Manajemen tabungan siswa di MIN (Madrasah Ibtidaiyah Negeri) 1 Kota Palangka Raya

Alfiah, Vivi (2018) Manajemen tabungan siswa di MIN (Madrasah Ibtidaiyah Negeri) 1 Kota Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Skripsi Vivi Alfiah - 1402120298.pdf

Download (1MB)

Abstract

MIN 1 Palangka Raya memiliki program tabungan siswa yang diperuntukkan untuk siswa. Program ini bertujuan untuk melatih siswa agar dapat mengatur keuangannya sendiri sejak dini dan terbiasa untuk tidak boros. Nominal uang yang harus disetorkanpun tidak ditentukan, setiap tahunnya uang tabungan siswa yang terkumpul di MIN 1 kota Palangka Raya mencapai 1 Miliyar lebih, namun manajemen tabungan di MIN 1 masih terbilang manual, pencatatan dan penyimpanan data masih tertulis di buku dan perhitungannya masih menggunakan kalkulator. Sehingga dikhawatirkan banyaknya kesalahan-kesalahan dan akan memakan waktu yang sangat banyak. Jadi, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana manajemen tabungan siswa di MIN 1 serta kendalanya. Rumusan masalah: yaitu (1) Bagaimana cara pengelolaan tabungan siswa di MIN 1 ? (2) Apa saja kendala-kendala dalam pengelolaan tabungan siswa di MIN 1 ? (3) Apa saja tindakan-tindakan pihak sekolah dalam menyelesaikan kendala-kendala pengelolaan tabungan siswa di MIN 1 ?
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan menggunakan metode kualitatif deskriftif, adapun subjek penelitian ini adalah ketua koperasi, bendahara koperasi, wali kelas atau pengelola tabungan siswa kelas 6, dan wali murid. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dengan pengumpulan data informasi sejenis dari berbagai sumber yang berbeda.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) manajemen tabungan siswa di MIN 1 sudah berjalan dengan baik. (2) kendala yang dihadapi yaitu a) wali kelas yang merangkap menjadi pengelola tabungan, b) manajemen tabungan yang masih manual sehingga aturan yang ditentukan tidak dapat di terapkan dengan semestinya, c) Jika wali kelas atau pengelola tabungan tidak masuk maka kegiatan menabung pada hari itu tidak dapat dilakukan. (3)Tindakan yang dilakukan pihak sekolah dalam menyelesaikan kendala tabungan siswa a) evaluasi dilakukan secara berkala setiap 1 tahun sekali,b) memberikan insentif pada pengelola tabungan dari hasil pendapatan tabungan siswa karena sudah tanggung jawab mengelola tabungan siswa.

ABSTRACT

Min 1 Palangka Raya has a student savings program that is intended for students. This program aims to train students to be able to manage their own finances from an early age and get used to not spend their money . The amount of money that must be deposited is not determined, the amount money each year the student savings collected in MIN 1 in Palangka Raya City reaches over 1 billion, but the savings management of students in MIN 1 is still fairly manual, data recording and storage is still written in the book and the calculations are still using calculator. So it is feared that there are a lot of mistakes and a lot of time. The students’saving management in MIN Langkai and its’ obtacles. The research problems are; (1) How the management of students’ saving is done in MIN Langkai?; (2) What are the obstacle of students’ saving management in Langkai?;(3) What are the respons to overcome the obstacles?
The research is a field research using qualitative descriptive method, te subject of this research are the head of cooperation, the cooperation treasurer, homeroom teacher who is also acted as the manager of the grade VI students saving and students guardians. The data collecting technique are using observation, interview and documentation. The datas were analyzed by using trianggulation technique to compare data and information from differen sources.
The result of this research show that; (1) the management of students saving in MIN Langkai is nicely done; (2) the obstacles are (a) homeroom teacher alsoacted as the saving’s manager, (b) the saving’s management is still done manually so the rules cannot be applied properly, (c) if the homeroom teacher is not present the students wouldn’t be able to save money, (3) the school’s responeses to overcome the obstacles, a) evaluation that is periodically done once a year, b) giving financial incentive to the homeroom teacher who also acted as students saving manager from the students saving income for their responsibility in managing students saving.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Tabungan Siswa
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150105 Management Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: puttry puttry
Date Deposited: 07 Oct 2019 02:55
Last Modified: 16 Oct 2019 03:27
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/1727

Actions (login required)

View Item View Item