Almajid, Untung (2019) Penerapan strategi cooperative learningtipe jigsaw pada mata pelajaran pai materi saling menasihati dalam islam kelas xi di SMKN YPSEI Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
Text
Skripsi Untung Almajid-1501111974.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini didasari dari kendala yang muncul disaat proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas XI DI SMKN YPSEI Palangka Raya, yaitu siswa yang kurang pandai merasa minder apabila digabungkan dengan temannya yang kurang pandai, adanya ketergantungan pada siswa lainnya dan Keadaan kelas yang ramai sehingga membuat siswa bingung. Dan Rumusan Masalah dalam penelitian ini yaitu : 1) Bagaimana perencanaan Strategi
Cooperative Learning Tipe Jigsaw Pada Pelajaran PAI kelas XI DI SMKN YPSEI
Palangka Raya. 2) Bagaimana penerapan Strategi Cooperative Learning Tipe Jigsaw Pada Pelajaran PAI kelas XI DI SMKN YPSEI Palangka Raya.
Penelitian ini bertjuan untuk : 1) Mendeskripsikan perencanaan Strategi
Cooperative Learning Tipe Jigsaw pada pelajaran PAI kelas XI DI SMKN YPSEI Palangka Raya. 2) Mendeskripsikan Penerapan Strategi Cooperative Learning Tipe Jigsaw pada pelajaran PAI kelas XI DI SMKN YPSEI Palangka Raya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis kualitatif deskriptif. Subjek penelitian Subjek dalam penelitian ini adalah 1 guru Pendidikan Agama Islam di SMKN YPSEI Palangka Raya dan Siswa kelas XI sebagai responden. Agar data lebih akurat, maka penulis menjadikan
kepala sekolah sebagai informan. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan verivikasi.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Perencanaan penerapan strategi pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw pada pelajaran Pendidikan Agama Islam yang dibuat oleh guru dalam Program tahunan, Program Semester dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sudasesuai, dan dapat dilaksanakan dalam pembelajaran. 2) penerapan strategi Cooperative Learning
Tipe Jigsaw terlaksana dengan baik sesuai dengan sintaks dan RPP yang dibuat oleh guru yang menerapkan. Berdasarkan data yang didapat pada pertemuan pertama guru menggunakan sintak metode Jigsaw poin 1-3, pertemuan kedua menggunakan sintak metode Jigsaw poin 4-5, dan pertmuan ketiga menggunakan sintak metode Jigsaw poin 6-8. Dari setiap pertemuan guru membagi sintak
Metode Jigsaw menjadi tiga bagian
ABSTRACT
This study is based on the obstacles that arise during the learning process of Islamic Religious subject in class XI at senior high school YPSEI Palangka Raya, such as students who are not smart feel inferior when combined with their friend who are less clever, the dependence on other students and the crowded classroom conditions that make students confused.
The research problems in this study are: 1) How to plan the Cooperative Learning Strategies Jigsaw at Islamic Religious subject in class XI SMKN YPSEI Palangka Raya. 2) How to implement the Jigsaw of Cooperative Learning Strategy at Islamic Religious subject in class XI SMKN YPSEI Palangka Raya.The purpose of this study is to know: 1) How to plan the Cooperative Learning Strategies Jigsaw at Islamic Religious subject in class XI SMKN YPSEI Palangka Raya. 2) How to implement the Jigsaw of Cooperative Learning Strategy at Islamic Religious subject in class XI SMKN YPSEI Palangka Raya.
This study used a qualitative descriptive method, were the subjects in this research is one of the teachers of Islamic Religious subject and the students in
class XI SMKN YPSEI Palangka Raya as respondent. To get the accurate data, the researcher makes the headmaster as an informant. Data collection techniques in this study are observation, interview and documentation. To analyze the data the researcher use data reduction, data presentation and verification.
The result of this study shown: 1) Planning the implementation of a Jigsaw
Cooperative Learning strategy on Islamic Religious subject which made by teachers in the annual Program, Semester Program and lesson plan is appropriate, and can be implemented in learning. 2) The implementation of learning strategy
based on learning problems is implemented well according to the syntax and lesson plans which made by the teacher. Based on the data obtained at the first meeting the teacher used the syntax of the Jigsaw method in number 1-3, the second meeting used the syntax of the Jigsaw method in number 4-5, and the third meeting used the syntax of the Jigsaw method in number 6-8. From each meeting the teacher divides the syntax of the Jigsaw Method into three parts.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi pembelajaran; pembelajaran kooperative ;jigsaw |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | puttry puttry ekaputri |
Date Deposited: | 02 Apr 2020 05:22 |
Last Modified: | 03 Apr 2020 07:06 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/2118 |
Actions (login required)
View Item |