Rudiyanto, Rudiyanto (2018) Persepsi konsumen terhadap promosi produk kesehatan multi level marketing tiens syariah Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
Text
Skripsi Rudiyanto -1302120203.pdf Download (1MB) |
Abstract
Promosi adalah cara dan juga sebagai strategi dalam memperkenalkan produk barang maupun jasa di dalam sebuah perusahaan, dengan dilakukannya promosi diharapkan dapat menarik perhatian dan menumbuhkan niat calon konsumen untuk membeli. Seiring perkembangan zaman, strategi promosi menjadi lebih kompleks dengan hadirnya teknologi modern sehingga berbagai macam cara yang bisa dilakukan dengan teknologi. Berbagai konsumen memberikan tanggapan yang beragam mengenai promosi yg dilakukan oleh pelaku usaha. Maka berdasarkan hal tersebut untuk mengetahui lebih jauh tentang bagaimana persepsi konsumen terhadap promosi produk kesehatan perlu dikaji secara lebih mendalam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis (1) Bagaimana promosi produk kesehatan TIENS Syariah Palangka Raya kepada konsumen? (2) Bagaimana persepsi konsumen terhadap promosi produk kesehatan TIENS Syariah Palangka Raya?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan studi fenomenologi dan jenis penelitian isi adalah penelitian kualitatif. Adapun subjek penelitian dalam penelitian ini adalah konsumen TIENS. Data penelitian ini dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi yang diabsahkan melalui teknik triangulasi data dan kemudian dianalisis melalui tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta menarik kesimpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian ini adalah promosi yang dilakukan oleh agen TIENS Syariah kepada konsumen adalah dengan strategi penjualan tatap muka, cara ini terbilang efektif karena langsung bertemu langsung dengan calon konsumen, selain itu dengan promosi penjualan, publisitas atau memanfaatkan media sosial sebagai wadah untuk memperkenalkan produk. Selain itu strategi promosi yang dilakukan dengan membangun jaringan atau perekrutan agen distributor, karena pada dasarnya bisnis Multy Level Marketing menggunakan sistem jaringan. Sedangkan mengenai persepsi, konsumen secara umum memberikan persepsi yang positif terhadap promosi produk yang dilakukan oleh para agen distributor TIENS, hanya saja ada sebagian berpendapat negatif dengan harapan persepsi negatif tersebut bisa menjadi bahan evaluasi oleh para agen distributor sehingga pandangan-pandangan yang negatif dapat dihindari seperti terjadi kesalahpahaman, yang berpengaruh kepada tingkat peningkatan distribusi.
ABSTRACT
Promotion was a method and strategy in introducing products or services in company, with promotion was expected to attract attention and work up the intention of potential customers to buy the product. As the times progressed, the promotion strategy became more complex with the presence of modern technology so that various methods can be done with the technology. Various consumers gave variety of responses about promotions made by business actors. So based on the reason, to know more about how consumer perceptions on the promotion of health products need to be studied in more deptly. The study aimed to find out and analyze (1) How the promotion of health products TIENS Syariah Palangka Raya to consumers? (2) How is the consumer perception towards health product promotion of TIENS Syariah Palangka Raya ?.
This research used phenomenology study approach and content research type was qualitative research. The subject of the study was consumer TIENS. The data of the study were collected through observation technique, interview and documentation which validated by data triangulation technique and then analyzed through data collection stage, data reduction, data presentation, and draw conclusion and verification.
The result of the study was the promotion done by TIENS Syariah agent to the consumer that was by face-to-face sales strategy, the method was effective because it’s directly meet with the candidate consumer. Besides with sales promotion, publicity or social media used as a container to introduce the product. In addition, the promotional strategy did to build a network or recruitment of distributor agents, because basically Multy Level Marketing business used network system. Wheares about perception, consumers generally gave positive perception to promotion product done by TIENS distributor agent. But there were several negative opinions too from the study, so that the resacher hope it was can be as an evaluation material by distributor agent. Finally the negative viewed also can be avoided such as misunderstandings, which gave affect the level of increased distribution.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Persepsi Konsumen; Pemasaran |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150506 Marketing Theory |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Islam > Program Studi Ekonomi Syariah |
Depositing User: | puttry puttry ekaputri |
Date Deposited: | 31 Jul 2019 02:33 |
Last Modified: | 31 Jul 2019 02:33 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/1627 |
Actions (login required)
View Item |