Persepsi karyawan terhadap pola komunikasi pemimpin rumah makan ayam penyet Surabaya cabang Palangka Raya

Fahri, Muhammad (2019) Persepsi karyawan terhadap pola komunikasi pemimpin rumah makan ayam penyet Surabaya cabang Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Muhammad Fahri - 1303110349.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pemimpin dan karyawan mempunyai peran yang sangat penting dalam menjalankan sebuah bisnis rumah makan, hubungan kerja yang baik tentunya membutuhkan pola komunikasi yang diterapkan dalam sebuah lingkungan kerja. Pola komunikasi pemimpin berpengaruh dengan loyalitas karyawan untuk meningkatkan produktivitas perusahaan. Efektifitas komunikasi pimpinan sangat ditentukan oleh persepsi dan interpretasi para karyawan. Rumah makan Ayam Penyet Surabaya merupakan brand usaha bisnis dari PT. Wong Solo Group, Di tengah persaingan rumah makan sejenis, mampu bertahan hingga saat ini dibandingkan dengan rumah makan yang lain. Rumusan masalah dalam penelitian ini bagaimana persepsi karyawan terhadap pola komunikasi pemimpin rumah makan Ayam Surabaya cabang Palangka Raya, dengan tujuan mengatahui para karyawan mempersepsi pola komunikasi pimpinannya menjadi hal penting untuk diungkapkan atau dideskripsikan.

Jenis penelitian yang digunakan yaitu kualitatif yang bersifat lapangan (Field Research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif diskriftif. Berlokasi rumah makan Ayam Penyet Surabayadi cabang Palangka Raya. Pengumpulan data yang digunakan observasi, dan wawancara, dengan menggunakan Teknik purposive sampling. Data-data yang diperoleh dicek keabsahannya. Data yang terkumpul dipaparkan berdasarkan klasifikasi sehingga tergambar persepsi karyawan terhadap pola komunikasi dari fokus masalah yang dikaji kemudian diinterpretasikan sehingga mendapat jawaban dari fokus penelitian.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan tentang persepsi karyawan terhadap pola komunikasi pemimpin rumah makan Ayam Penyet Surabaya cabang Palangka Raya maka dapat simpulkan yaitu pemimpin rumah makan Ayam Penyet Surabaya cabang Palangka Raya membangun tiga pola komunikasi yaitu komunikasi dari atas ke bawah, komunikasi dari bawah ke atas dan horizontal communication, dari tiga pola komunikasi tersebut secara umum karyawan rumah makan Ayam Penyet Surabaya cabang Palangka Raya menilai bahwa yang paling ideal yaitu pola horizontal communication yang diterapkan pimpinan rumah makan Ayam Penyet Surabaya cabang Palangka Raya menunjukkan bahwa komunikasi antara pemimpin dan karyawan terbangun komunikasi yang setara, terbuka, dan demokratis.

ABSTRACT
Leaders and employees had a very important role in running a restaurant business; a good working relationship certainly required communication patterns that were applied in a work environment. The pattern of leader communication influenced employee loyalty to increase company productivity. The effectiveness of leadership communication was largely determined by the perceptions and interpretations of the employees. Surabaya Penyet Chicken restaurant was a business venture brand of PT. Wong Solo Group, In the midst of competition from similar restaurants, is able to survive until now compared to other restaurants. The research problem was how employees 'perceptions of the communication patterns of leader at Surabaya Penyet Chicken Restaurant Palangka Raya branch. The purpose of this research was to know the employee perceptions on their leaders' communication patterns as important things to be expressed or described.

This research was qualitative field research. It used descriptive qualitative approach. The location was Surabaya Penyet Chicken Restaurant Palangka Raya Branch. The data were collected by observation, interviews and using purposive sampling techniques. The data obtained was checked for validity. The data collection was presented and classified, so the research was focused on the employees’ perceptions of the communication patterns and then interpreted by researcher to acquire the answers of study focus.

Based on the research results conducted on employee perceptions of the leaders’ communication patterns at Surabaya Penyet chicken restaurant, Palangka Raya branch, it could be concluded that the leader built three communication patterns namely: communication from the top down, communication from the bottom up and horizontal communication, from the three communication patterns in general, the employees of Surabaya Penyet Chicken, Palangka Raya branch, considered that the most ideal was the horizontal communication pattern applied by the leader of the Surabaya Penyet Ayam restaurant, Palangka Raya branch, It was showed that the communication between leaders and employees was built on equal communication open and democratic.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi;Pemimpin dan Karyawan
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200105 Organisational, Interpersonal and Intercultural Communication
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah > Jurusan Dakwah dan Komunikasi Islam > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Unnamed user with email daniaty_marina@yahoo.com
Date Deposited: 16 Jan 2020 07:17
Last Modified: 16 Jan 2020 07:17
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/1799

Actions (login required)

View Item View Item