Penerapan media pembelajaran berbasis aplikasi prezi terhadap hasil belajar siswa kelas X Materi sumber hukum islam di SMK Al-Ishlah Palangka Raya

Sapitri, Mitra (2018) Penerapan media pembelajaran berbasis aplikasi prezi terhadap hasil belajar siswa kelas X Materi sumber hukum islam di SMK Al-Ishlah Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Skirpsi Mitra - 1401111872.pdf

Download (1MB)

Abstract

Media pembelajaran merupakan salah satu komponen pembelajaran yang mempunyai peran penting dalam kegiatan belajar mengajar. Pemanfaatan media seharusnya merupakan bagian yang harus mendapat perhatian guru atau fasilitator dalam setiap kegiatan pembelajaran. Pengamatan terhadap peserta didik kelas X di SMK Al-Ishlah Palangka Raya, peserta didik masih kurang memahami pelajaran Pendidikan Agama Islam disebabkan beberapa faktor, salah satunya kurangnya pemanfaatan media pembelajaran yang digunakan oleh guru. Banyak sekali jenis-jenis media yang dapat meningkatkan pemahaman dan hasil belajar peserta didik, salah satunya media Prezi. Media Prezi adalah sebuah perangkat lunak untuk presentasi berbasis internet (SaaS).
Tujuan penelitian mengetahui kemampuan awal siswa kelas X tanpa menggunakan media Prezi dalam materi Sumber Hukum Islam di SMK Al-Ishlah Palangka Raya. Mengetahui hasil belajar siswa kelas X menggunakan media pembelajaran berbasis aplikasi Prezi materi Sumber Hukum Islam di SMK Al-Ishlah Palangka Raya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Jenis penelitian dilaksanakan adalah jenis penelitian eksperimen atau percobaan.
Berdasarkan hasil penelitian didapatkan hasil pre-tes peserta didik kelas X TKJ tanpa menggunakan media prezi adalah 46,5 dan kelas X TKR,TSM tanpa menggunakan media prezi adalah 52,00. Sedangkan hasil belajar post-test peserta didik kelas X TKJ tanpa media Prezi adalah 75,21 dan kelas TKR,TSM menggunakan media Prezi adalah 92,00. Perbandingan hasil pre-test antara kelas X TKJ dan X TKR tanpa menggunakan media Prezi yaitu t_(hitung=-3,207< ) t_(tabel =2,06) berarti tidak ada perbedaan. Perbandingan hasil belajar (pre-test dan post-test) kelas X TKJ (tanpa media prezi) yaitu t_(hitung=-24,265>) t_(tabel =2,06) berarti ada perbedaan. Perbandingan hasil belajar (pre-test dan post-test) kelas X TKR, TSM ( menggunakan media prezi) t_(hitung=--26,603>) t_(tabel =2,06) berarti ada perbedaan. Sedangkan perbandingan hasil belajar post-test antara kelas X TKJ (tanpa media prezi) dan kelas X TKR,TSM (menggunakan media prezi) setelah dilakukannya pengujian hipotesis dengan menggunakan t-test yaitu t_(hitung=-11,942> ) t_(tabel =2,06) berarti ada perbedaan pada taraf signifikasi 5%.

ABSTRACT

Learning media is one component of learning that has an important role in teaching and learning activities. The use of the media should be the part that should receive the attention of the teacher or facilitator in every learning activity. Observation of class X students in SMK Al-Ishlah Palangka Raya, students are still less understanding of the lessons of Islamic Education due to several factors, one of which is the lack of utilization of instructional media used by teachers. Lots of media types that can improve understanding and learning outcomes of learners, one of the media Prezi. Media Prezi is a software for Internet-based presentation (SaaS).
The purpose of the study know the ability of early class X students without using Prezi media in the material of Islamic Law Resources at SMK Al-Ishlah Palangka Raya. Knowing the results of students learning class X using learning media-based applications Prezi material Sources of Islamic Law in SMK Al-Ishlah Palangka Raya. The method used in this research is quantitative method. The type of research carried out is the type of experimental or experimental research.
Based on the result of research, the result of pre-test of class X TKJ students without using prezi media is 46,5 and class X TKR, TSM without using prezi media is 52,00. While the result of learning post-test of class X TKJ students without Prezi media is 75,21 and TKR class, TSM using Prezi media is 92,00. The comparison of pre-test results between class X TKJ and X TKR without using Prezi media is t_ (count = -3,207 <) t_ (table = 2.06) means there is no difference. The comparison of learning result (pre-test and post-test) of class X TKJ (without prezi media) is t_ (count = -24,265>) t_ (table = 2.06) means there is a difference. Comparison of learning outcomes (pre-test and post-test) of class X TKR, TSM (using prezi media) t_ (count = - 26,603>) t_ (table = 2.06) means there is a difference. While comparison of post-test learning result between class X TKJ (without prezi media) and class X TKR, TSM (using prezi media) after testing hypothesis by using t-test that is t_ (count = -11,942>) t_ (table = 2 , 06) means there is a difference at 5% significance level.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran;
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: puttry puttry
Date Deposited: 17 May 2019 00:06
Last Modified: 17 May 2019 00:06
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/1543

Actions (login required)

View Item View Item