Pendidikan Tahafidzul Qur'an dalam keluarga (Studi kasus keluarga qonita di kota Palangka Raya)

Hidayah, Amanda Tri Swari (2019) Pendidikan Tahafidzul Qur'an dalam keluarga (Studi kasus keluarga qonita di kota Palangka Raya). Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Skripsi Amanda Tri S.-1501112002.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan tahfidzul Qur‟an yang dilakukan keluarga Qonita di kota Palangka Raya sangat menarik, di mana delapan anak beliau hafal Al-Qur‟an seperti Hamzah (10 juz), Qonia (7 juz), Qosita (30 juz), Zahfan (2 juz), Fauzan (30 juz), Qodisya (menginjak 2 juz), Qorri Aina (hampir 1 juz) dan Qodira (1/2 juz) dan mereka menghafal tanpa ada paksaan. Keluarga Qonita telah memberikan pendidikan dan dukungan, baik secara eksternal maupun internal terhadap anak-anaknya, sehingga mampu bekerja sama berproses menghafal Al-Qur‟an.Melakukan pendidikan tahfidzul Qur‟an dalam keluarga tentu bukan hal mudah dibutuhkan strategi, metode, orang yang berperan, sarana prasarana dan lain-lain yang memotivasi anak untuk melaksanakan tahfidzul Qur‟an di keluarga. Hal ini merupakan hal yang menarik untuk di kaji sehingga rumusan penulisan ini adalah “Bagaimana pelaksanaan pendidikan tahfidzul Qur‟an di keluarga Qonita di kota Palangka Raya”. Adapun penelitian ini bertujuan untuk “mendeskripsikan bagaimana pendidikan tahfidzul Qur‟an di keluarga Qonita di kota Palangka Raya”.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskristif. Objek penelitian ini adalah Keluarga Qonita. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara
wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun teknik pengabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi. Teknik analisis data dilakukan dengan tahap: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi.

Pendidikan tahfidzul Qur‟an di keluarga Qonita direnanakan saat anak masih berada di dalam kandungan guna menumbuhkan rasa cinta anak terhadap Al-Qur‟an, setelah anak lahir anak didengarkan dengan Al-Qur‟an, lalu dibuat kegiatan-kegiatan yang memfasilitasi anak menghafal, anak diajarkan bekerja sama untuk berproses menghafal di mana anak yang hafal akan membantu saudaranya menghafal. Hafalan setiap harinya tidak ditarget berapa ayat harus hafal semua disesuaikan dengan kemamuan masing-masing. Pelaksanaan
pendidikan tahfidzul Qur‟an dilaksanakan dengan strategi memberikan contoh langsung sehingga anak akan tertrik dengan kebiasaan yang dilakukan orang tuanya, dalam menghafal juga tidak berali ayat lain sebelum ayat yang dihafal lancar dan disetorkan kepada pengampu. Metode pengulangan sampai ayat yang dihafal lancar baru melanjutkan. Evaluasi tahfidzul Qur‟an dilakukan dengan cara
menyetorkan kepada pengampu (ayah, ibu atau saudara) memberikan pengajaran kepada orang lain, memberikan pendidikantambahan, dan mengikut sertakan anak lomba MTQ

ABSTRACT
The tahfidzul Qur‟an education by Qonita family is very interesting in Palangka Raya, where he has eight children who memorized Qur‟an such as (Hamzah (10 juz), Qonia (7 juz), Qosita (30 juz), Zahfan (2 juz), Fauzan (30 juz), Qodis (step on 2 juz), Qorri Aina (almost 1 juz) dan Qodira (1/2 juz) and they memorize without coercion. The Qonita family has provided education and support, both externally and internally to their children, so that they are able to work together to memorize the Qur'an. Doing tahfidzul Qur'an education in family is certainly not an easy thing and need strategy, methods, people who play a role, infrastructure and others that motivate children to carry out tahfidzul Qur‟an in family. This is an interesting thing to examine with one research problem: "How is the implementation of tahfidzul Qur‟an education in Qonita family in Palangka
Raya City". And the purpose of the study is "To describe how is the tahfidzul
Qur‟an education in Qonita family in Palangka Raya City".

This study uses descriptive qualitative method. The object of this study is Qonita Family. Data collection techniques carried out by interview, observation and documentation. The data validation technique is done by triangulation. Data
analysis techniques were carried out in stages: data collection, data reduction, data presentation, conclusion and verification.

Tahfidzul Qur‟an education in Qonita family is planned when the child is in the womb, in order to foster a child's love for the Qur'an, after the child is born, the child is listened to the Qur'an, then activities are made to facilitate children's memorization, children are taught to work together to process memorization where children who memorize will help their relatives to memorize. Every day is memorization and do not have target how many verses must be memorized, all tailored to their respective desires. The implementation of tahfidzul Qur‟an
education is carried out with the strategy of giving direct example, so that children
will be interested in their parents habit, in memorizing also do not switch to another verse before the verse that is memorized smoothly and check memorization to the examiner. The method of repetition until the verse is memorized smoothly then continued. Evaluation of tahfidzul Qur'an is done by memorize through the examiner (father, mother or sibling) giving instruction to others, providing additional education, and involving children to contribute in MTQ event.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Tahfidzul Qur'an; Pendidikan Agama Islam
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 09 Apr 2020 09:00
Last Modified: 09 Apr 2020 09:00
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/2156

Actions (login required)

View Item View Item