Pengaruh penerapan metode tilawati terhadap kemampuan membaca al-qur’an siswa KELAS III Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kotawaringin Barat

Ariska, Nofiatun (2018) Pengaruh penerapan metode tilawati terhadap kemampuan membaca al-qur’an siswa KELAS III Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kotawaringin Barat. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Skripsi Nofiatun Ariska - 1301111740.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertolak dari metode tilawati yang jarang diterapkan di daerah Kotawaringin Barat dan metode tilawati kurang lebih baru satu tahun di terapkan di MIN 2 Kotawaringin Barat.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Penerapan metode tilawati di kelas III MIN 2 Kotawaringin Barat 2) Mengetahui kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas III di MIN 2 Kotawaringin Barat 3) Mengetahui pengaruh penerapan metode tilawati terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas III MIN 2 Kotawaringin Barat.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dan sampel data dalam penelitian ini adalah 41 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, dokumentasi dan observasi. Instrumen penelitian adalah observasi dan tes. Teknik pengolahan data pada yang digunakan dalam penelitian ini adalah editing, coding, dan tabulating. Teknik analisi data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data statistik sederhana yang berupa analisis regresi.
Hasil dari penelitian ini adalah 1) Penerapan metode tilawati di kelas III di MIN 2 Kotawaringin Barat selalu dilakukan oleh guru terbukti dengan skor rata-rata 2,66% 2) Kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas III di MIN 2 Kotawaringin Barat sangat baik dapat diketahui dengan rata-rata nilai 94,26% 3) Terdapat pengaruh yang signifikan penerapan metode tilawati terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas III di MIN 2 Kotawaringin Barat. Terbukti dengan adanya Fhitung sebesar 8,04 lebih besar dari Ftabel pada taraf signifikan 0,05 sebesar 4,09. Dengan demikian Ha diterima dan H0 ditolak.

ABSTRACT

This research is based on the tilawati Method which is rarely applied in the Kotawaringin Barat area and the one-year tilawati method is applied in the Kotawaringin Barat MIN 2.
This study aims to find out: 1) Application of tilawati method in class III MIN 2 Kotawaringin Barat 2) Knowing the ability to read Al-Qur'an class III students at MIN 2 Kotawaringin Barat 3) Knowing the effect of applying the method of judging the ability to read the Qur'an class III students MIN 2 Kotawaringin Barat.
This study uses quantitative methods. Population and sample data in this study were 41 students. Data collection techniques used in this study are tests, documentation and observation. The research instrument is observation and test. Data processing techniques used in this study are editing, coding, and tabulating. Data analysis techniques used in this study are simple statistical data in the form of regression analysis.
The results of this study were 1). The application of the tilawati method in class III at MIN 2 Kotawaringin Barat is always done by the teacher as evidenced by the average score of 2.66% 2) Al-Qur'an reading ability of third grade students at MIN 2 Kotawaringin Barat is very good known with an average value of 94.26% 3) There is a significant influence on the application of the tilawati method to the ability to read Al-Qur'an in class III students at MIN 2 Kotawaringin Barat. Evidenced by the existence of Fcount of 8.04 greater than Ftable at a significant level of 0.05 of 4.09. Thus Ha is accepted and H0 is rejected.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: puttry puttry
Date Deposited: 23 May 2019 01:14
Last Modified: 23 May 2019 01:14
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/1573

Actions (login required)

View Item View Item