Strategi pemasaran usaha rumah makan rahayu kereng pangi dalam persfektif ekonomi islam

Hidayati, Nur (2018) Strategi pemasaran usaha rumah makan rahayu kereng pangi dalam persfektif ekonomi islam. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Skripsi Nur Hidayati - 1402120382.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan konsumen terhadap rumah makan di jalur trans Kalimantan khususnya di Kalimantan Tengah. Rumusan masalah dalam Penelitian ini adalah (1) Bagaimana strategi pemasaran usaha Rumah Makan Rahayu Kereng Pangi? (2) Bagaimana strategi pemasaran Rumah Makan Rahayu Kereng Pangi dalam perspektif ekonomi Islam?.
Jenis Penelitian ini adalah Penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dalam Penelitian ini adalah pengelola, karyawan, dan konsumen dari rumah makan. Objek Penelitian ini adalah penerapan strategi pemasaran usaha rumah makan dalam perspektif ekonomi Islam. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif.
Berdasarkan hasil Penelitian menyatakan bahwa strategi pemasaran Rumah Makan Rahayu Kereng Pangi dilakukan dengan menerapkan konsep 4P yaitu: (1) Product (produk), dengan menyediakan produk makanan yang beragam dan berkualitas. (2) Price (harga), dengan menawarkan harga yang terjangkau. (3) Place (tempat), dengan menyediakan tempat yang nyaman dengan fasilitas yang lengkap. (4) Promotion (promosi), dengan cara menjalin kerjasama dengan para supir bus dan travel yang melintasi jalur trans Kalimantan. Strategi pemasaran usaha Rumah Makan Rahayu Kereng Pangi dalam perspektif Islam berpegang pada lima konsep muamalah yang diajarkan oleh Rasulullah SAW yaitu: 1) Jujur dalam berbisnis, mulai dari pemilihan bahan hingga pengolahan makanan, juga dalam penetapan harga. 2) Dengan ikhlas menyediakan fasilitas umum yag dapat digunakan setiap saat oleh para konsumen. 3) Profesionalisme dalam melayani konsumen baik dari segi citarasa, fasilitas, dan pelayanan. 4) Selalu menjaga hubungan silaturahmi dengan masyarakat sekitar, suplier bahan makanan, juga relasi kerja seperti supir bus antar kota antar provinsi, dan tentunya dengan konsumen. 5) Murah hati dalam setiap kesempatan, baik dengan masyarakat sekitar maupun dengan konsumen.

ABSTRACT

This research is motivated by the consumer's need for restaurants on the trans Kalimantan route, especially in Central Kalimantan. The formulation of the problem in this study is: Firs, How is the marketing strategy of the Rahayu Kereng Pangi Restaurant business?. Second, What is the marketing strategy of Rahayu Kereng Pangi Restaurant in the perspective of Islamic economics?
This type of research is descriptive qualitative research. Subjects in this study were managers, employees, and consumers of restaurants. The object of this research is the application of the marketing strategy of a restaurant business in an Islamic economic perspective. Data collection techniques use methods of observation, interviews, and documentation. Data analysis techniques using qualitative data analysis.
Based on the results of the study stated that the marketing strategy of Rahayu Kereng Pangi restaurant was done in apply the concept of 4P, namely: First is Product (product), by providing various and quality food products. Second is Price (price), by offering affordable prices. Third is Place (place), by providing a comfortable place with complete facilities. Fourth is Promotion (promotion), by establishing cooperation with bus and travel drivers who cross the trans Kalimantan route.The marketing strategy of Rahayu Kereng Pangi's restaurant business in the Islamic perspective adheres to the five concepts of muamalah taught by the Messenger of Rasulullāh SAW, namely: First is Honesty in doing business, starting from the selection of ingredients to processing food, also in pricing. Second, sincerely provide public facilities that can be used at any time by consumers. Third, Professionalism in serving consumers both in terms of taste, facilities and service. Fourth, Always maintain good relations with the surrounding community, food ingredients suppliers, as well as work relationships such as bus drivers between cities between provinces, and of course with consumers. Fifth, Generous in every opportunity, both with the surrounding community and with consumers.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 12 Jun 2019 01:20
Last Modified: 12 Jun 2019 01:20
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/1589

Actions (login required)

View Item View Item