Pengaruh metode jelajah alam sekitar (jas) berbasis inkuiri terhadap hasil belajar peserta didik materi spermatophyta kelas vii MTs Darul Amin Palangka Raya

Ulvah, Rohayati (2018) Pengaruh metode jelajah alam sekitar (jas) berbasis inkuiri terhadap hasil belajar peserta didik materi spermatophyta kelas vii MTs Darul Amin Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (640kB)
[img] Text
Isi Skripsi Rohayati Ulvah - 1401140372.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang dari kurangnya pemahaman peserta didik terhadap materi Spermatophyta yang dianggap banyak terdapat ciri-ciri yang berbeda-beda pada setiap jenisnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh dalam keterampilan proses sains dan hasil kognitif peserta didik MTs Darul Amin Palangka Raya yang diberikan perlakuan dengan metode jelajah alam sekitar berbasis inkuiri terbimbing pada kelas VII a.
Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dan desain penelitiannya menggunakan Pretest-Posttest Control Group Design. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling. Sampel yang digunakan yaitu sebanyak 58 orang dari 115 peserta didik. Instrumen yang digunakan yaitu berupa soal objektif untuk mengukur kemampuan kognitif dan rubrik penilaian untuk mengukur keterampilan proses sains. Analisis data menggunakan uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Hasil kognitif peserta didik kelas VII a MTs Darul Amin Palangka Raya dengan metode jelajah alam sekitar berbasis inkuiri terbimbing memiliki rata-rata nilai postes yaitu 74 sehingga berkategori sedang. 2) Hasil kognitif peserta didik kelas VII b MTs Darul Amin Palangka Raya dengan metode ceramah memiliki rata-rata nilai postes yaitu 65, sehingga berkategori rendah. 3) Berdasarkan analisis uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara hasil kognitif peserta didik yang menggunakan metode jelajah alam sekitar berbasis inkuiri terbimbing dengan metode ceramah pada materi Spermatophyta di kelas VII semester I MTs Darul Amin Palangka Raya pada tahun ajaran 2017/2018 dengan taraf signifikan 5% dimana thitung > ttabel yaitu 3,095>1,67252 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Keterampilan proses sains peserta didik berdasarkan rubrik penilaian menunjukkan bahwa kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol.

ABSTRACT

This research has background from a lack of student understanding of learners of Spermatophyta material which is considered to have many different features on each type. This research aims to know or whether there are not influence in the science process skills and cognitive outcomes by student of MTs Darul Amin Palangka Raya who given treatment with the method of roaming around guided inquiry based nature at VII a.
This research used quasi experimental method and the research design used Pretest-Posttest Control Group Design. The sampling techniques are used Purposive Sampling. The number of sampling are 58 students from 115 students. The instruments used namely objective question to measure the cognitive ability and assessment rubric for measuring the skills of the science process. Data analysis is used hypotesis test.
The result showed that: 1) Student cognitive outcomesat VII a MTs Darul Amin Palangka Raya with nature based exploratory method based on inquiry is guided has an average postest value i.e. 74 so medium categorized. 2) Student cognitive outcomesat VII b with lecture method has an average postest value i.e. 65, so low categorized. 3) Based on the hypotesis test analysis indicates that there is any significant influence between the results of the student learning by using of nature based exploratory method based on inquiry is guided wit lecture method on Spermatophyta materials at VII semester I MTs Darul Amin Palangka Raya in 2017/2018 with 5% significance level where tcount > ttable i.e. 3,095>1,67252 so Ho is rejected and Ha is accepted. Skills of students’ science prises based on the assessment rubric indicate that the experimental class is better than the control class.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran; Jelajah alam sekitar
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences > 069999 Biological Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan IPA > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: puttry puttry
Date Deposited: 30 Jul 2019 03:31
Last Modified: 30 Jul 2019 03:31
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/1625

Actions (login required)

View Item View Item