Lubis, Muhammad Muchtar (2018) Kemampuan membaca surah-surah pendek pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Palangka Raya tahun ajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
Text
Skripsi M. MUCHTAR LUBIS - 1401111826.pdf Download (1MB) |
Abstract
Berdasarkan pengamatan yang penulis temukan di lapangan ada beberapa siswa kelas VIII yang masih kurang lancar membaca Al-Qur’an dengan baik. Terutama dalam penyebutan makharijul huruf dan hukum bacaannya. Ketika membaca Al-Qur’an pun ada beberapa siswa yang masih belum bisa membedakan panjang dan pendeknya tanda baca.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan membaca surah-surah pendek pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Palangka Raya tahun ajaran 2018/2019.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deksriptif, dengan tujuan berusaha memberikan dengan sistematis fakta-fakta yang ada pada subjek penelitian dengan data berupa angka, yang kemudian ditarik kesimpulan setelah angka-angka itu diukur. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 119 siswa, dan diambil sampel sebanyak 10% dengan jumlah 12 siswa, menggunakan teknik random sampling. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes, observasi, wawancara, dokumentasi dan teknik analisis data. Setelah analisis data telah terkumpul maka data yang telah diklasifikasikan ke dalam tabel sesuai dengan masalah yang telah diteliti dan teratur sehingga data menjadi lebih konkrit.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Palangka Raya tahun ajaran 2018/2019 dalam membaca surah-surah pendek dapat dikategorikan mampu, karena dari 12 orang siswa ada 11 siswa (91,7%) mampu membaca surah-surah pendek dengan baik dan benar sesuai ketentuan ilmu tajwid, sedangkan 1 siswa (8,3%) dikategorikan masih kurang mampu, dikarenakan tidak mampu membaca contoh hukum bacaan ikhfa’, qalqalah sugra, qalqalah kubra, mad far’i dan gunnah.
ABSTRACT
Based on the observations that I found in the field, there were several class VIII students who were still not fluent in reading the Qur'an well. Especially in the mention of the letter and the law of reading. When reading the Qur'an there are also some students who still cannot distinguish the length and short punctuation.
This study aims to describe The Ability of Reading Short Surah in Quran of Eighth Grade Students at SMP Muhammadiyah Palangka Raya Academic Year of 2018/2019
This study uses descriptive quantitative methods, with the aim of trying to systematically provide the facts that exist in the subject of research with data in the form of numbers, which are then drawn conclusions after the numbers are measured. The population in this study was 119 students, and a sample of 10% was taken with a total of 12 students, using a random sampling technique. The data collection techniques in this study using test techniques, observation, interviews, documentation and data analysis techniques. After the analysis of the data has been collected, the data that has been classified into tables corresponds to the problems that have been researched and organized so that the data becomes more concrete.
The results showed that the ability of eighth grade students of Palangka Raya Muhammadiyah Middle School 2018/2019 in reading short suras can be categorized as capable, because of 12 students there were 11 students (91.7%) able to read short suras well and right according to the provisions of recitation, while 1 student (8.3%) is categorized as less capable, due to not being able to read examples of ikhfa’ reading law, qalqalah sugra, qalqalah kubra, mad far'i and gunnah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hukum membaca Al-Qur'an |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | puttry puttry ekaputri |
Date Deposited: | 20 May 2019 00:44 |
Last Modified: | 20 May 2019 00:44 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/1553 |
Actions (login required)
View Item |