Upaya guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam memotivasi belajar siswa kelas V MIN-2 Lamandau Kabupaten Lamandau

Budiono, Budiono (2019) Upaya guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam memotivasi belajar siswa kelas V MIN-2 Lamandau Kabupaten Lamandau. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Budiono-1421111904 I .pdf

Download (1MB)
[img] Text
Budiono-1401111904 II.pdf

Download (1MB)

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah; 1) Bagaimana upaya guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam memotivasi belajar siswa kelas V di MIN-2 Lamandau Kabupaten Lamandau? 2) Apa saja faktor yang mempengaruhi dalam memotivasi belajar siswa kelas V di MIN-2 Lamandau Kabupaten Lamandau? Adapun tujuannya adalah; 1) Untuk medeskripsikan upaya guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam memotivasi belajar siswa kelas V di MIN-2 Lamandau Kabupaten Lamandau? 2) Untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi dalam memotivasi belajar siswa kelas V di MIN-2 Lamandau Kabupaten Lamandau?

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan subjek penelitiannya 1 orang guru PAI. Sedangkan kepala sekolah dan siswa hanya sebagai informan. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tiga tahapan yaitu, Data Reduction, Data Display, dan Conclusion Drawing/Verifying.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Upaya guru Pendidikan Agama Islam (PAI) yaitu LS dalam memotivasi belajar siswa kelas V di MIN-2 Lamandau Kabupaten Lamandau pada saat pelaksanaan proses belajar mengajar berlangsung, LS kurang memahami perbedaan antara jenis dan bentuk motivasi. Meskipun demikian, LS sudah memberikan motivasi kepada siswa baik berupa nasihat maupun berupa penghargaan yang termasuk kedalam bentuk-bentuk motivasi dan tergolong kedalam jenis motivasi ekstrinsik. 2) Faktor yang mempengaruhi dalam memotivasi belajar siswa kelas V di MIN-2 Lamandau Kabupaten Lamandau ada dua yaitu faktor instrinsik yaitu faktor yang berasal dari dalam diri siswa yaitu sifat malas belajar, dan faktor ekstrinsik yaitu faktor yang berasal dari luar atau selain siswa. Dengan demikian, faktor yang mempengaruhi motivasi belajar tidak hanya tertumpu pada individu siswanya saja, namun guru dan lingkungan khususnya lingkungan keluarga juga sangat berpengaruh dalam memotivasi belajar siswa.

ABSTRACT

The problems in this study are ; 1) How is the efforts of Islamic Education teacher in motivate learning to the students of fifth grade at MIN-2 Lamandau Regency? 2) What are the factors that affect in motivate learning to the students of fifth grade at MIN-2 Lamandau Regency? The purpose of this research are ; 1) To describe the efforts of Islamic Education teacher in motivate learning to the students of fifth grade at MIN-2 Lamandau Regency. 2) To know the factors that affect in motivate learning to the students of fifth grade at MIN-2 Lamandau Regency.

This research used qualtitative descriptive approach with the subject of the research was one Islamic Education teacher. While the headmaster and other students just as informants. The data collection technique used observation, interview and documentation. The data analyzed use three phases, they were Dat Reduction, Data Display and Conclusion Drawing/ Verifying.

The result of this study shows that : 1) The efforts of Islamic Education teacher is LS in motivate learning to the students of fifth grade at MIN-2 Lamandau Regency when learning process, LS not really understand the different between kind and form of motivation. Although, LS already give motivation to the students such as advise and give reward that include the forms of motivation and this can ne categorized as extrinsic motivation. 2) The factors that affect in motivate learning to the students of fifth grade at MIN-2 Lamandau Regency not only focus on the students, but the teacher and the environment, especially family environment also really affect in motivate learning to the students.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Guru;Motivasi Belajar; Siswa
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email daniaty_marina@yahoo.com
Date Deposited: 11 May 2020 03:39
Last Modified: 19 May 2020 04:44
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/2304

Actions (login required)

View Item View Item