka Raya, the Education, Youth, and Sport Institution, and society. The data are collacted by observation, interview, and documentation techniques. The data validation applies triangulation. The data analysis consists of three steps of data reduction, data display, conclusion drawing/verifying.

The result of the study showed that: 1) The 7-12 years old children who studied at school were 4308 students over the number of the citizens of 7-12 years old who were 2603 in number or 165,50% who were in school, but there were still 56 retiring students. 2) The 13-15 years old children who studied at school were 1053 students or lesser than the citizens of 13-15 years old children who were 1480 in number or 71,14% who were in school and there were 26 retiring students. 3) APK and APM of SD/MI achieved was 165,50% and 145,06% higher over the citizen number of SD/MI aged. 4) APK and APM of SMP/MTs achieved was 71,14% and 62,97% lesser than the citizen number of SMP/MTs aged. 5) The barriers faced were the lacking and lateness of fund, the SMA/MA educated teachers taught differently with the skill, the school aged new comers who were not in school, and the lacking of cooperation between the principal and the supervisor. The efforts of solving the barriers were carrying out the acceleration lecture and giving the school side and supervisor, and conducting A and B packages for the retiring school students.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: puttry puttry
Date Deposited: 16 Jul 2020 00:45
Last Modified: 16 Jul 2020 00:57
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/2505

Actions (login required)

View Item View Item