Pemanfaatan media pembelajaran audio visual dalam meningkatkatkan minat belajar pai materi tentang berwudhu pada anak tuna grahita kelas vii di SLBN 2 Selat Kabupaten Kapuas

Mardiah, Mardiah (2019) Pemanfaatan media pembelajaran audio visual dalam meningkatkatkan minat belajar pai materi tentang berwudhu pada anak tuna grahita kelas vii di SLBN 2 Selat Kabupaten Kapuas. Masters thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Cover dan Abstrak.pdf

Download (781kB)
[img] Text
Isis Tesis Mardiah 17016060.pdf

Download (647kB)

Abstract

Pendidikan Agama Islam adalah sarana untuk menumbuh kembangkan kepribadian anak, baik secara fisiologis maupun psikologis, hal tersebut tidak terkecuali bagi anak-anak yang memiliki keterbelakangan mental atau anak-anak Tuna grahita. Mereka perlu mendapatkan perhatian secara khusus, karena mereka sangat berbeda dengan anak-anak normal pada umumnya. Kemampuan yang lemah dalam menerima pelajaran inilah yang menjadikan mereka sulit memahami pelajaran. Oleh sebab itu, mereka memerlukan bantuan media pembelajaran seperti media pembelajaran audio visual.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pemanfaatan media pembelajaran audio visual dalam meningkatkan minat belajar PAI pada anak tuna grahita kelas VII di SLBN 2 Selat dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi pemanfaatan media pembelajaran audio visual dalam meningkatkan minat belajar PAI pada anak tuna grahita kelas VII SLBN 2 Selat.

Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (RnD). Tekhnik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi.objek penelitianya adalah pemanfaatan media pembelajaran audio visual , sedangkan subjeknya adalah Guru PAI dan anak tuna grahita kelas VII.

Hasil penelitian menunjukan bahwa pemanfaatan media pembelajaran audio visual dalam meningkatkan minat belajar PAI materi tentang berwudhu pada anak tuna grahita kelas VII di SLBN 2 Selat dinyatakan efektif dalam meningkatkan minat belajar anak tuna grahita pada pelajaran PAI hal ini terlihat dari peningkatan aktivitas belajar anak seperti keaktifan dalam proses pembelajaran, keberanian dalam bertanya. Penggunaan media audio visual dalam pada anak tuna grahita dapat membantu dalam proses pembelajaran. Berapa faktor yang mempengaruhi pemanfaatan media pembelajaran audio visual pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SLBN 2 Selat antara lain, 1) faktor guru, 2) faktor minat anak-anak dan, 3) faktor ketetersediaan media.

ABSTRAK

Islamic Education is a medium to grow children's personalities either physiologacally and psychologically, similarly for mentally retarded and intellectual disabled children. They should get some special treatments for they a Islamic Education is a medium to grow children's personalities either physiologacally and psychologically, similarly for mentally retarded and intellectual disabled children. They should get some special treatments for they are different than the other children in general. The disability to learn makes them have many problems in comprehending the lesson. Thus, they need some instructional media assistances such as audio visual learning media. re different than the other children in general. The disability to learn makes them have many problems in comprehending the lesson. Thus, they need some instructional media assistances such as audio visual learning media.

The problem in this research is how the use of the audio visual learning media and what the factors that influence the use of audio visual media in increasing the interest to learn PAI of the intellectual disabled students of grade seven at SLBN 2 Selat.

The type of research is Research and Development (RnD). The data collection techniques are observation, interview and documentation.The reseaarch object is the use of audio visual learning media, while the subject is PAI teacher and mentally disabled class VII.

The results of this research show that the use of audio visual learning media in increasing the interest of learning PAI on Wudhu lesson of the intellectual disabled students of grade seven at SLBN 2 Selat is effective to increase the interest to learn PAI of the intellectual disabled students. This can be seen on the increase of the students' learning activity such as they are more active and they ask more questions during teaching and learning process. The use of audio visual learning media for intellectual disabled students can help the learning process. Some factors that influence the use of audio visual learning media on PAI subject at SLBN 2 Selat They are 1) Teacher factor, 2) Learning Interest factor and 3) The available media factor..

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 01 Jul 2020 01:48
Last Modified: 01 Jul 2020 01:48
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/2481

Actions (login required)

View Item View Item