Khadijah, Khadijah (2019) Kualitas pelayanan pasien pada rumah sakit Islam PKU Muhammadiyah kota Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
Text
Skripsi Khadijah-1504120400.pdf Download (1MB) |
Abstract
Kompleksitas masalah kualitas pelayanan Rumah Sakit tidak saja terkait dengan keterbatasan sumber daya dan lingkungan, tetapi juga bersumber dari perbedaan persepsi diantara pemakai jasa pelayanan, petugas kesehatan, dan pemerintah atau penyandang dana terhadap ukuran kualitas pelayanan kesehatan di rumah sakit pada umumnya termasuk di Rumah Sakit Islam PKU Muhammadiyah hal ini menjadi suatu perhatian khusus, terlebih di kalangan umat Islam. Karena diawali dengan kurangnnya tenaga dan fasilitas, sebab dewasa ini dengan keadaan kondisi Rumah Sakit umum yang ada, sebagian masyarakat memerlukan pelayanan yang lebih spesifik. Kurangnya fasilitas dan SDM yang memerlukan pengkaderan sangat diperlukan. Jadi, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kualitas pelayanan yang diberikan kepada pasien dan Pelayanan dalam Islam berdasarkan MUKISI di Rumah Sakit Islam PKU Muhammadiyah. Dengan rumusan masalah: Bagaimana Kualitas pelayanan pasien pada Rumah Sakit Islam PKU Muhammadiyah Palangka Raya? dan Bagaimana Pelayanan dalam Islam berdasarkan MUKISI di Rumah Sakit Islam PKU Muhammadiyah Kota Palangka Raya?.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah pasien rawat inap dan karyawan rumah sakit. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan yang diberikan oleh Rumah Sakit Islam PKU Muhammadiyah Kota Palangka Raya sudah memberikan pelayanan yang cukup baik, berdasarkan lima indikator kualitas pelayanan: Bukti langsung, hasil ini menunjukkan bahwa dari segi fasilitas ruangan sudah yang diberikan cukup baik, Empati, yang menunjukkan bahwa pelayanan di Rumah Sakit mampu memberikan komunikasi yang baik dan memahami kebutuhan para pasien, Kehandalan, mampu memberikan pelayanan yang dijanjikan dan memuaskan bagi pasien dalam hal detailnya pemeriksaan, Daya Tanggap, yang menunjukkan bahwa pelayanan di Rumah Sakit mampu memberikan pelayanan yang tanggap dan cepat selama, Jaminan, yang menunjukkan bahwa pelayanan di Rumah Sakit mampu memberikan sifat yang dipercaya, bebas dari bahaya, risiko atau keragu-raguan, pelayanan yang diberikan ditangangi dengan baik, tidak ada malpraktek yang dapat membahayakan keadaan pasien. Adapun pelayanan dalam Islam yang diberikan di Rumah Sakit Islam PKU Muhammadiyah Kota Palangka Raya adanya Bina Rohani Islam yang mana itu terkait dengan Holistic Health Care (HHC) sedangkan MUKISI masih dalam proses untuk ketahap sana. Dan untuk mengarah ke arah MUKISI itu harus memenuhi standar pelayanan yang telah ditetapkan minimal delapan standar pelayanan rumah sakit syariah.
ABSTRACT
The complexity of service quality issues Hospitals are not only related to limited resources and the environment, but also derived from the difference of perception among users of the services, health workers, and the government or donors to measure the quality of health care in hospitals in general, including in Islamic Hospital PKU Muhammadiyah it is becominga particular concern, especially among Muslims. Because it begins with a lack of personnel and facilities, because today the state of condition of the existing public hospital, some people require more specific services. Lack of facilities and human resources requires a cadre indispensable. Thus, this study aims to determine the extent to which the quality of services provided to patients and service in Islam is based MUKISI in Islam PKU Muhammadiyah Hospital. With the formulation of the problem: How Quality patient care in Islam PKU Muhammadiyah Hospital Palangkaraya? and How to Care in Islam is based MUKISI in Islam PKU Muhammadiyah Hospital of the city of Palangkaraya ?.
This research is a field research using descriptive qualitative research methods. The subjects in this study were hospitalized patients and hospital employees. Data collection techniques in this study using observation, interview, documentation.
These results indicate that the quality of services provided by the Islamic Hospital of PKU Muhammadiyah city of Palangkaraya already provide pretty good service, based on five indicators of quality of service: direct evidence, these results suggest that in terms of indoor facilities already provided quite good, Empathy, which indicates that the services at the hospital is able to provide excellent communication and understand the needs of patients, Reliability, able to provide the promised service and satisfaction to the patient in terms of detailed examination, responsiveness, which indicates that the services at the hospital is able to provide service that is responsive, Guarantees, which indicates that the services at the hospital is able to provide trustworthy nature, free from danger, risk or doubt, services provided tackles as well, there is no malpractice that can endanger the patient's condition. The services in Islam given in Islam PKU Muhammadiyah Hospital of the city of Palangkaraya their Islamic Spiritual Development which was associated with the Holistic Health Care (HHC) MUKISI while still in the process of ketahap there. And to point toward MUKISI it must meet the standards established service standards at least eight hospital services sharia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Konsep pelayanan |
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140208 Health Economics |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Islam > Program Studi Ekonomi Syariah |
Depositing User: | puttry puttry ekaputri |
Date Deposited: | 12 Feb 2020 02:11 |
Last Modified: | 12 Feb 2020 02:11 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/1889 |
Actions (login required)
View Item |