Implementasi metode Mind Mapping dalam meningkatkan Minat Belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas x mipa SMAN 2 Palangka Raya

Anjani, Indah Ayu (2019) Implementasi metode Mind Mapping dalam meningkatkan Minat Belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas x mipa SMAN 2 Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Skripsi Indah Ayu Anjani-1501111979.pdf

Download (1MB)

Abstract

Mind Mapping menurut Tony Buzan dalam bukunya “buku pintar mind mapp”, Mind Mapping adalah suatu cara mencatat kreatif, efektif dan secara harfiah akan memetakan pikiran-pikiran. Penggunaan metode mind mapping dapat membuat siswa kreatif dan efektif memetakan peta pikiran yang digambarkan sehingga dalam proses pembelajaran siswa menjadi lebih bersemangat, tidak bosan dan lebih memperhatikan pembelajaran yang sedang berlangsung. Hal itulah yang membuat metode mind mapping dapat meningkatkan minat belajar siswa dalam proses pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini (1) Bagaimana minat belajar siswa kelas X MIPA di SMAN 2 Palangka Raya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam sebelum diterapkan metode mind mapping ? (2) Bagaimana Implementasi metode mind mapping dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas X MIPA SMAN 2 Palangka Raya ? (3) Bagaimana minat belajar siswa
kelas X MIPA SMAN 2 Palangka Raya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam setelah diterapkan metode mind mapping ?

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi eksperimen dengan
pedekatan kuantitatif dengan desain pre test dan post test kelompok kontrol dengan sampel 32 orang siswa kelas X MIPA SMAN 2 Palangka Raya yang beragam islam.Instrumen penelitian yang digunakan yaitu angket minat belajar. Analisis data menggunakan rumus rata-rata untuk mencari peningkatan minat belajar siswa setelah diterapkan metode mind mapping.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Hasil minat belajar siswa kelas X MIPA SMAN 2 Palangka Raya memenuhi kriteria baik, kriteria baik memiliki rentang antara 70-89. Hasil pre test minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam sebelum diterapkan metode mind mapping memperoleh skor pre test nilai tertinggi 78 dengan nilai B dengan tingkat minat baik, dan skor terendah 53 dengan nilai D dengan tingkat minat kurang, jumlah skor pre test adalah 2025 dengan rata-rata 63,28. 2) Hasil Implementasi metode mind mapping dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas X MIPA SMAN 2 Palangka Raya memperoleh skor implementasi metode mind mapping sebesar 100. 3) Hasil minat belajar siswa kelas X MIPA SMAN 2 Palangka Raya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam setelah diterapkan metode mind mapping memenuhi kriteria sangat baik. Kriteria sangat
baik memiliki rentang antara ≥ 90. Hasil post test nilai tertinggi sebesar 100 dengan nilai A dengan tingkat minat sangat baik, dan skor terendah 68 dengan nilai C dengan tingkat minat cukup, jumlah seluruh skor post test adalah 2505
dengan rata-rata 78,28

ABSTRACT

Mind Mapping according to Tony Buzan in his book "mind mapp smart book", Mind Mapping is a way to take notes creatively, effectively and literally will map thoughts. The use of mind mapping methods can make students creative and effective in mapping mind maps that are drawn so that in the learning process students become more excited, not bored and pay more attention to ongoing learning. That's what makes the mind mapping method can increase student learning interest in the learning process. The formulation of the problem in this study (1) How is the learning interest of students of Class X MIPA at SMAN 2 Palangka Raya in Islamic Religious Education subjects before applying the mind mapping method? (2) How is the implementation of the mind mapping method in increasing student learning interest in Islamic Religious Education subjects in Class X MIPA SMAN 2 Palangka Raya? (3) How is the interest in learning of class X MIPA SMAN 2 Palangka Raya students in Islamic Religious Education
subjects after applying the mind mapping method?

This study uses a quasi-experimental research with quantitative approach with a pre-test and post-test design of a control group with a sample of 32 students of class X MIPA SMAN 2 Palangka Raya which are diverse in Islam. The research instrument used was a questionnaire of interest in learning. Data analysis
uses the average formula to look for increased student interest in learning after applying the mind mapping method.

The results showed that 1) The results of students' interest in learning in class X MIPA SMAN 2 Palangka Raya met good criteria, good criteria had a range between 70-89. The results of pre-test students' interest in learning in
Islamic Religious Education subjects before applying the mind mapping method
obtained the highest pre-test score of 78 with a B value with a good level of interest, and the lowest score of 53 with a D value with less interest level, the total score of the pre-test was 2025 with an average of 63.28. 2) The results of the post test the highest value of 100 with an A value with a very good level of interest, and the lowest score of 68 with a value of C with a sufficient level of interest, the total number of post test scores was 2505 with an average of 78.28.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; minat; pendidikan agama islam
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: puttry puttry
Date Deposited: 14 Apr 2020 11:17
Last Modified: 14 Apr 2020 11:17
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/2168

Actions (login required)

View Item View Item