Pengaruh metode simulasi melalui media gambar terhadap hasil belajar siswa pada materi ekosistem kelas VIII semester II di MTS Raudhatul Jannah Palangka Raya tahun pelajaran 2014/2015

Sari, Purnama (2015) Pengaruh metode simulasi melalui media gambar terhadap hasil belajar siswa pada materi ekosistem kelas VIII semester II di MTS Raudhatul Jannah Palangka Raya tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img]
Preview
Text
Abstrak PS.pdf

Download (414kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I PS.pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II PS.pdf

Download (541kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III PS.pdf

Download (472kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV PS.pdf

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V PS.pdf

Download (519kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI PS.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (14kB) | Preview

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) bagaimana pengaruh penggunaan metode simulasi melalui media gambar terhadap hasil belajar siswa pada materi ekosistem sub rantai makanan dan jaring-jaring makanan, dan (2) bagaimanan aktivitas siswa saat penggunaan metode simulasi melalui media gambar dengan aktivitas siswa penggunaan metode konvensional pada materi ekosistem sub rantai makanan dan jaring-jaring makanan.

Penelitian ini menggunakan penelitian quasi eksperimen dengan rancangan purposive sampling, Pretes-Postes Control Group Design. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar kognitif siswa, dan lembar pengamatan aktivitas siswa. Populasi penelitian adalah kelas VII semester 2 MTs Raudhatul Jannah Palangka Raya Tahun Pelajaran 2014/2015, sampel penelitian adalah kelas VIIA berjumlah 13 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIB berjumlah 10 orang sebagai kelas kontrol. Analisis data THB Pretes dan Postes menggunakan program SPSS versi 21.0 for windows.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar siswa kelas eksperimen dengan menggunakan pembelajaran metode simulasi melalui media gambar memiliki nilai rata-rata (79,23) sementara siswa yang belajar di kelas kontrol menggunakan metode konvensional memiliki nilai rata-rata (55,5) Analisis hipotesis pada pos-tes, gain dan N-gain menunjukkan terdapat pengaruh secara signifikan antara siswa yang diajarkan dengan metode simulasi melalui media gambar di kelas eksperimen dibandingkan siswa yang diajarkan dengan metode konvensional di kelas kontrol terlihat dari ketuntasan individu kelas eksperimen 10 orang siswa yang tuntas dari jumlah 13 orang siswa sedangkan kelas kontrol 5 orang siswa yang tuntas dari jumlah 10 orang siswa dan terlihat pula dari ketuntasan secara klasikal kelas eksperimen memiliki nilai presentase (76,92%) sedangkan kelas kontrol memiliki nilai presentase (50%) dan (2) aktivitas siswa penggunaan metode simulasi melalui media gambar memperoleh nilai presentase sebesar (81,69%) dengan kateori sangat baik sedangkan aktivitas siswa penggunaan metode konvensional memperoleh nilai presentase ssebesar (72,91%) dengan kategori baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Metode Simulasi; Media Gambar; Hasil Belajar
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences > 069999 Biological Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan IPA > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: muchti muchti nurhidaya
Date Deposited: 16 Sep 2016 07:27
Last Modified: 16 Sep 2016 07:27
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/182

Actions (login required)

View Item View Item