Pengembangan modul pembelajaran terintegrasi keislaman mata kuliah botani tumbuhan tinggi materi angiospermae kelas liliopsida

Swastika, Dicka Debby (2019) Pengembangan modul pembelajaran terintegrasi keislaman mata kuliah botani tumbuhan tinggi materi angiospermae kelas liliopsida. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Skripsi Dicka Debby Swastika-1501140414.pdf

Download (1MB)

Abstract

Modul pembelajaran terintegrasi keislaman mata kuliah Botani Tumbuhan Tinggi materi angiospermae kelas liliopsida merupakan produk yang dikembangkan berdasarkan dari analisis belajar mahasiswa di Tadris Biologi IAIN Palangka Raya. Observasi lapangan menyatakan bahwa rendahnya hasil
belajar mahasiswa di tahun 2013 yaitu dengan persentase 52,38% mendapatkan
nilai di bawah KKM, maka perlu adanya bahan ajar yang lebih efisien, untuk
mendukung proses belajar mahasiswa secara mandiri. Tujuan dari penelitian ini
yaitu untuk mengetahui validitas, efektifitas dan kepraktisan modul pembelajaran terintegrasi keislaman mata kuliah Botani Tumbuhan Tinggi materi angiospermae kelas liliopsida.

Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Uji produk terdiri dari uji skala kecil dan uji skala
besar. Pada pengujian skala besar dilakukan dengan desain Nonequivalent Control Group yaitu adanya kelas kontrol dan kelas eksperimen. Instrumen yang
digunakan berupa angket validitas ahli, angket respon mahasiswa, angket observasi keterlaksanaan dan soal efektifitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai validasi ahli materi memperoleh persentase 83,60% dengan kriteria valid, validasi ahli integrasi memperoleh persentase 82% dengan kriteria valid dan validasi ahli media memperoleh persentase 80% dengan kriteria valid dan dapat digunakan pada tahap selanjutnya. Sedangkan nilai kepraktisan memperoleh rata-rata 4 atau persentase 91,41 dengan kriteria sangat baik dan keterlaksanaannya memperoleh persentase 99,15% dengan kriteria sangat berhasil. Hasil belajar mahasiswa kelas kontrol dengan rata-rata N-gain 0,20 kriteria rendah dan kelas eksperimen dengan rata-rata N-gain 0,77 kriteria tinggi. Berdasarkan hasil penelitian maka produk berupa modul pembelajaran terintegrasi keislaman mata kuliah Botani Tumbuhan Tinggi materi angiospermae kelas liliopsida dinyatakan valid, efektif dan praktis serta dapat digunakan sebagai penunjang pembelajaran pada mata kuliah Botani Tumbuhan Tinggi

ABSTRACT
The Islamic integrated learning module of tall plants botany course angiosperm class liliopsida it is developed based on Biology Education of IAIN Palangka Raya. Initial observation present 52,38% of the student result in 2013 are below the minimum criteria. In order to drive an independent learning process there should be a more effective learning materials. The aims of this research are to determine the validity, effectiveness, and efficicency of the Islamic integrated
learning module off tall plans botany course Angiosperm class Liliopsida.

The type of this study is Reseach and Development (R&D) by applying ADDIE development model. The product assessment includes minor and major assessment. The major assessment, it applies Nonequivalent Controled Group by having monitored group and experimental group. The research instrument used are in the form of expert validity questionarire, student response questionnaire, implementation questinonnaire and effectiveness questions. The result of the study show 83,60% of topic expert validation by the criteria of valid, 82% of integrated expert validation by criteria of valid and 80% of media expert validation by the criteria of valid. Meanwhile the average score of efficiency is 4 or 91,41% by the criteria very good, and the implementation score is 99,15% by the criteria of excellent. The student result of monitored group scores N-gain average 0,20 by criteria low and the experimental group scores N-gain average by 0,77 by criteria high. Based on the result of the study, the product,an Islamic integrated learning module of tall plant botany course Angiosperm class Liliopsida is considered to be valid, efficient, also able to drive the learning activities in tall plans botany course.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Pendidikan biologi
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences > 069999 Biological Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan IPA > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 10 Apr 2020 10:37
Last Modified: 10 Apr 2020 10:41
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/2159

Actions (login required)

View Item View Item