Pengembangan media pembelajaran berbasis adobe flash cs6 materi fotosintesis kelas viii MTS Muslimat NU Palangka Raya

Nasihin, Khairun (2019) Pengembangan media pembelajaran berbasis adobe flash cs6 materi fotosintesis kelas viii MTS Muslimat NU Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
SKRIPSI Khairun Nasihin-130114034.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertolak dari perkembangan teknologi informasi beberapa tahun belakangan ini berkembang dengan kecepatan yang sangat tinggi, salah satu bidang yang mendapat dampak yang cukup berarti dengan perkembangan
teknologi ini adalah bidang pendidikan. Penggunaan media menggunakanprogram Adobe Flash CS6 diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran.

Media yang dikembangkan yaitu animasi yang bekaitan dengan konsep-konsep IPA. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui langkah-langkah pengembangan media pembelajaran berbasis Adobe Flash CS6, 2) Mengembangkan Profil media animasi menggunakan Adobe Flash CS6, 3) mengetahui validator media animasi menggunakanAdobe Flash CS6, 4) menggambarkan kepraktisan tentang media animasi menggunakan Adobe Flash
CS6, dan 5) menguji keefektifan media animasi menggunakan Adobe Flash CS6materi fotosintesis untuk peserta didik kelas VIII MTs Muslimat NU Palangka.

Penelitian ini menggunakan metode yaitu penelitian dan pengembangan Research and Development (RnD) yang bersifat deskriptif dan menggariskan pada langkah-langkah pengembangan dari Sugiyono yaitu: 1) potensi dan masalah, 2)
pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi desain, 5) revisi desain produk, 6) uji coba skala terbatas, 7) revisi produk, 8) uji coba pemakaian, 9) revisi produk, 10) produksi media.

Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Langkah-langkah
pengembangan pada media pembelajaran Adobe Flash CS6 materi fotosintesis ini disesuaikan dengan langkah-langkah penelitan yang benar, sehingga media animasi ini dapat digunakan dalam proses belajar mengajar, 2) media animasi
dapat membantu guru dalam proses pembelajaran, 3) media pembelajaran dinyatakan valid berdasarkan kriteria kevalidan media pembelajaran yang ada, 4) media pembelajaran dirasa praktis berdasarkan hasil dari respon guru, dan peserta
didik, dan 5) media pembelajaran dinyatakan efektif digunakan dalam pembelajaran materi Fotosintesis kelas VIII yang diketahui dari adanya peningkatan hasil belajar ranah kognitif peserta didik dengan rata-rata N-Gain
0,70 dengan kategori sedang.

ABSTRACT

This study departs from the rapid development of information and technology over the past few years which significantly affects most of the parts in society, including the educational aspect. In education, learning media is one of
the most crutial part in teaching and learning process. Regarding with the development of technology, the use of Adobe Flash C6 is expected to help boosting the quality of teaching and learning process. The animation applied
related on scientific concepts was developed in this research.

This study aims to : 1) Identifying the steps in developing process learning of Adobe Flash CS6, 2) Develop animation media profile using Adobe Flash CS6, 3) identify the animation media validator using Adobe Flash CS6, 4)
describe the practicality of the animation media using Adobe Flash CS6, 5) test the effectiveness of animation media using Adobe Flash CS6 on photosynthetic material for grade VIII students of MTs Muslimat NU Palangka Raya.

This study used descriptive research and research development (RnD) methods based on the steps stated by Sugiyono: 1) problem and potential, 2) data collection, 3) product design, 4) validation design, 5) product design revision, 6) limited scale trials, 7) product revision, 8) usage test, 9) product revision, 10) media production. This study was taken at MTs Muslimat NU Palangka Raya. The data were gained from the questionnaire and the result of cognitive learning competence of the students.

The result of the study showed : 1) the result showed the steps were used in developing process learning Adobe Flash CS6 phosynthetic material through the right steps were used, in other words the animation succesfully use in process learning, 2) animation media is able to help teachers in teaching-learning process, 3) the learning media is valid based on the existed validity criteria, 4) the learning media was felt practical according to teachers and students‟ rwsponses, and 5) the learning media is stated as effective to be use on photosynthetic material for grade VIII which was known from the improvement of students‟ cognitive learning competence results with the average of N-Gain 0,70 score in medium.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Biologi; Media pembelajaran
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences > 069999 Biological Sciences not elsewhere classified
19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING > 1902 Film, Television and Digital Media > 190205 Interactive Media
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan IPA > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: puttry puttry
Date Deposited: 08 May 2020 07:36
Last Modified: 08 May 2020 07:39
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/2302

Actions (login required)

View Item View Item