Mardiana, Nana (2019) Kemampuan guru dalam menerapkan pembelajaran tematik kelas iv di SDN 3 Tanjung Pinang Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
Text
Skripsi Nana Mardiana-1501170030.pdf Download (1MB) |
Abstract
Pembelajaran tematik gabungan antara satu mata pelajaran dengan mata pelajaran lainnya sehingga membuat proses pembelajaran menjadi bermakna untuk peserta didik yang mana tematik adalah tema-tema sebagai pemersatu untuk mengembangkan ranah kognitif, afektif dan psikomotorik. Persiapan tersebut membutuhkan peran serta pemerintah dalam memberikan sosialisasi kepada guru-guru tentang implementasi Kurikulum 2013 khususnya penerapan pembelajaran berbasis tematik. Penulis tertarik untuk mengangkat judul “Kemampuan Guru dalam Menerapkan Pembelajaran Tematik Kelas IV di SDN 3 Tanjung Pinang Palangka Raya”. Tujuan penelitian adalah untuk 1) Mendeskripsikan kemampuan guru dalam menyusun perencanaan pembelajaran tematik kelas IV. 2) Mendeskripsikan kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran tematik kelas IV. 3) Mendeskripsikan kemampuan guru dalam evaluasi pembelajaran tematik kelas IV.
Penelitian ini menggunakan metode campuran/kombinasi (mixed methodology), bertujuan untuk meneliti fenomena yang ada pada objek penelitian adalah kemampuan guru menerapkan pembelajaran tematik di kelas IV. Sedangkan subyek penelitian ini adalah guru kelas IV SDN 3 Tanjung Pinang
Palangka Raya yang sangat diutamakan adalah mengungkap makna, yaitu makna
dan proses pelaksanaan pembelajaran tematik. yang menjadi informan adalah
kepala sekolah SDN 3 Tanjung Pinang Palangka Raya. Adapun teknik mengumpulan data melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen yang dikumpulkan dalam pengumpulan data yaitu dengan menggunakan angket. Kemudian data dianalisis dengan 4 tahapan yaitu Data
Collection, Data Reduction, Data Display, Conclusing Drawing.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Guru melakukan perencanaan pembelajaran tematik sudah sesuai dengan kriteria perangkat pembelajaran yaitu menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran, menentukan indikator, metode, langkah mengajar, menentukan alokasi waktu, media dan sumber pengajaran, dan merencanakan penilaian berpedoman pada kurikulum, dengan presentase 80% kategori tinggi. 2) Guru melaksanakan pembelajaran tematik dengan
menyampaikan bahan pengait atau bahan apersepsi, memotivasi siswa, menyampaikan bahan, mengorganisasi peserta didik, memadukan mata pelajaran, menyimpulkan pelajaran dan memberi tindak lanjut, dengan presentase 78,2% kategori tinggi. 3) Guru melaksanakan evaluasi dan penilaian selama proses belajar mengajar berlangsung, dengan presentase 73,3% kategori tinggi.
ABSTRACT
Thematic learning combines one subject with another made the learning process meaningful for learners where thematic themes are unifying to develop cognitive, affective and psychomotor domains. The preparation requires the participation of the government in providing socialization to teachers about the implementation of the 2013 Curriculum in particular the application of thematic-based learning. The reseracher was interested in raising the title "Teacher's Ability in applying Thematic Learning Class IV in SDN 3 Tanjung Pinang Palangka Raya". The research aims to 1) Describe the ability of teachers in preparing thematic class IV learning plans. 2) Describe the ability of teachers in carrying out the thematic learning class IV. 3) Describe the ability of teachers in the evaluation of thematic learning class IV.
This research used mixed methodology (mixed methodology), aims to examine the phenomena that exist on the object of research was the ability of teachers to apply thematic learning in class IV. While the subject of this research was the fourth grade teacher in SDN 3 Tanjung Pinang Palangka Raya, which was highly prioritized to reveal meaning, namely the meaning and process of implementing thematic learning. the informant was the principal of SDN 3 Tanjung Pinang Palangka Raya. The technique of collecting data through observation, interviews and documentation. The instruments collected in data collection are using a questionnaire. Then the data were analyzed with 4 stages namely Data Collection, Data Reduction, Data Display, Conclusing Drawing.
The results showed that 1) The teacher made a thematic learning plan that was in accordance with the criteria of the learning device that was compiling the
lesson plan, determining the indicators, methods, steps of teaching, determining
the allocation of time, media and teaching resources, and planning the assessment
based on the curriculum, with the percentage of 80% the category high. 2) The teacher carried out thematic learning by conveying hooks or apperception material, motivating students, delivering material, organizing students, integrating
subjects, concluding lessons and giving follow-up, with the percentage of 78,2%
the category high. 3) The teachers carried out evaluation and assessment during the teaching and learning process with the percentage of 73,3% and the category high.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran tematik; Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (MI) |
Depositing User: | puttry puttry ekaputri |
Date Deposited: | 06 Apr 2020 04:45 |
Last Modified: | 06 Apr 2020 04:48 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/2136 |
Actions (login required)
View Item |