Reliabilitas tes hasil belajar dan aplikasinya dalam evaluasi pembelajaran

Supriyadi, Gito (2006) Reliabilitas tes hasil belajar dan aplikasinya dalam evaluasi pembelajaran. Himmah, VIII (18). pp. 50-62.

[img] Text
Gito Supriyadi.pdf

Download (3MB)

Abstract

Reliabilitas adalah tingkat keajegan atau kemantapan hasil dari hasil dua pengukuran terhadap hal yang sama. Hasil pengukuran itu diharapkan akan sama apabila pengukuran diulangi pada waktu yang berbeda. Reliabilitas atau keajegan suatu skor merupakan hal yang sangat penting dalam menentukan apakah tes telah menyajikan pengkuran yang baik atau belum. Pengukuran yang baik tentunya akan ajeg membedakan kemampuan peserta didik antara yang pandai dan yang kurang pandai. Reliabilitas memiliki dua keajegan, pertama adalah keajegan internal yakni tingkat sejauhmana tingkat butir soal itu homogen baik dari segi tingkat kesukaran maupun bentuk soalnya. Keajegan kedua adalah keajegan ektemal yakni tingkat sejauhmana skor dihasilkan tetap sama sepanjang kemampuan orang yang diukur belum berubah.

Item Type: Journal Article
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: usman usman usman
Date Deposited: 07 Jun 2020 01:32
Last Modified: 07 Jun 2020 01:32
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/2393

Actions (login required)

View Item View Item