Wahdah, Nurul and Wulandari, Andini (2017) Pengaruh Perbedaan Latar Belakang Pendidikan Terhadap Penggunaan Strategi Belajar Bahasa Arab di IAIN Palangka Raya. In: Konprensi Nasional bahasa Arab III, 27 Oktober 2017, Malang.
Text
Pengaruh.pdf Download (348kB) |
Abstract
Penelitian causal comparative ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perbedaan latar belakang terhadap penggunaan strategi belajar bahasa Arab yang dipilih para mahasiswa di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya. Jumlah sampel penelitian 142 mahasiswa. Tehnik pengumpulan data dengan menggunakan angket strategi belajar bahasa dengan nama Strategy Inventory For Language Learning (SILL, Oxford 1990). Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial berupa arithmatic mean dan one way analysis of variance (ANOVA). Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: 1) strategi Metakognitif menjadi strategi yang paling sering dilakukan oleh mahasiswa dengan rata-rata 2,71 dari lulusan SMU; 3,03 dari lulusan Madrasah Aliyah; dan 3,28 dari lulusan Pondok Pesantren, 2) Terdapat perbedaan signifikan dalam pemilihan strategi belajar bahasa Arab antara mahasiswa yang berasal dari sekolah Menengah Umum dengan Madrasah Aliyah, 3) Terdapat perbedaan signifikan dalam pemilihan strategi belajar bahasa Arab antara mahasiswa yang berasal dari sekolah Umum dengan mahasiswa yang berasal dari pesantren, 4) Tidak terdapat perbedaan signifikan dalam pemilihan strategi belajar bahasa Arab antara mahasiswa yang berasal dari Madrsah Aliyah dengan mahasiswa yang berasal dari pondok pesantren.
Item Type: | Conference (Paper) |
---|---|
Subjects: | 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2004 Linguistics > 200409 Arabic Linguistics > 20040909 'Ilmu al-Lughah al-Ijtima'iy (Arabic Sociolinguistics) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan Bahasa > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | usman usman usman |
Date Deposited: | 30 Mar 2020 01:14 |
Last Modified: | 30 Mar 2020 01:14 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/2102 |
Actions (login required)
View Item |