Pengaruh pembelajaran kelompok terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran pai kelas X-A di SMAN 1 Sukamara

Pina, Pina (2018) Pengaruh pembelajaran kelompok terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran pai kelas X-A di SMAN 1 Sukamara. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Skripsi Pina - 1301111758.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan adalah segala sesuatu dalam kehidupan yang memengaruhi pembentukan berpikir dan bertindak individu. Pendidikan merupakan proses tanpa akhir yang di upayakan oleh siapa pun. Pembelajaran kelompok terciptanya suasana pembelajaran yang atif antar siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan. Suasana pembelajaran yang atif antar siswa dapat mengungkapkan yang dipikirkan siswa, sehingga dapat membantu untuk melihat ketidaksesuaian pandangan mereka sendiri. Adapun permasalahan yang diangkat adalah: (1) Bagaimana hasil belajar sebelum menggunakan pembelajaran kelompok mata pelajaran PAI Kelas X-A di SMAN 1 Sukamara?; (2) Bagaimana hasil belajar sesudah menggunakan pembelajaran kelompok mata pelajaran PAI Kelas X-A di SMAN 1 Sukamara ?; (3) Apakah ada pengaruh pembelajaran kelompok terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran PAI kelas X-A di SMAN 1 Sukamara ?.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi penelitian ini berjumlah 18 orang siswa kelas X-A di SMAN 1 Sukamara. Instrument yang digunakan yaitu berupa tes soal pilihan ganda untuk mengetahui hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan pembelajaran kelompok serta ditambah dengan observasi dan dokumentasi. Pengabsahan instrument validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan rumus statistik uji homogenitas, uji normalitas, t-test dan product moment.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) hasil belajar sebelum menggunakan pembelajaran kelompok mata pelajaran PAI Kelas X-A di SMAN 1 Sukamara yaitu 73,333 sehingga kategori baik. 2) hasil belajar sesudah menggunakan pembelajaran kelompok mata pelajaran PAI Kelas X-A di SMAN 1 Sukamara yaitu 91,111 sehingga berkategori sangat baik. 3) Berdasarkan analisis uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran kelompok terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran PAI kelas X-A di SMAN 1 Sukamara bahwa nilai signifikansi (2- tailed) 0,000 lebih kecil dari 0,05. Sehingga Ha diterima dan Ho ditolak

ABSTRACT

Education is everything in life that influences the formation of individual thinking and acting. Education is an endless process endeavored by anyone. Group learning creates an atmosphere of effective learning between students in achieving the learning objectives that have been formulated. An interactive learning atmosphere between students can reveal what students think, so that it can help to see the discrepancies of their own views. The problems are raised: (1) How are the learning outcomes before using the PAI Class X-A subject group learning at SMAN 1 Sukamara ?; (2) How are the learning outcomes after using group learning in PAI Class X-A subjects at SMAN 1 Sukamara?; (3) Is there any influence of group learning on student learning outcomes of class X-A PAI subjects at SMAN 1 Sukamara?
This study used quantitative methods. The population of this study amounted to 18 students of class X-A at SMAN 1 Sukamara. The instrument used is in the form of a multiple choicetest to find out the learning outcomes before and after using group learning and supplemented with observation and documentation. Validation of validity and reliability instruments. Data analysis uses homogeneity test statistical formula, normality test, t-test and product moment.
The results showed that: 1) the learning outcomes before using PAI Class X-A group learning in SMAN 1 Sukamara were 73,333 so that the category was good. 2) learning outcomes after using Class X-A PAI subject learning in SMAN 1 Sukamara which is 91,111 so it is very good category. 3) Based on the hypothesis test analysis shows that there is an effect of group learning on student learning outcomes of class X-A PAI in SMAN 1 Sukamara that significance (2- tailed) 0,000 is less than 0.05. So Ha is accepted and Ho is rejected.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kelompok; Pendidikan Agama Islam
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: puttry puttry
Date Deposited: 13 Jun 2019 02:49
Last Modified: 08 Jul 2019 03:26
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/1597

Actions (login required)

View Item View Item