Pengaruh pendekatan discovery terhadap keterampilan proses sains dan tanggung jawab siswa materi saling ketergantungan dalam ekosistem kelas VII SMP Muhammadiyah Palangka Raya Tahun Ajaran 2014/2015

Ningsih, Rahmita (2015) Pengaruh pendekatan discovery terhadap keterampilan proses sains dan tanggung jawab siswa materi saling ketergantungan dalam ekosistem kelas VII SMP Muhammadiyah Palangka Raya Tahun Ajaran 2014/2015. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img]
Preview
Text
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak RN.pdf

Download (577kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf

Download (421kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf

Download (421kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III Metode Penelitian.pdf

Download (551kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV Hasil.pdf

Download (593kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V Penutup.pdf

Download (185kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara diketahui bahwa keterampilan proses sains siswa tidak tumbuh dengan baik hal ini disebabkan karena dalam pembelajaran materi saling ketergantungan dalam ekosistem dengan menggunakan metode ceramah dan hanya difokuskan pada aspek kognitif saja. Selain itu banyak dijumpai siswa yang kesulitan dalam berpartisipasi sebagai wujud tanggung jawab seperti tidak mengerjakan tugas yang diberikan, bahkan ada yang tidak mengerjakan sama sekali, malas belajar dan ribut dikelas. Oleh karena itu diperlukan upaya untuk melihat pengaruh pendekatan discovery terhadap keterampilan proses sains dan tanggung jawab siswa materi saling ketergantungan dalam ekosistem dengan pembelajaran konvensional kelas VII SMP Muhammadiyah palangka raya.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh pendekatan discovery terhadap keterampilan proses sains materi saling ketergantungan dalam ekosistem 2) keterampilan proses sains selama pembelajaran menggunakan pendekatan discovery materi saling ketergantungan dalam ekosistem, 3) tingkat tanggung jawab siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan pendekatan discovery materi saling ketergantungan dalam ekosistem. Penelitian ini termasuk penelitian quasi eksperimen dengan teknik random sampling (sampel acak), Pretes-Postest Non-Equivalent Control Group Design. Instrument yang digunakan adalah tes keterampilan proses sains, lembar observasi keterampilan proses sains dan angket tanggung jawab siswa. Populasi penelitian ini adalah kelas VII SMP Muhammadiyah Palangka Raya tahun jaran 2014/2015, sampel penelitian adalah kelas VII-1 berjumlah 32 orang siswa sebagai kelas kontrol dan kelas VII-3 berjumlah 32 orang siswa sebagai kelas eksperimen.

Hasil menunjukkan bahwa: a) Uji hipotesis dengan menggunakan rumus Uji-t menunjukkan pendekatan discovery berpengaruh terhadap keterampilan proses sains siswa pada kelas eksperimen dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran yang digunakan disekolah (model konvensional). Hal ini dapat dilihat berdasarkan nilai thitung sebesar 5,876 sedangkan ttabel pada taraf signifikan 5% sebesar 2,024 atau thitung > ttabel. Demikian dalam hal ini didapat ketentuan bila thitung > ttabel maka Haditerima dan Ho ditolak, artinya pendekatan discovery berpengaruh terhadap keterampilan proses sains dan tanggung jawab siswa. b) keterampilan proses sains dalam penelitian ini meliputi mengamati/observasi, memprediksi, merancang percobaan, melakukan percobaan dan mengklasifikasikan dengan kategori tinggi. c) tanggung jawab siswa tergolong dalam kategori baik meskipun ada beberapa sikap tanggung jawab siswa yang jelek.

ABSTRACT

Based on the observation and interview show that the students’ science proces skills cannot increase well, it caused by using lecturing in learning in the material of mutual dependence in ecosystem and also focusing on the cognitive aspect. In addition, it found that the students difficult to participate the responsibility formed as do not finish the assignment, moreover some students never doing the assignment, indolent to study, and make noisy in the class. So, it needs the effort to see the effect of discovery approach toward science process skill and the students’ responsibility on the mutual dependence in ecosystem at VII grade of junior high school Muhammadiyah Palangka Raya.

The research is aimed at investigating (1) the effect of discovery approach toward process sains skill and the students’ responsibility on the mutual dependence in ecosystem (2) the science process skill during learning using discovery approach on the mutual dependence in ecosystem, (3) the level of students’ responsibility after getting the learning with discovery approach on the mutual dependence in ecosystem. The research belongs to quasi-experiment with random sampling and pretest-posttest Non-Equivalent Control group design. The instrument used by test science process skill, the observation sheets of science process skill, and the questionnaire of students’ responsibility. The population was VII grade students of Junior Haigh School Muhammadiyah Palangka Raya 2014/2015 academic years, the samples of the population were VII-I consisted 32 students as control class and VII-3 consisted of 32 students as experiment class.

It showed that (a) the hypothesis test with using Uji-t showed that the discovery approach influenced toward the science process skill in the experiment class compared with using the learning model that used in the school (conventional model). It can be seen based on the value thitung 5,876 whereas t table in the level of significance 5 % = 2,024 or t hitung> t table. Thus, in this case could be determinate if t hitung> t table so, Ha accepted dan Ho rejected, it means the discovery approach influenced toward the process sains skill. b) the science process skill in the study included that observation, prediction, designed the trial, made the trial and the classification, the high category c) the responsibility student belongs to good category although some of them have bad responsibility.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Discovery; proses sains; tanggung jawab; ekosistem
Subjects: 05 ENVIRONMENTAL SCIENCES > 0501 Ecological Applications > 050102 Ecosystem Function
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan IPA > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: muchti muchti nurhidaya
Date Deposited: 19 Sep 2016 02:54
Last Modified: 19 Sep 2016 02:54
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/185

Actions (login required)

View Item View Item