Gaya belajar dan aktivitas mahasiswa yang telah menikah (Studi pada mahasiswa prodi pendidikan agama islam)

Marlina, Marlina (2019) Gaya belajar dan aktivitas mahasiswa yang telah menikah (Studi pada mahasiswa prodi pendidikan agama islam). Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Marlina-1301111752.pdf

Download (965kB)

Abstract

Gaya belajar merupakan suatu kombinasi dari bagaimana seseorang menyerap dan kemudian mengatur serta mengolah informasi. Gaya belajar juga sering disebut sebagai cara yang dilakukan oleh seseorang untuk mengembangkan kemampuan belajarnya. Terdapat tiga tipe gaya belajar yang di bahas dalam penelitian ini yaitu visual, auditorial, dan kinestetik.

Tujuan dari penelitian ini 1) untuk mendapatkan gaya belajar dan aktivitas mahasiswa prodi Pendidikan Agama Islam yang telah menikah. 2) menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi gaya belajar mahasiswa prodi Pendidikan Agama Islam yang telah menikah.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian dilakukan selama 2 bulan di Institut Agama Islam Negeri palangka raya. Subjek penelitiannya ada 10 mahasiswa prodi Pendidikan Agama Islam yang telah menikah. Teknik penggalian data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Pengabsahan data mengggunakan teknik trianggulasi. Analisis data dilakukan dengan cara data collection, data reducation,data display, dan data conclusion.

Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) mahasiswa prodi Pendidikan Agama Islam yang telah menikah menggunakan ketiga gaya belajar yaitu gaya belajar visual, gaya belajar auditorial, dan gaya belajar kinestetik. Berdasarkan dari hasil wawancara dan observasi dari 10 orang mahasiswa prodi Pendidikan Agama Islam yang telah menikah mengenai gaya belajar ada terdapat 2 orang yang memiliki gaya belajar visual, ada 3 orang yang memiliki gaya belajar auditorial,
ada 2 orang yang memiliki gaya belajar kinestetik dan 3 orang yang memiliki gaya belajar visual auditorial. 2) Faktor-faktor yang mempengaruhi gaya belajar mahasiswa prodi Pendidikan Agama Islam yang telah menikah, meliputi faktor
fisik, emosional, sosiologis dan lingkungan. Ada juga faktor pendukung adanya perhatian dari suami, aktivitas belajar dengan teman sehingga bisa bertukar pengalaman dan pengetahuan yang mahasiswa miliki. Sedangkan yang menghambat belajar mahasiswa lebih dominan kepada kelelahan fisik,
keterbatasan waktu untuk belajar, suasana lingkungan belajar.

ABSTRACT

Learning style is a combination of how one absorbs and then regulates and processes information. Learning styles are also often referred to as a way for someone to develop their learning skills. There are three types of learning styles
discussed in this study, namely visual, Auditorial, and kinaesthetic.

The purpose of this study is 1) to get a learning style and activity of students in the married Islamic religious education. 2) Explain the factors that influence the learning style of students Prodi Islamic religious education.

This research uses a qualitative approach. The research was conducted for 2 months at the Institute of Islamic Religious Affairs Palangka Raya Raya. The subject of his research was 10 students in the Islamic religious education. Data
mining techniques using interviews, observations and documentation. Data wiring uses trianggulation techniques. Data analysis is done by means of data collection,
data reducation, data display, and data conclusion.

The results showed that 1) students in the married Islamic religious education used three learning styles, which are visual learning style, auditory learning style, and kinaesthetic learning style. Based on the results of interviews and observations from 10 students in the Islamic religious education that have been married about learning style there are two people who have visual learning style, there are 3 people who have auditory learning style, there are two people who Has a kinaesthetic learning style and 3 people who have a visual auditory style of auditorial. 2) Factors influencing student learning style in the marriage of Islamic religious education, including physical, emotional, sociological and environmental factors. There is also a contributing factor to the attention of husbands, learning activities with friends so that it can exchange the experiences and knowledge that students have. While that inhibits student learning is more dominant to physical fatigue, time constraints for learning, mood learning
environment.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Gaya belajar
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: puttry puttry
Date Deposited: 02 May 2020 03:33
Last Modified: 02 May 2020 03:33
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/2265

Actions (login required)

View Item View Item