Isnani, Renita (2018) Pelaksanaan program kursus pendidikan Al-Qur’an Sekolah Dasar Swasta Bina Bangsa 01 Pt. Mustika Sembuluh Kabupaten Kotawaringin Timur. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
Text
Skripsi Renita Isnani - 1301111804.pdf Download (1MB) |
Abstract
Ekstrakurikuler merupakan kegiatan yang dilaksanakan di luar jam pelajaran guna memperluas wawasan serta peningkatan dan penerapan nilai-nilai pengetahuan dan kemampuan dalam berbagai hal. Dalam pembelajaran Al-Qur’an harus mempunyai tempat yang mampu menunjang kemampuan siswa dalam belajar Al-Qur’an. Di SDS Bina Bangsa 01 PT. Mustika Sembuluh menyediakan ekstrakulikuler program kursus pendidikan Al-Qur’an sebagai tempat siswa mempelajari Al-Qur’an dengan baik dan benar. Peneliti tertarik untuk meneliti di sekolah ini karena dalam waktu yang sangat singkat yaitu dalam waktu 1 bulan pembina mampu mengajarkan Al-Qur’an dengan baik dan benar kepada siswa yang belum begitu lancar membaca Al-Qur’an, sehingga siswa mampu memperoleh juara 2 tahun berturut-turut yaitu pada tahun pertama siswa memperoleh juara II, dan pada tahun kedua siswa memperoleh juara III, hal inilah yang membuat peneliti tertarik untuk menggali lebih dalam lagi mengenai pelaksanaan program KPA. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah 1) Bagaimana pelaksanaan program kursus pendidikan Al-Qur’an SDS Bina Bangsa 01 PT. Mustika Sembuluh kabupaten Kotawaringin Timur. 2) Apa faktor pedukung dan penghambat pelaksanaan program kursus pendidikan Al-Qur’an SDS Bina Bangsa 01 PT. Mustika Sembuluh kabupaten Kotawaringin Timur.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Tempat penelitian dilaksanakan di SDS Bangsa 01 PT. Mustika Sembuluh kabupaten Kotawaringin Timur Jalan Jendral Sudirman Km. 62 Sampit-Pangkalan Bun pada 11 Juli-11 September 2018. Subyek dalam penelitian ini adalah 2 orang pembina pelaksanaan program kursus Al-qur’an. Informan dalam penelitian ini adalah Plt, Kepala Sekolah dan Siswa SDS Bina Bangsa 01 PT. Mustika Sembuluh kabupaten Kotawaringin Timur. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data dilakukan dengan trianggulasi sumber. Analisis data dilakukan dengan tahapan Collection data, Reduction Data, Display Data, dan Clounclusion Drawing/Veriyying.
Hasil penelitian di SDS Bangsa 01 PT. Mustika Sembuluh kabupaten Kotawaringin Timur menunjukkan bahwa pelaksanaan program kursus pendidikan Al-Qur’an terlaksana dengan baik dan terarah, kegiatan pembelajaran dilaksanakan pada hari Selasa, Kamis dan Sabtu pada pukul 07.00-09.00 WIB, dengan jumlah siswa sebanyak 25 orang. Metode yang digunakan pembina yaitu metode Iqro, ceramah dan Drill. Media yang digunakan dalam pembelajaran yaitu papan tulis. Kegiatan program KPA yaitu: 1) Pada pembukaan pembelajaran pembina menucapkan salam. 2) siswa membaca doa dan bershalawat. 3) siswa bersama pembina melalukan tadarus Al-Qur’an lalu dilanjutkan dengan mengabsen siswa. 4) Pembina memberikan pelajaran huruf hijaiyah, Iqro, dan tajwid 5) Pembina memberikan hafalan doa yaitu : surah yang ada di dalam Juz ‘Amma, hapalan doa sehari-hari serta etikanya. 6) Pembina mengajarkan bacaan dan tata cara shalat wajib, maupun sunah dan tata cara berwudhu. 7) Pembina mengajarkan bagaimana caranya berceramah dan bercerita Islami. Faktor Pendukung program ini: adanya bahan ajar yang memadai, tingginya minat dan keaktifan siswa yang berjumlah 25 orang yang mengikuti program kursus pendidikan Al-Qur’an, adanya motivasi dari pihak sekolah dan guru. Faktor Penghambat: kurangnya kesadaran siswa yang beragama Islam dalam mempelajari Al-Qur’an, sarana dan prasarana kurang memadai, kurangnya kretivitas pembina dalam menggunakan media, kurangnya monitoring dan bimbingan orangtua, dan kurangya tenaga pendidik perempuan.
ABSTRACT
Extracurricular is an activity carried out outside of fixed class hours in order to broaden horizons and improve and apply the values of knowledge and ability in various ways. In Al-Qur'an learning, must have a place that is able to support students' ability in learning the Qur'an. At SDS Bina Bangsa 01 PT. Mustika Sembuluh provides extracurricular courses for Al-Qur'an education courses as a place for students to learn the Qur'an well and correctly. The problem formulation of this research is 1) How is the implementation of the Al-Qur'an education course program SDS Bina Bangsa 01 PT. Mustika Sembuluh, Kotawaringin Timur district. 2) What factors support the inhibition of the implementation of the Al-Qur'an education course program SDS Bina Bangsa 01 PT. Mustika Sembuluh, Kotawaringin Timur district.
This study uses descriptive qualitative. Held at SDS Bangsa 01 PT. Mustika Sembuluh Kotawaringin Timur district on 11 July to 11 September 2018. The subjects in this study were implementing the Al-qur'an course program. The informants in this study were Acting, Principals and Students of SDS Bina Bangsa 01 PT. Mustika Sembuluh, Kotawaringin Timur district. Data collection is done by observation, interview and documentation. Data validity techniques are carried out by source triangulation. Data analysis was carried out with Data Collection, Data Reduction, Data Display, and Clounclusion Drawing / Veriyying stages.
The results showed that learning activities were carried out on Tuesday, Thursday and Saturday at 07.00-09.00 WIB, with 25 students. The method used by the teacher is the Iqro method, lecture and drill. The media used in learning is the blackboard. The KPA program activities are: 1) At the opening of the learning the teacher speaks greetings. 2) students read prayers and pray. 3) students with the teacher do the tadarus Al-Qur'an and then attend the students. 4) The teacher gives lessons in the letters hijaiyah, Iqro, and tajwid 5) The teacher gives a memorization of prayer, namely: the surah in Juz ‘Amma, memorization of daily prayers and ethics. 6) The teacher teaches the reading and the procedure for the obligatory prayers, as well as the sunna and the procedure for ablution. 7) The teacher teaches how to teach and tell Islamic stories. Supporting factors of this program: the existence of adequate teaching materials, the high interest and activeness of students who take Al-Qur'an education courses, the existence of motivation. Inhibiting Factors: lack of awareness of students who are Muslim in learning the Qur'an, inadequate facilities and infrastructure, lack of creativity of teachers in using the media, lack of monitoring and parental guidance, and lack of female educators.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Al-Qur'an |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | puttry puttry ekaputri |
Date Deposited: | 11 Jul 2019 01:34 |
Last Modified: | 11 Jul 2019 01:34 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/1611 |
Actions (login required)
View Item |