Yuni, Yuni (2018) Problematika penggunaan media liquit crystal display bidang pelajaran agama di MTs Muslimat NU Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
Text
Skripsi Yuni - 1211111809.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian dilakukan berdasarkan dari upaya MTs Muslimat NU Kota Palangka Raya untuk meningkatkan kualitas pendidikan melalui penggunaan media LCD, akan tetapi permasalahan muncul ketika guru dihadapkan pada penggunaan media LCD ini kurang dimanfaatkan atau terkendala terutama pada bidang pelajaran agama pada khususnya.
Tujuan penelitian ini untuk 1) mendeskripsikan penggunaan media LCD oleh guru pada bidang pelajaran agama dan 2) problematika guru dalam penggunaan media LCD pada bidang pelajaran agama di MTs Muslimat NU Palangka Raya.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif atau penelitian lapangan. Penelitian ini bertempat di MTs Muslimat NU Palangka Raya dengan subjek guru bidang pelajaran agama yang berjumlah 4 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi, dan juga triangulasi data, setelah data terkumpul dilakukan analisis data yang meliputi collection, reduksi data, display data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini: 1) Penggunaan media LCD oleh guru bidang studi Pendidikan Agama seperti guru Aqidah Akhlak (R), guru Al-Qur’an Hadits (H), guru Fiqih (RR), dan guru Sejarah Kebudayaan Islam (M) di MTs Muslimat NU kurang digunakan, media LCD biasa digunakan hanya pada awal pembelajaran sebagai pembukaan materi yang akan disampaikan kepada para siswa. Dari segi kemampuan semua guru pelajaran agama mampu mengoperasikan media LCD.Adapun persiapan yang dilakukan oleh guru dalam menggunakan media LCD yaitu membuat bahan ajar dalam bentuk slide show atau power point dan video pendek yang terkait dengan materi yang akan diajarkan. 2) Problematika guru dalam penggunaan media LCD pada bidang Pelajaran agama di MTs Muslimat NU Palangka Raya, yaitu a) kerusakan pada perangkat keras media LCD seperti kabel VGA atau perangkat lunak seperti error koneksi laptop ke LCD seperti sistem komputer tidak membaca perangkat media LCD, b) masalah kedua yaitu Sumber Daya Manusia (SDM) hampir seluruh guru pelajaran agama seperti R, H, RR, dan M mampu menggunakan media elektronik namun kurang maksimal dalam memanfaatkan media LCD. Seperti menggunakan program Microsoft Office Power Point atau PPT yang diperlukan untuk menyajikan bahan yang akan di ajar. c) Memerlukan waktu banyak untuk mengolah/ membuat bahan ajar yang menggunakan media LCD yaitu merangkum bahan ajar kemudian membuat slide show atau presentasi.
ABSTRACK
The research was conducted based on the efforts of MTs Muslimat NU atPalangka Raya Town to improve the quality of education through the use of LCD media, but the problem arises when teachers are faced with the use of LCD media is underutilized or constrained especially in the field of religious studies in particular.
The purpose of this study 1) describe the use of LCD media by teachers in the field of religious studies and 2) the problems of teachers in the use of LCD media in the field of religious studies at MTs Muslimat NU Palangka Raya.
This study uses qualitative research methods or field research. This research took place at MTsMuslimat NU Palangka Raya with the subject of teachers in the field of religious studies totaling four people. Data collection techniques used are observation, interviews and documentation, as well as data triangulation, after data is collected, data analysis includes collection, data reduction, data display and verification or drawing conclusions.
The results of this study: 1) The use of LCD media by teachers in the field of Religion Education such as the teacher of AqidahAkhlak (R), the teacher of Al-Qur'an Hadith (H), the teacher of Fiqh (RR), and the teacher of Islamic Culture History (M) at MTs Muslimat NU is less used, LCD media is usually used only at the beginning of learning as the opening of material to be delivered to students. In terms of the ability of all religious teaching teachers to be able to operate LCD media. As for the preparations made by the teacher in using LCD media, namely making teaching materials in the form of slide shows or power points and short videos related to the material to be taught.2) Teacher's problems in the use of LCD media in the field of religious studies at MTsMuslimat NU Palangka Raya, namely a) damage to LCD media hardware such as VGA cable or software such as laptop connection errors to LCD such as computer systems not reading LCD media devices, b ) the second problem is that Human Resources (HR) almost all teachers of religious studies such as R, H, RR, and M are able to use electronic media but are not optimal in utilizing LCD media. Like using a Microsoft Office Power Point program or PPT that is needed to present the material to be taught. c) It takes a lot of time to process / make teaching materials that use LCD media, which is to summarize teaching materials and then make a slide show or presentation.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | puttry puttry ekaputri |
Date Deposited: | 09 Oct 2019 02:12 |
Last Modified: | 09 Oct 2019 02:12 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/1735 |
Actions (login required)
View Item |