Peningkatan pengajaran bahasa arab melaluilaboraturium bahasa

Sori. N, Sofyan (2004) Peningkatan pengajaran bahasa arab melaluilaboraturium bahasa. Himmah. pp. 94-106.

[img] Text
sofwan_sori.pdf

Download (251kB)

Abstract

Mempelajari bahas Arab bukanlah hal yang sulit bila dipelajari dengan sungguh-sungguh. Pelajar dapat mengetahui di mana letak persamaan dan perbedaan antara bahasa Arab sebagai bahasa asing dengan bahasa Indonesia sebagai bahasa yang sudah dimiliki. Empat kemahiran berbahasa Arab yaitu kemahian menyimak, berbicara, membaca, dan menulis sulit untuk dapat dicapai kalau hanya melalui kelas yang diajarkan oleh seorang guru asli Indonesia. Karena kefasihan pengucapan gaya bahasa dan intonasi penyampaiannya tidak mungkin sama dengan penutur aslinya. Dengan bantuan laboratorium bahasa, empat kemahiran berbahasa itu dapat dicapai secara bersamaan karena pelajar bahasa Arab langsung meniru penuturan yang tepat dan fasih dari penutur aslinya, dapat diulang berkali-kali dan mudah membetulkan ucapan atau tulisan yang keliru sehingga pelajar dapat memahami betul apa yang didengarnya untuk diucapkan kembali. Dengan latihan yang berulang kali dengan didukung laboratorium bahasa, pelajar juga mudah untuk mempelajari teknik menulis dan membaca bahasa Arab dengan baik.

Item Type: Journal Article
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200318 Middle Eastern Languages
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah > Jurusan Dakwah dan Komunikasi Islam > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: usman usman usman
Date Deposited: 02 May 2020 00:25
Last Modified: 02 May 2020 00:25
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/2264

Actions (login required)

View Item View Item