Strategi promosi dalam meningkatkan volume penjualan buku penerbit Erlangga di Kota Palangka Raya

Kanita, Maya (2019) Strategi promosi dalam meningkatkan volume penjualan buku penerbit Erlangga di Kota Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Maya Kanita- 1504120405.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian skripsi ini berjudul strategi promosi dalam meningkatkan volume penjualan buku Penerbit Erlangga di Kota Palangka Raya, difokuskan pada dua permasalahan yaitu: (1) Bagaimana strategi promosi yang dilakukan Penerbit Erlangga di Kota Palangka Raya? (2) Bagaimana dampak strategi promosi pada volume penjualan buku Penerbit Erlangga Kota Palangka Raya. Dari rumusan masalah tersebut maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi promosi yang dilakukan Penerbit Erlangga Kota Palangka Raya. Untuk mengetahu dampak strategi promosi pada volume penjualan buku Penerbit Erlangga Kota Palangka Raya.

Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek penelitianya adalah pimpinan Penerbit Erlangga di Kota Palangka Raya, superviior, dan sales. Adapun informan penelitian ini adalah pelanggan yang membeli buku Erlangga. Pengabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi sumber dan metode. Selanjutnya data diolah dan dianalisis dengan beberapa tahapan yaitu : pengumpulan data, penyajian data, conclusions, dan verifikasi.

Hasil penelitian ini adalah dalam melakukan strategi promosi yang dilakukan Penerbit Erlangga menggunakan bauran promosi yang terdiri dari 5 bauran diantaranya yaitu periklanan, personal selling, promosi penjualan, hubungan masyarakat dan juga pemasaran langsung. Dampak strategi promosi melalui dengan adanya 5 bauran promosi tersebut mempengaruhi penjualan buku penerbit Erlangga di Kota Palangaka Raya terlihat pada meningkatnya penjualan buku Penerbit Erlangga yaitu pada tahun 2017 sebanyak 115.000 eksemplar atau sebesar Rp 4.800.000.000 dan 2018 sebanyak 131.000 eksemplar atau sebesar Rp 5,900.000.000.

ABSTRACT
This thesis research entitled the promotion strategy in increasing the sales volume of Erlangga Publisher books in Palangka Raya City. This research focused on two problems namely to (1) How the promotion strategy carried out by the Erlangga Publisher in Palangka Raya City? (2) How does the impact of personal selling promotion strategies on the volume of book sales Erlangga Publisher in the City of Palangka Raya?. Based on the research problems above, the research objectives of this research is to find out promotional activities in the Erlangga Publisher at Palangka Raya City. Then, to find out the impact promotion strategies on the volume of book sales in the Erlangga Publisher at Palangka Raya City.

This research method uses descriptive qualitative approach. Data collection was carried out using interviews techniques. The subject of this research was the leader of the Erlangga Publisher in the Palangka Raya, the supervisor, and the sales. The informants of this research is costumers bought the Erlangga book. The validation of data was done by using triangulation data, sources, and theories. Furthermore, the data was processed and analyzed with several stages, namely: collecting data, presentation data, conclusions, and Verification.

The results of this study are in carrying out a promotion strategy carried out by Erlangga Publisher using a promotional mix consisting of 5 mix including advertising, personal selling, sales promotion, public relations and also direct marketing. The impact of the promotion strategy through the promotion of the 5 promotional mix influenced Erlangga's book sales in Palangaka Raya City, seen in the increase in Erlangga Publisher's book sales in 2017 as many as 115,000 copies or in the amount of Rp. 4,800,000,000 and 2018 as many as 131,000 copies or in the amount of Rp. 5,900,000,000 .

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi; Promosi;Pemasaran
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: Unnamed user with email daniaty_marina@yahoo.com
Date Deposited: 28 Jan 2020 04:17
Last Modified: 28 Jan 2020 04:17
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/1824

Actions (login required)

View Item View Item