Pengaruh strategi pembelajaran make a match terhadap hasil belajar pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VII di MTS Muslimat Nu Palangka Raya

Erlina, Mega (2018) Pengaruh strategi pembelajaran make a match terhadap hasil belajar pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VII di MTS Muslimat Nu Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Skripsi Mega Erlina - 1201111695.pdf

Download (919kB)

Abstract

Di MTs Muslimat NU Palangka Raya bahwa strategi pembelajaran Make A Match (mencari pasangan) pada materi sifat – sifat allah swt sudah dilaksanakan. Strategi pembelajaran Make A Match adalah strategi belajar dengan cara guru memberikan kartu yang terdiri kartu yang berisi soal dan yang lainnya jawaban setiap siswa diberi satu kartu . Sehingga dapat tercipta suasana kelas yang menyenangkan, siswa larut dalam permainan kartu yang telah disiapkan oleh guru. Siswa dapat mengingat pengetahuan tentang sifat wajib dan sifat mustahil Allah swt yang telah disajikan guru. Rumusan masalah penelitian ini:1. Bagaimana pelaksanaan strategi pembelajaran make a match pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs Muslimat NU Palangka Raya 2. Bagaimana hasil belajar setelah pelaksanaan strategi pembelajaran make a match pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs Muslimat NU Palangka Raya. 3. Apakah ada pengaruh strategi pembelajaran make a match terhadap hasil belajar pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs muslimat NU Palangka Raya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang dilakukan di MTs Muslimat NU Palangka Raya, teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu lembar pengamatan, hasil belajar dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan 1) Pelaksanaan strategi pembelajaran make a match pada mata pelajaran akidah akhlak siswa sangat membantu siswa secara aktif dan menyenangkan serta memudahkan siswa memahami dan mengingat materi pelajaran lebih lama. 2) Setelah dilaksanakan strategi pembelajaran make a match pada mata pelajaran akidah akhlak diketahui bahwa rata-rata nilai hasil belajar siswa pada post-test yaitu 80,89, sedangkan nilai rata-rata siswa pada pre-test yaitu, 54,93. Nilai tersebut membuktikan bahwa meningkat hasil belajar siswa setelah dilaksanakannya strategi pembelajaran make a match. 3) Mengenai pengaruh strategi pembelajaran make a match terhadap hasil belajar pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VII di MTs muslimat NU Palangka Raya, bahwa strategi pembelajaran make a match ada pengaruh terhadap hasil belajar siswa yang mana dapat dilihat dari hasil perhitungan rxy = 0,172. interperasi secara sederhana terhadap angka indeks korelasi “r” product moment (rxy), 0,00 – 0,20 akan tetapi korelasi itu sangat lemah atau rendah.

ABSTRACT

In MTs Muslimat NU Palangka Raya was the learning strategy “Make a Match” implemented on the subject of the attributes of Allah SWT. The learning strategy “Make a Match” is a learning strategy which the teacher gives cards that consist of one is the questions and the other is the answer. Each student gets one card, so the class is fun because the students enjoy the imposisible attributes of Allah SWT that the teacher presents. The formulations of the problem are: 1. How the learning strategy “Make a Match” is implemented on Akidah Akhlak in MTs Muslimat NU Palangka Raya 2. How is the learning result after the implementation of the learning strategy “Make a Match” on Akidah Akhlak in MTs Muslimat NU Palangka Raya 3. Is there any influence of the learning strategy make a match on learning result in the akidah akhlak in MTs Muslimat NU Palangka Raya.
The research used quantitative approach which was conducted in MTs Muslimat NU Palangka Raya. The techniques of collecting data were observation, learning result and documentation.
The results of the study show 1) The implementation of the learning strategy make a match on students' morality subjects is very helpful for students actively and fun and makes it easier for students to understand and remember the subject matter longer. 2) After the make a match learning strategy was implemented in the akidah akhlak subjects, it was known that the average value of student learning result in the post-test was 80.89, while the average value of students in the pre-test was 54.93. This value proves that increasing student learning result after the implementation of the learning strategy make a match. 3) Regarding the effect of the learning strategy make a match on the learning outcomes in the seventh grade of akidah akhlak in the MTs Muslimat NU Palangkaraya, the learning strategy make a match has an influence on student learning result which can be seen from the calculation of rxy = 0.172. simple intervention on the number of correlation index "r" product moment (rxy), 0,00 - 0,20 but the correlation is very weak or low.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200302 English Language
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: puttry puttry
Date Deposited: 15 May 2019 01:01
Last Modified: 15 May 2019 01:01
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/1535

Actions (login required)

View Item View Item