Pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama islam di Sekolah Dasar Negeri Gohong Rawai II Kecamatan Rungan Kabupaten Gunung Mas

Lestari, Soleha Putri (2019) Pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama islam di Sekolah Dasar Negeri Gohong Rawai II Kecamatan Rungan Kabupaten Gunung Mas. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Soleha Putri Lestari-PAI-1401111891.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertolak dari keingintahuan peneliti terhadap pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam di sekolah yang dimana guru pengajar di sekolah tersebut hanya lulusan dari SMA. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran pendidikan agama Islam di Sekolah Dasar Negeri Gohong Rawai II kecamatan Rungan kabupaten Gunung Mas (2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam di sekolah dasar negeri Gohong Rawai II kecamatan Rungan kabupaten Gunung Mas.

Metode yang digunakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Pengabsahan data dilakukan dengan proses triangulasi, yaitu teknik pemeriksaan keabsahan data yang memanfaatkan sesuatu yang lain di luar data itu untuk keperluan pengecekan atau sebagai pembanding terhadap data itu.

Berdasarkan hasil penelitian, (1) Perencanaan pembelajaran yaitu menentukan tujuan pembelajaran sesuai tingkat perkembangan siswa, mengacu pada standar kompetensi dan kompetensi dasar yang ingin dicapai, merumuskan pecapaian hasil belajar dari segi kognitif, afektif, dan psikomotorik. Memilih jenis materi harus yang relevansi, konsisten dan kecukupan. Pemilihan metode dan media menyesuaikan dengan tujuan pengajaran, materi, banyaknya siswa, kemampuan siswa, kemampuan guru, fasilitas yang tersedia dan waktu. Penilaian hasil pembelajaran mengacu pada tiga aspek, yaitu kognitif, afektif dan psikomotorik. Perencanaan pembelajaran ini belum semuanya terlaksana dengan baik, ada beberapa kendala seperti kurang paham dalam pembuatan RPP, sehingga harus melihat contoh RPP lain sebagai acuan. (2) Pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan ada tiga kegiatan di dalamnya, yaitu kegiatan awal menyiapkan siswa secara fisik dan psikis, memberi motivasi dan memberi pertanyaan-pertanyaan materi sebelumnya dengan mengaitkan dengan materi yang akan dibahas, menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai. Kegiatan inti menyampaikan materi dengan metode dan media yang sudah disiapkan, memberi tugas dan penguatan kepada siswa. Kegiatan akhir yaitu memberi kesimpulan, mengevaulasi siswa terhadap materi yang telah disampaikan dan menyampaikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya. Akan tetapi kegiatan tersebut belum semuanya berjalan dengan baik. Seperti pada kegiatan awal, dalam pelaksanaannya tidak memberikan motivasi sebelum melaksanakan pembelajaran dan tidak menanyai siswa atau mengaitkan materi sebelumnya dengan materi yang akan dibahas pada pertemuan kali ini.

ABSTRACT

This research is based on the researchers' curiosity on the implementation of Islamic religious education learning in schools where the teaching teachers at the school only graduated from high school. This study aims (1) to describe the planning of Islamic education learning in Gohong Rawai II Elementary School Rungan district Gunung Mas regency (2) To describe the implementation of Islamic religious education learning in the Gohong Rawai II public elementary school Rungan district Gunung Mas regency.

The method used is qualitative research. Data collection techniques used observation, interviews, and documentation. Data analysis is performed by data reduction, data presentation and verification. Data validation is carried out by a triangulation process, which is a data validity checking technique that utilizes something else outside of the data for checking or as a comparison of the data.

Based on the results of the study, (1) Learning planning is determining learning objectives according to the level of student development, referring to the competency standards and basic competencies to be achieved, formulating achievement of learning outcomes in terms of cognitive, affective, and psychomotor. Choosing the type of material must be of relevance, consistency and adequacy. The choice of methods and media adjusts to the teaching objectives, material, number of students, student abilities, teacher abilities, facilities available and time. Assessment of learning outcomes refers to three aspects, namely cognitive, affective and psychomotor, adjusted to the basic competencies and learning objectives to be achieved. Not all of these learning plans have been implemented properly, there are several obstacles such as lack of understanding in the preparation of lesson plans, so they must see examples of other lesson plans as a reference. (2) The implementation of learning carried out there are three activities in it, namely the initial activity of preparing students physically and psychologically, motivating and giving questions to the material before linking with the material to be discussed, conveying the learning objectives to be achieved. The main activity is delivering material with prepared methods and media, giving assignments and reinforcement to students. The final activity is giving conclusions, evaluating students on the material that has been submitted and delivering material that will be discussed at the next meeting. However, not all of these activities went well. As in the initial activity, the implementation did not provide motivation before carrying out learning and he did not question students or relate the previous material to the material that will be discussed

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran; Pelaksanaan; PAI
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email daniaty_marina@yahoo.com
Date Deposited: 04 May 2020 01:35
Last Modified: 04 May 2020 01:35
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/2267

Actions (login required)

View Item View Item