Kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan akuntabilitas pengelolaan keuangan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Palangka Raya

Murhanadi, Murhanadi (2019) Kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan akuntabilitas pengelolaan keuangan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Palangka Raya. Masters thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Tesis Murhandadi - 17013195.pdf

Download (1MB)

Abstract

Akuntabilitas pengelolaan keuangan merupakan bagian dari kepemimpinan kepala madrasah. Keberhasilan kepala madrasah dalam mengelola keuangan dapat dilihat dari penghargaan dalam pengelolaan keuangan yang diberikan oleh instansi terkait. MTsN 1 Palangka Raya sebagai salah satu satuan kerja, menjalankan dan mengurus keuangan sendiri yang bersumber dari APBN. MTsN 1 Palangka Raya sebagai MTs pertama di kota Palangka Raya, banyak mendapat penghargaan dalam bidang akademik dan non akademik dan sebagai rujukan madrasah setingkat MTs, dalam hal pengelolaan pendidikan, termasuk pengelolaan keuangan, tapi kenyataannya MTsN 1 Palangka Raya belum pernah mendapatkan penghargaan dalam pengelolaan keuangan. Hal ini menjadi fenomena menarik untuk diteliti.

Tujuan penelitian untuk: a) Mendeskripsikan kebijakan kepala madrasah dalam meningkatkan akuntabilitas pengelolaan keuangan, b) Mendeskripsikan gaya atau tipe kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan akuntabilitas pengelolaan keuangan dan, c) Mendeskripsikan hasil peningkatan akuntabilitas pengelolaan keuangan di MTsN 1 Palangka Raya.

Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Obyek penelitian kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan akuntabilitas pengelolaan keuangan, dengan subyek penelitian Kepala Madrasah (KPA), PPK, PPSPM, dan bendahara pengeluaran. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengabsahan data dengan uji kredibilitas, uji keteralihan, uji kebergantungan, dan uji kepastian. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, pengambilan kesimpulan, dan verifikasi. Teknik pemeriksaan data dengan trianggulasi, dan tempat penelitian di
MTsN 1 Palangka Raya.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan akuntabilitas pengelolaan keuangan di MTsN 1 Palangka Raya dengan: a. Kebijakan, melibatkan semua unsur dalam menyusun rencana kegiatan dan anggaran, menerapkan secara maksimal aturan dan system APBN, dan membuat laporan pertanggungjawaban secara periodik. b. Menerapkan gaya kepemimpinan demokratis dalam hal perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan, namun dalam hal pengorganisasian juga menerapkan gaya kepemimpinan otoriter. c. Peningkatan akuntabilitas
pengelolaan keuangan terjadi pada pelibatan semua pihak, dan pelaporan pertanggungjawaban, sementara dalam penerapan sistem keuangan tidak ada peningkatan.

ABSTRACT

Accountability in financial management is part of the leadership of the madrasa head. The success of the madrasah head in managing finances can be seen from the awards in financial management given by the relevant agencies.
MTsN 1 Palangka Raya as one of the work units, runs and manages its own finances sourced from the APBN. MTsN 1 Palangka Raya as the first MTsN in the city of Palangka Raya, received many awards in the academic and non-
academic fields and as a madrasah level reference for MTs, in terms of education management, including financial management, but in reality MTsN 1 Palangka Raya has never received an award in financial management . This is an interesting phenomenon to be studied.

The research objectives are to: a) Describe the policies of the madrasah head in increasing accountability in financial management, b) Describe the style or type of leadership of the madrasah head in improving accountability in
financial management and, c) Describe the results of increasing financial accountability in MTsN 1 Palangka Raya.
This research is a descriptive research with a qualitative approach. The object of Madrasah leadership research in improving financial management accountability, with the subject of Madrasah Head (KPA), PPK, PPSPM, and treasurer spending. Data collection is done by observation, interview and documentation techniques. Validation of data with the credibility test, the test of dependency, the dependency test, and the certainty test. Data analysis was performed by data reduction, data presentation, conclusion drawing, and
verification. Data checking techniques with triangulation, and research sites in MTsN 1 Palangka Raya.

The results of this study indicate that the leadership of the madrasa head in improving the accountability of financial management in MTsN 1 Palangkaraya by: a. Policies, involving all elements in preparing activity plans and budgets, optimally implementing APBN rules and systems, and making periodic accountability reports. b. Apply a democratic leadership style in terms of planning, organizing, implementing, and monitoring, but in terms of organizing it also applies an authoritarian leadership style. c. Increased accountability in financial management occurred in the involvement of all parties, and reporting of
accountability, while in the implementation of the financial system there was no increase.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 30 Apr 2020 05:44
Last Modified: 30 Apr 2020 06:58
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/2255

Actions (login required)

View Item View Item