Pelaksanaan tahfidz al-qur’an di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Alam Ikatan Keluarga Muslim Al-Muhajirin Palangka Raya

Nima, Niha (2018) Pelaksanaan tahfidz al-qur’an di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Alam Ikatan Keluarga Muslim Al-Muhajirin Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Skripsi Niha Nima - 1401111902.pdf

Download (1MB)

Abstract

Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Alam Ikatan Keluarga Muslim Al-Muhajirin Palangka Raya tersebut bisa menjadi salah satu contoh di antara beberapa sekolah dalam melaksanakan program Tahfidz Al-Qur’an, salah satunya adalah penggunaan metode gerakan agar memudahkan peserta didik menyelesaikan Tahfidz Al-Qur’an. Berdasarkan gambaran di atas, penulis tertarik untuk melakukan penelitian lebih lanjut tentang pelaksanaan program Tahfidz Al-Qur’an di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Alam Ikatan Keluarga Muslim Al-Muhajirin Palangka Raya dengan mengangkat judul: “Pelaksanaan Tahfidz Al-Qur’an di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Alam Ikatan Keluarga Muslim Al-Muhajirin Palangka Raya”. Sehingga apa yang menjadi rumusan masalah penelitian ini adalah 1) Bagaimana Pelaksanaan Tahfidz Al-Qur’an di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Alam Ikatan Keluarga Muslim Al-Muhajirin Palangka Raya? 2) Apa Faktor Pendukung dan Penghambat dalam pelaksanaan di Sekolah dasar islam terpadu (SDIT) alam ikatan keluarga muslim al-muhajirin Palangka Raya?
Jenis pendekatan penelitian kualitatif yang digunakan dalam penelitian ini, menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif artinya data yang dikumpulkan bukan berupa angka-angka melainkan data tersebut berupa naskah wawancara, catatan lapangan, gambar-gambar. Untuk memperoleh data yang akurat, maka peneliti menggunakan metode pengumpulan data yang berupa observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pelaksanaan Tahfidz Al-Qur’an yang di lakukan di SDIT Alam IKM Al-Muhajirin Palangka Raya adalah menetapkan target hafalan Al-Qur’an Juz 30. Dalam pelaksanaannya target ini menjadi mudah karena peserta didik dalam tiap tingkatanntya diberi target hafalan secara bertahap dan juga muraja’ah yang dilakukan secara continue. Pelaksanaan Tahfidz Al-Qur’an di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Alam Ikatan Keluarga Muslim Al-Muhajirin Palangka Raya. Pelaksanaannya seminggu 3 hari, setiap hari 45 minit sama shalat Dhuha. Adapun yang pendamping siswa ketika hafalan di selasar adalah guru yang piket pagi kalua guru pendamping ketika hafalan dalam kelas adalah guru wali kelas. Factor pendukung dan penghambat dalam Tahfidz Al-Qur’an yang menjadi pelajaran unggulan ini didukung dengan banyak kegiatan yang dapat mendukung pelaksanaan Tahfidz Al-Qur’an diantaranya qur’an time, muraja’ah pagi setelah shalat Dhuha. Faktor penghambat pelaksanaan Tahfidz Al-Qur’an belum baiknya fasilitas belajar, pelaksanaan Tahfidz Quran ini hanya di Selasar Sekolah dan secara klasikal, factor belum tingginya motivasi dan semangat siswa dalam menghafal Quran hingga ada beberapa siswa masih lambat hafalnya dan tidak sesuai target yg sudah ditentukan oleh pihak sekolah.

ABSTRACT

Integrated Islamic Elementary School (SDIT) Alam Muslim Family Association Al-Muhajirin Palangka Raya this can be one example among several schools in implementing the Tahfidz Al-Qur'an program, one of them is the use of the movement method to make it easier for students to complete the Tahfidz Al-Qur'an. Based on the picture above, the author is interested in conducting further research on the implementation of the Tahfidz Al-Qur'an program at Integrated Islamic Elementary School (SDIT) Alam Muslim Family Association Al-Muhajirin Palangka Raya by raising titled: “Tahfidz Al-Qur'an Implementation at Integrated Islamic Elementary School (SDIT) Alam Family Association Al-Muhajirin Palangka Raya.” The aim of this research is 1) How does the implementation of Tahfidz Al-Qur'an at Integrated Islamic Elementary School (SDIT) Alam Muslim Family Association Al-Muhajirin Palangka Raya? 2) What are the Supporting and Inhibiting Factors in the implementation of Tahfidz Al-Qur'an at Integrated Islamic Elementary School (SDIT) Alam Muslim Family Association Al-Muhajirin Palangka Raya?

The type of this research is qualitative research approach used in this research, using a qualitative descriptive approach means that the data collected is not in the form of numbers but in the form of interview scripts, field notes, drawings. To obtain accurate data, the researcher used data collection methods in the form of observation, interviews and documentation. Research analysis used by researcher is data reduction, data presentation and drawing conclusion.

The results showed that the implementation of Tahfidz Al-Qur'an which was carried out at SDIT Alam IKM Al-Muhajirin Palangka Raya was to set the memorization target Al-Qur'an Juz 30. In the implementation this target becomes easy because students in each level are given a memorized target gradually and also muraja’ ah which doing continuously. Tahfidz Al-Qur’an implementation at at Integrated Islamic Elementary School (SDIT) Alam Muslim Family Association Al-Muhajirin Palangka Raya in the study there are 45 minutes. The implementation is 3 days a week, every 45 minutes is the same as Dhuha prayer. The supporting and inhibiting factors in the Tahfidz Al-Qur'an which are the superior lessons are supported by many activities that can support the implementation of Tahfidz Al-Qur'an including quran time, morning muraja'ah after Dhuha prayer. This activity contains dhuha prayer and read al-qur'an or muraja'ah. Whereas Muraja'ah is finished students will enter the next class study.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam; Tahfidz Al-Qur’an
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: puttry puttry
Date Deposited: 23 May 2019 00:16
Last Modified: 23 May 2019 00:16
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/1569

Actions (login required)

View Item View Item