Safitri, Adelina (2019) Strategi manajemen risiko pembiayaan pada Bank BNI Syariah kantor cabang palangka raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
Text
Skripsi Adelina Safitri - 15041100010.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penerapan manajemen risiko yang ada di Bank BNI Syariah telah berjalan sebagaimana mestinya dibuktikan tidak terdapatnya pembiayaan yang bermasalah, hal tersebut dikarenakan Bank BNI Syariah telah menerapkan strategi manajemen resiko diawal sebelum pembiayaan terjadi.Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui tentang jenis-jenis risiko yang ada di bank BNI Syariah kantor cabang Palangka Raya serta untuk mengetahui strategi manajemen risiko pembiayaan pada bank BNI Syariah kantor cabang Palangka Raya.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif, adapun subjek penelitian ini adalah Bank BNI Syariah kantor cabang Palangka Raya.Teknik pengumpulan datanya dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dengan mengumpulkan data dan informasi sejenis dari berbagai sumber yang berbeda.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 10 (sepuluh) jenis risiko yang ada di bank BNI Syariah kantor cabang Palangka Raya, tetapi khusus di bank cabang Palangka Raya hanya menerapkan 8 (delapan) risiko saja yang bisa terjadi. 10 jenis risiko tersebut meliputu : risiko pembiayaan, risiko pasar, risiko likuiditas, risiko operasional, risiko hukum, risiko reputasi, risiko strategis, risiko kepatuhan, risiko imbal hasil dan risiko investasi. Yang belum pernah terjadi yaitu risiko pasar dan risiko investasi, karena risiko pasar ini menggunakan dolar khusus di bank cabang pembiayaannya masih menggunakan rupiah, sedangka risiko investasi kenapa bank tidak menerapkannya yang pertama risiko ini sudah ada yang mengaturnya yaitu OJK. Sedangkan strategi apabila ada pembiayaan bermasalah atau macet bank BNI Syaraiah kantor cabang Palangka menerapkan 5 macam strategi yakni, pertama satu kali blokir angsuran, kedua petugas penagihan (collection), ketiga melakukan R3 (Rescheduling, Reconditioning, dan Restructuring) sesuai dengan 3 pilar yakni, kemampuan bayar nasabah, prospek usaha dan kinerja perusahaan, keempat strategi lelang, dan kelima hapus buku.
ABSTRACT
The implementation of risk management in BNI Syariah has been running as it should be proven that there are no problematic financing, it is because BNI Syariah Bank has implemented a risk management strategy at the beginning before the financing occurs. The purpose of this study is to find out about the types of risks that exist in bank BNI Syariah Palangka Raya branch office and to find out the financing risk management strategy at the bank BNI Syariah Palangka Raya branch office.
This research is a type offield researchusing a descriptive qualitative research approach, while the subject of this research is the Bank BNI Syariah Palangka Raya branch office. The data collection technique is by observation, interview and documentation. The data validation technique uses triangulation of sources by collecting data and similar information from a variety of different sources.
The results of this study indicate that there are 10 (ten) types of risks that exist in the BNI Syariah bank of the Palangka Raya branch office, but specifically in the Palangka Raya branch bank only applies 8 (eight) risks that can occur. The 10 types of risk include: financing risk, market risk, liquidity risk, operational risk, legal risk, reputation risk, strategic risk, compliance risk, return risk and investment risk. What has never happened is the market risk and investment risk, because this market risk uses a special dollar in the branch of the financing bank still uses the rupiah, whereas investment risk is why the bank did not apply the first. Whereas the strategy if there is a problematic or non-performing financing of the BNI Syaraiah bank of the Palangka branch office implements 5 kinds of strategies namely, firstly blocking installments, secondly collection (officerscollection), thirdly conducting R3 (Rescheduling, Reconditioning, and Restructuring) in accordance with 3 pillars namely, customers' ability to pay, business prospects and company performance, the four auction strategies, and the five write off books.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Resiko; Bank Syariah |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150205 Investment and Risk Management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Islam > Program Studi Perbankan Syariah |
Depositing User: | puttry puttry ekaputri |
Date Deposited: | 04 Feb 2020 01:02 |
Last Modified: | 04 Feb 2020 01:20 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/1847 |
Actions (login required)
View Item |