Pengembangan bahan ajar majalah materi wakaf mata pelajaran pai dan budi pekerti untuk siswa SMA Kelas X

Sa'diah, Halimatus (2019) Pengembangan bahan ajar majalah materi wakaf mata pelajaran pai dan budi pekerti untuk siswa SMA Kelas X. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Halimatus Sa'diah-1401111835.pdf

Download (1MB)

Abstract

Bahan ajar merupakan salah satu hal yang penting dalam kegiatan pembelajaran. Tanpa adanya bahan ajar, kegiatan pembelajaran menjadi tidak efektif. Guru sebagai salah satu komponen penting dalam pembelajaran dituntut untuk kreatif dan inovatif, agar dapat menarik minat siswa dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara, siswa cenderung cepat bosan dan materi “wakaf” cukup sulit untuk dimengerti khususnya apabila siswa tersebut berlatar belakang dari sekolah umum. Terlebih media yang digunakan dalam
pembelajaran cenderung monoton. Hal tersebutlah yang menjadi acuan peneliti
untuk mengembangkan bahan ajar berbentuk cetak yaitu majalah. Tujuan dalam
penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis kelayakan bahan ajar majalah, serta untuk mengetahui respon pendidik dan peserta didik terhadap bahan ajar tersebut.

Jenis penelitian ini menggunakan metode research and development, dengan menggunakan model ADDIE. Prosedur pengembangan melalui 5 tahapan, yaitu tahapan analysis, tahapan design, tahapan development, tahapan implementation dan tahapan evaluation. Instrumen penilaian yang digunakan untuk mengetahui kualitas majalah adalah dengan lembar angket yang mencakup beberapa komponen kelayakan materi/isi, komponen kebahasaan, dan komponen penyajian.

Kualitas majalah yang dikembangkan berdasarkan hasil penilaian tiap aspek oleh ahli materi, ahli media, dan siswa kelas X menunjukkan bahwa bahan ajar majalah dengan materi wakaf mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas X di SMAN 4 memiliki kategori kelayakan “Sangat Baik” hal ini didasarkan pada perolehan persentase akhir menggunakan skala likert, nilai yang diperoleh ialah 86% dengan interval skor 81 – 100%. Berdasarkan hal tersebut dapat dinyatakan bahwa bahan ajar majalah yang dikembangkan sudah dikatakan layak untuk digunakan dalam pembelajaran.

ABSTRACT

Teaching material is one of the important things in learning activities. Without teaching materials, learning activities become ineffective. Teachers as one of the important components in learning are required to be creative and innovative so that they can attract students' interest in learning. Based on the results of observations and interviews, students tend to get bored quickly and the material "waqf" is quite difficult to understand especially if the student is from a
public school background. Moreover, the media used in learning tends to be
monotonous. This is the researchers' reference for developing printed teaching
materials, namely magazines. The purpose of this study was to determine and
analyze the feasibility of magazine teaching materials, as well as to determine the response of educators and students to these teaching materials.

This type of research uses research and development methods, using the ADDIE model. The development procedure goes through 5 stages, namely the analysis stage, the design stage, the development stage, the implementation stage, and the evaluation stage. The assessmentinstrument used to determine the quality of the magazine is a questionnaire sheet that includes some material/content eligibility components, linguistic components, and presentation components.

The quality of the magazine that was developed based on the results of the assessment of each aspect by material experts, media experts, and class X students shows that the teaching material of the magazine with waqf material for
Islamic Religious Education Class X in SMAN 4 has a category of "Very Good"
this is based on the acquisition the final percentage uses a Likert scale, the value
obtained is 86% with an interval score of 81-100%. Based on this it can be stated
that the magazine teaching material developed has been said to be feasible for use in learning.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar; Majalah;
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: puttry puttry
Date Deposited: 22 Apr 2020 08:26
Last Modified: 22 Apr 2020 08:26
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/2209

Actions (login required)

View Item View Item