Marsiah, Marsiah (2007) Ahammiyatu tadrisu al-Qawaidu fi al- Allughatu al-Arabiyyatu. Himmah, VIII. pp. 52-67.
Text
Marsiah-halaman-dihapus.pdf Download (2MB) |
Abstract
Bahasa Arab adalah salah satu bahasa Internasional yang mempunyai karakter sendiri dibanding dengan bahasa yang lain (Khuli, 1982: 19). Sebagai sebuah alat bahasa Arab merupakan disiplin ilmu yang mempunyai peran ganda yaitu sebagai alat untuk memahami al-Qur'an dan al-Hadits atau teks-teks keagamaan yang berbahasa Arab dan juga sebagai bahasa komunikasi umat Islam. Dengan memegang peran ganda tersebut bahasa Arab menjadi sangat urgen untuk dimengerti secara proporsional. Thntutan untuk mempelajari dan memahami bahasa Arab adalah suatu keharusan khususnya bagi umat Islam. Adapun alat untuk memahami bahasa Arab dengan baik dan benar adalah dengan Qawatd al-Lughah al-Arabiyyah (Tata Bahasa Arab). Oleh karena itu pengajaran qawaid dalam bahasa Arab merupakan suatu keharusan bagi setiap orang yang mau memahami bahasa Arab dengan baik dan benar. Ada beberapa hal yang tekandung dalam pengajaran qawaid yaitu; L) Tujuan pengajarannya, karena tujuan merupakan sesuatu yang ingin dicapai dalam pembelajaran qowaid, 2) Metode pengajarannya, penSSunaan metode yang tepat akan menghasilkan proses belajar mengajar yang baik, 3) Teknik pengajarannya, yaitu langkah operasional yang dilakukan didalam kelas pada saat proses belajar mengajar berlangsung, 4) Penilaian pengajaran qawatd, yaitu dengan melakukan testing dengan memberikan beberapa bentukbutir tes (soal) kepada siswa'
Item Type: | Journal Article |
---|---|
Subjects: | 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200318 Middle Eastern Languages |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan Bahasa > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | usman usman usman |
Date Deposited: | 07 Jun 2020 01:37 |
Last Modified: | 07 Jun 2020 01:39 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/2394 |
Actions (login required)
View Item |