Kompetensi kepribadian guru pendidikan agama islam di SMPN 2 Palangka Raya

Nurjannah, Siti (2019) Kompetensi kepribadian guru pendidikan agama islam di SMPN 2 Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Skripsi Siti Nurjanah-1401111818.pdf

Download (763kB)

Abstract

Kompetensi kepribadian merupakan modal dasar bagi guru, khususnya dalam perilaku sehari-hari. Kompetensi kepribadian seorang guru berpengaruh terhadap proses belajar mengajar, karena guru akan menciptakan suasana yang menyenangkan bagi para siswa seperti kedekatan baik secara lahir maupun batin, yang semua itu itu dapat memunculkan semangat untuk belajar.

Berdasarkan uraian diatas, maka secara umum masalah yang dirumuskan dalam penelitian ini, yakni bagaimana kompetensi kepribadian guru Pendidikan Agama Islam terhadap di SMPN 2 Palangka Raya. Penelitian ini bertujuan untuk mendekripsikan kompetensi kepribadian guru Pendidikan Agama Islam terhadap di SMPN 2 Palangka Raya.

Metode yang digunakan penelitian ini melalui pendekatan kualitatif atau bersifat deskriftif yaitu berupa kata-kata, gambar dan bukan angka angka. Penggalian data dilakukan dengan observasi dan wawancara kepada semua guru PAI yang dipegang masing-masing guru kelas yang berjumlah 6 orang.Pengabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi teknik.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa 5 kompetensi kepribadian menurut Permendiknas No.16 Th 2007, antara lain bertindak sesuai dengan norma agama,
hukum, sosial dan kebudayaan nasional Indonesia, menampilkan diri sebagai
pribadi yang jujur, berakhlak mulia, dan teladan bagi peserta didik dan masyarakat, menampilkan diri sebagai pribadi yang mantap, stabil, dewasa, arif dan berwibawa, menunjukkan etos kerja,tanggung jawab yang tinggi, rasa bangga menjadi guru, dan rasa percaya diri, dan menjunjung tinggi kode etik profesi guru,
menyatakan bahwa guru Pendidikan Agama Islam di SMPN 2 Palangka Raya sudah melaksanakan dengan baik.

ABSTRACT

The personality competence is the basic capital for teachers, especially in their daily activities. The personality competence of the teacher is influence on
learning an teaching process because the teacher would create fun atmosphere for
the students, like the cloness either outer and inner, all of that can bring passion to study.

Based on the description above, in general the problem formulated in this study, namely how the personal competence of Islamic Religious Education teachers at SMPN 2 Palangka Raya. This study aims to describe the personality competence of Islamic Religious Education teachers at SMPN 2 Palangka Raya.

The method use in this study through a qualitative approach or descriptive
is in the form of words, images and not numbers. Data collection was carried out
by observing and interviewing all islamic education teachers held by each class teacher, amounting to 6 people. Validation of the data use is technique triangulation.

The results showed that 5 personality competencies according to Permendiknas No.16 Th 2007, among others acted in accordance with Indonesian national religious, legal, social and cultural norms, presented themselves as honest, noble, and role models for students and the community, displaying self as a person who is steady, stable, mature, wise and authoritative, shows a work ethic, high responsibility, pride in being a teacher, and self-confidence, and upholds the code of ethics of the teaching profession, states that Islamic Religious Education
teachers at SMPN 2 Palangka Raya has implemented it well

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kepribadian guru
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: puttry puttry
Date Deposited: 02 Apr 2020 06:12
Last Modified: 03 Apr 2020 07:10
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/2121

Actions (login required)

View Item View Item