Penerapan active learning tipe rotating role terhadap keaktifan dan hasil belajar peserta didik materi klasifikasi makhluk hidup kelas VII MTs Muslimat NU Palangka Raya

Herdaningsih, Noormalinda (2018) Penerapan active learning tipe rotating role terhadap keaktifan dan hasil belajar peserta didik materi klasifikasi makhluk hidup kelas VII MTs Muslimat NU Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Skripsi Noormalinda Herdaningsih - 1301140357.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: ada atau tidak adanya peningkatan keaktifan peserta didik menggunakan model active learning tipe rotating role, ada atau tidak adanya peningkatan hasil belajar peserta didik menggunakan strategi pembelajaran active learning tipe rotating role.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini merupakan jenis penelitian yang menggunakan strategi active learning. Sampel yang dipilih yaitu kelas VII C. Penelitian dilaksanakan di MTs Muslimat NU Palangka Raya pada tanggal 26 Juli sampai tanggal 9 Agustus 2018. Instrumen yang digunakan adalah lembar pengamatan keaktifan sikap peserta didik serta lembar pengamatan keaktifan psikomotorik peserta didik, dan tes hasil belajar peserta didik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Keaktifan peserta didik dengan menggunakan strategi pembelajaran active learning tipe rotating role dengan rata-rata nilai keaktifan sikap peserta didik pada kelas eksperimen sebesar 84,94 dengan kategori baik dan rata-rata nilai keaktifan psikomotorik peserta didik pada kelas eksperimen sebesar 61,50 dengan kategori cukup baik, Terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik setelah diterapkan strategi pembelajaran active learning tipe rotating role kelas eksperimen yaitu 0,42 dengan kategori sedang.
Rotating role adalah suatu teknik pembelajaran yang dalam penerapannya dilakukan dengan cara memberikan kesempatan pada setiap peserta didik untuk melatih kecakapan melalui bermain peran tentang situasi kehidupan nyata. Teknik pembelajaran ini dinamakan rotating role atau permainan bergilir karena dalam penerapannya, siswa diberi kesempatan secara bergilir dalam mempresentasikan hasil belajarnya.

ABSTRACT

The purpose of this study was to find out: the presence or absence of increased activity of students using the rotating role type active learning model, the presence or absence of increased learning outcomes of students using rotating role active learning learning strategies.
This study uses a quantitative approach. This research is a type of research that uses active learning strategies. The sample chosen was class VII C. The study was conducted at MTs Muslimat NU Palangka Raya on July 26 to August 9, 2018. The instruments used were observation sheets for the active attitude of students and observation sheets for psychomotor activeness of students, and tests of student learning outcomes .
The results showed that: The activeness of students using the rotating role type active learning learning strategy with an average activeness value of students' attitudes in the experimental class was 84.94 with good categories and the average psychomotor activeness value of students in the experimental class was 61 , 50 with a fairly good category, There is an increase in student learning outcomes after the application of the experimental class rotating role learning learning strategy applied is 0.42 with the medium category.
Rotating role is a learning technique that in its application is carried out by providing opportunities for each student to practice skills through playing roles about real life situations. This learning technique is called rotating role, because in its application, students are given the opportunity to take turns in presenting their learning outcomes.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; MIPA; Klasifikasi makhluk hidup
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences > 069999 Biological Sciences not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan IPA > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 27 May 2019 00:08
Last Modified: 27 May 2019 00:08
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/1576

Actions (login required)

View Item View Item