Analisis proses pembelajaran pai di kelas viii SMP Negeri 11 Palangka Raya

Nurcahyo, Nanang Ismu (2019) Analisis proses pembelajaran pai di kelas viii SMP Negeri 11 Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Skripsi Nanang Ismu Nurcahyo-1301111754.pdf

Download (844kB)

Abstract

Penelitian ini bertolak dari standar proses pembelajaran yang mengacu pada
standar proses SISDIKNAS.Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan Analisis Proses Pembelajaran PAI Di Kelas VIII SMP Negeri 11 Palangka Raya. Dengan fokus pada penelitian ini adalah Untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 11
Palangka Raya.

Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui Proses Pembelajaran PAI di kelas VIII disekolah SMP 11 Palangkaraya.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dilaksanakan di
SMP Negeri 11 Palangka Raya. Subyek penelitian ini adalah Guru Pendidikan
Agama Islam, sedangkan informannya yaitu Guru bagian kurikulum. Data dikumpulkan melalui metode wawancara, dokumentasi dan observasi. Untuk mengetahui keabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi dengan memanfaatkan penggunaan teknik triangulasi sumber. Data dianalisis dengan
analisis interaktif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan verifikasi data.

Berdasarkan hasil analisis data peneliti memperoleh temuan sebagai berikut: (1) Guru Pendidikan Agama Islam memiliki dokumen perencanaan pembelajaran berupa silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dibuat pengurus Kelompok Kerja Guru Agama Islam tingkat Kota Palangka Raya yang selanjutnya dikembangkan secara mandiri sesuai dengan kebutuhan pembelajaran. (2) Pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru pendidikan agama Islam, jumlah peserta didik sudah memenuhi jumlah minimum rombongan belajar satuan pendidikan berjumlah 20 siswa, buku pembelajaran sudah menggunakan buku K13. Guru Agama Islam dalam pelaksanaan proses pembelajaran telah memenuhi ketentuan pendekatan saintifik melalui kegiatan praktikum membaca Al Quran dengan baik dan benar guru memfasilitasi kegiatan mulai dari menanya, mengamati, mengeksplorasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan. Penerapan berbagai pendekatan atau metode pembelajaran sudah berjalan dengan baik
meskipun masih ada beberapa kendala.

ABSTRACT

The background of this research is the learning process standard that accordance with the SISDIKNAS processes. The purpose of this research is; to describe the learning process of Islamic Education at grade VIII SMPN 11 Palangka Raya. The focuses of this research are; to recognize the planning and implementing of Islamic Education and moral values at SMPN 11 Palangka Raya.

This research aimed to recognize the learning process of Islamic Education
at grade VIII SMPN 11 Palangka Raya.
The research method used was descriptive qualitative. It was carried out at
grade VIII SMPN 11 Palangka Raya.

This research was started on September 12th, 2019. The subjects were; Islamic Education teacher and the curriculum committee as informant. The data collections techniques used were; interviews, documentation, and observation.The data were validated by triangulation techniques of sources. The data analyses used were; data reduction, data description and data verification.

Based on the results of this research were acquired that; (1) Islamic education teacher had documents of learning plan (syllabus and lesson plan) that had been made by Islamic Education teacher committee in Palangka Raya City. These documents were developed independently by teachers based on learning needs. (2) The implementation of learning was done by Islamic education teacher. The total number of participants had fulfilled the minimum number of study group. The group consisted of 20 students. The process of learning used 2013 curriculum books. In implementing of learning process, Islamic education teacher had fulfilledthe scientific approach. It was implemented by reciting Qur’an practice carefully and correctly. The teacher assisted students by asking questions, observing, exploring, associating and communicating. Some learning approaches and learning methods were implemented effectively although there were some obstacles.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran; Pendidikan Agama Islam
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: puttry puttry
Date Deposited: 06 Apr 2020 05:00
Last Modified: 06 Apr 2020 05:01
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/2137

Actions (login required)

View Item View Item